8 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mengadopsi Kucing

Mengadopsi kucing bisa menjadi momen yang menyenangkan bagi kita dan keluarga. Tentu saja kita sebagai catlovers sangat bahagia menyambut kedatangan keluarga baru.

Namun karena terlalu semangatnya kita jadi terlalu berlebihan dan lupa menyadari bahwa kucing tersebut membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Bagi kucing, datang ke rumah kita artinya adalah memasuki sebuah lingkungan yang asing dan tentu saja membuat kucing menjadi stres. Akibat stres, kucing bisa menjadi tidak ramah dan bahkan menyerang anggota keluarga lainnya serta kucing bisa menjadi sakit.

Untuk itulah tugas kita untuk meminimalisir stres pada kucing dan membuat ia nyaman dengan lingkungan barunya. Kali ini Cattery.co.id akan memberikan tips-tips apa yang harus kita lakukan setelah mengadopsi kucing. Silakan disimak!

#1. Letakan kucing di dalam ruangan yang kecil dan nyaman.

letakan kucing pada ruangan yang kecil dan nyaman
Letakan kucing pada ruangan yang kecil dan nyaman

Tempat ini harus lah sebuah ruangan dimana si kucing dapat menjelajahinya dengan mudah dan cepat sehingga ia akan dapat merasa aman.

Ruangan ini dapat berupa kamar mandi atau kamar tidur berukuran kecil. Ingat, kucing adalah hewan teritorial, sehingga jika kita membiarkan rumah kita terbuka maka si kucing akan lari dari rumah seketika, terutama jika ia mencium kehadiran hewan lain.

Akibatnya si kucing akan menjadi stres dan agresif karena merasa terancam. Pastikan pintu rumah kita tertutup dan sediakan si kucing tempat untuk bersembunyi.

Bisa menggunakan pet carrier yang kita bawa atau menyediakan kotak kardus, sebuah tempat dimana ia bisa masuk dan keluar dengan mudah.

#2. Pastikan lingkungan rumah kita Tenang

Pastikan lingkungan rumah kita Tenang untuk kucing
Pastikan lingkungan rumah kita Tenang untuk kucing

Membawa kucing yang ketakutan ke dalam sebuah rumah yang berisik dan berantakan akan mengakibatkan si kucing dapat memiliki perilaku yang buruk dan agresif.

Jika kita punya anjing atau hewan lainnya yang berisik, maka sebaiknya jauhkan mereka dari ruangan si kucing. Minimalkan suara bising dari musik dan TV, dan jika kita memiliki anak kecil, maka ajarkan si anak untuk tetap tenang dan diam.

Ajarkan juga bahwa kita harus bersikap lembut dengan keluarga baru kita. Berikan makanan kucing yang sama dengan yang diberikan pemilik sebelumnya

#3. Berikan si kucing dengan makanan yang sama dengan yang diberikan oleh pemilik sebelumnya.

berikan kucing litter box yang sama
berikan kucing litter box yang sama

Hal ini sangat penting! Kucing adalah hewan yang sensitif, terutama pada pencernaannya.

Biarkan si kucing terbiasa dahulu dengan lingkungannya terlebih dahulu sebelum kita mengganti makanannya (jika kita berencana mengganti pakan kucing).

Dan selalu lakukan langkah bertahap ketika mengganti pakan kucing. Jika kita secara tiba-tiba mengganti pakan kucing, maka akan mengakibatkan kucing menjadi tidak nafsu makan, mencret, susah buang air besar, diare dan sebagainya.

#4. Berikan si kucing pasir dan bak pasir yang sama dengan yang sebelumnya.

mainan lama dapat membantu menurunkan tingkat stres kucing
mainan lama dapat membantu menurunkan tingkat stres kucing

Sebagian kucing akan menolak menggunakan bak pasir yang baru ketika ia sampai di rumah kita.

Hal ini karena ia tak terbiasa dan asing dengan bak pasir tersebut. Dan juga usahakan untuk menggunakan jenis pasir yang sama dengan yang si kucing gunakan sebelumnya.

Jika kita berniat untuk menggantinya, usahakan selalu bertahap hingga si kucing terbiasa untuk menggunakannya.

#5. Berikan si kucing mainan atau selimut yang lama.

Berikan si kucing mainan atau selimut yang lama
Berikan si kucing mainan atau selimut yang lama

Ketika kucing sangat asing dengan seluruh lingkungan yang baru, dengan memberikan barang-barang yang telah ia kenal baunya maka itu akan membuat tingkat stres kucing menjadi berkurang.

Seperti makanan dan bak pasirnya, selalu usahakan untuk memberikan kucing hal-hal yang ia kenal dan familiar.

#6. Tempatkan makanan dan minuman jauh dari litter box.

tempatkan bak pasir dan tempat makan secara berjauhan
tempatkan bak pasir dan tempat makan secara berjauhan

Ya, ruangan untuk si kucing memang kecil, namun kucing memiliki indera penciuman yang tajam.

Kucing kemungkinan tidak akan mau makan jika makanan tersebut ditempatkan dekat dengan litter box-nya. Usahakan tempatkan litter box dan makanannya berjauhan.

#7. Duduk dengan tenang dalam ruangan tersebut bersama dengan kucing.

duduklah bersama kucing hingga ia familiar dengan kita
duduklah bersama kucing hingga ia familiar dengan kita

Tentu saja, kita selalu ingin kucing kita bersosialisasi dan menjalin hubungan yang erat dengan kita. Jadi duduk lah di ruangan tersebut bersama dengan kucing sehingga si kucing dapat mengenali aroma bau kita. Hindari memaksa kucing untuk dekat dengan kita dan biarkan si kucing mendekati kita dengan sendirinya.

berikan kucing waktu untuk sendiri

#8. Berikan ia waktu sendiri.

perkenalkan kucing dengan hewan lainnya
perkenalkan kucing dengan hewan lainnya

Banyak kucing yang merasa nyaman untuk menjelajahi daerahnya ketika ia ditinggalkan sendirian.

Jadi pastikan bahwa tidak ada bahaya yang dapat menimpa kucing di ruangan tersebut, seperti barang yang dapat tertelan kucing atau tempat dimana kucing dapat tersangkut.

Hingga si kucing merasa tenang dengan ruangan baru tersebut, yaitu saat si kucing tidak lagi bersembunyi atau waspada di ruangan tersebut.

Maka kita dapat mulai membuka pintu dan mulai mengenalkan si kucing dengan hewan lainnya atau membiarkan ia menjelajahi ruangan baru lainnya. Semoga tips ini bermanfaat bagi catlovers!