Ayo Berpetualang Bersama Kucing di Dalam Rumah!
23/06/2016 3649 Views

Ayo Berpetualang Bersama Kucing di Dalam Rumah!

Beberapa kucing memang mudah dipakaikan harness dan menikmati menjelajahi outdoors (di luar rumah), sedangkan kucing lainnya mungkin tidak akan nyaman berada di luar rumah. Namun bukan berarti kucing indoors tidak bisa berpetualang layaknya kucing outdoors lho. Kita bisa ikut bermain dengan kucing kita di dalam rumah dengan cara memperkaya lingkungan rumah kita, ada banyak hal yang catlovers lakukan lho untuk berpetualang bersama kucing di dalam rumah.

cat-playing-in-box-1050x700

Dengan mengajak kucing berpetualang di dalam rumah, kita mungkin bisa mengenal sifat alami mereka. Mungkin kita hanya berpikir bahwa kucing kita hanya senang tidur di pangkuan kita yang hangat, namun jangan salah sangka, kucing juga merupakan predator hebatlayaknya leluhurnya. Yuk kita bantu kucing kita mengasah insting alaminya, dan mencegah si kucing memiliki masalah perilaku buruk akibat merasa kebosanan. Yuk kita coba beberapa kegiatan ini.

Ayo kita ‘berburu’!

calico-250-250 kotak-250x250

Kitten-Cat-Pet-Toy-Wire-Chaser-Wand-Teaser-Feather-With-Bell-Beads-Play-Fun-43-

Semua permainan kucing adalah tentang berburu mangsa, jadi cara terbaik untuk melibatkan kucing kita dalam sebuah permainan adalah dengan menarik naluri alami berburu mereka. Catlovers bisa melakukan simulasi berburu yang baik dengan menggunakan cat teaser, laser pointer dan mainan pancingan lainnya. Namun yang paling penting bukan lah jenis mainannya, tapi bagaimana catlovers menggunakan mainan tersebut.

Agar mendapatkan perhatian kucing kita dan mendorongnya untuk menguntit dan menerkam mangsanya, penting bagi catlovers untuk membuat mainan tersebut bergerak layaknya sebuah mangsa. Catlovers bisa menggerakan mainan tersebut di lantai menjauh dari kucing layaknya tikus atau gerakan mainan tersebut melompat dari lantai dan kemudian terbang ke udara layaknya seekor burung. Kucing pun akan mengejar mainan yang sudah terseudut dan tampak bersembunyi.

Coba lah berbagai jenis mainan dan berbagai gerakan untuk melihat seperti apa yang mendapat perhatian si kucing, dan pastikan untuk membiarkan kucing kita menangkap mangsanya sesekali. Penting juga ketika kita sudah selesai bermain dengan mainan interaktif seperti tongkat bulu, simpan lah mainan tersebut sampai saatnya bermain lagi, sehingga mainan tersebut tetap menarik bagi si kucing.

Buat lah Kotak Persembunyian

cat-box-tower

Catlovers pasti sudah menyadari bahwa kucing sangat menyukai kotak kardus, namun alasan sebenarnya kucing suka memanjat, bersembunyi dan bermain di kotak kardus karena ruangan terbatas tersebut memberikan perlindungan dari predator – serta juga menjadi tempat yang ideal untuk memperhatikan mangsanya. Menyediakan kotak kardus untuk bermain adalah cara murah untuk membiarkan kucing kita melakukan perilaku alaminya. Kita juga bisa membuat kotak kardus yang lebih seru lho, misalnya dengan memotong beberapa lubang di sampingnya, menaburkan catnip atau memberikan beberapa mainan.

Bermain Lempar Mainan

maxresdefault (1)

Anjing bukan lah satu-satunya hewan yang menikmati permainan mengejar dan mengambil mainan. Banyak kucing indoors yang juga menyukai permainan lempar dan mengambil mainan yang kita lempar. Mainan tersebut bisa sederhana berbentuk gumpalan kertas atau mainan favorit lainnya yang kita lempar agar menangkap perhatian kucing untuk mengejarnya. Permainan ini juga berguna untuk mengasah naluri berburu alaminya.

Mulai lah Melatih Kucing

DSC03228-1024x683

Banyak orang berpikir bahwa kucing tidak dapat dilatih, tapi mereka sebenarnya bisa dilatih selama kita memiliki dorongan positif – dan memiliki beberapa treats lezat di tangan kita. Kita bisa mengajarkan kucing beerbagai perlaku melalui clicker training, yang akan merangsang pikiran hewan peliharaan kit dan memperkuat ikatan kita dengannya.

Memecahkan Teka-Teki yang Lezat

CatAmazing2

Kucing kita mungkin menghabiskan banyak waktunya sendirian, sehingga sebaiknya kita menjaga si kucing agar terstimulasi secara mental ketika kita tak bersamanya. Catlovers bisa menggunakan puzzle feeder atau bola makanan. Mainan ini mendorong si kucing untuk tetap bergerak untuk mendapatkan makanannya dengan cara memukulnya, mengejar atau memecahkan teka teki. Dengan makanan lezat sebagai hadiahnya, mereka akan termotivasi untuk bermain. Pastikan catlovers memperhitungkan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh si kucing ya.

Perkaya Lingkungan Kucing Kita

CatStairway

Membuat rumah yang mendorong kucing agar memiliki gaya hidup yang aktif bisa kita lakukan dengan menyediakan banyak tempat untuk kucing kita untuk memanjat, bersembunyi dan bermain. Cat trees, kotak kardus, dan berbagai furnitur yang banyak mainannya. Semua ini akan membuat kucing kita akan memulai petualangannya sendiri di dalam rumah.

DSC08246-1024x683

Hanya karena kucing kita tidak ingin memakai harness atau tidak siap untuk menjelajahi alam bebas, bukan berati dia tidak bisa berinteraksi dengan alam lho. Selalu sediakan tempat duduk di jendela ya catlovers agar kucing kita juga bisa melihat burung atau serangga di luar, atau kita juga bisa membuat semacam kandang outdoor agar kucing kita bisa menikmati pemandangan, suara dan aroma alam secara aman.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Seberapa Pandaikah Kucing Kamu?

Hallo catlovers? Kembali lagi bersama cattery.co.id yang selalu memberikan berita apapun seputar kucing si hewan yang paling menggemaskan di dunia! Nah, kali ini kami ingin memberikan beberapa pertanyaan nih kepada

Dunia Kucing

10 Kucing Lucu Terpopuler di Internet

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kucing merupakan hewan peliharaan terpopuler di Internet. Masih ingat kah catlovers dengan Maru, Grumpy Cat, dan sebagainya? Banyak alasan yang membuat kucing begitu populer, salah

Dunia Kucing

Bisakah Kucing dan Anjing Berteman?

“Kalian berdua seperti anjing dan kucing, selalu bermusuhan!” Ujaran itu pasti pernah kita dengar apabila seseorang menilai 2 orang temannya yang selalu bermusuhan dan berbeda pendapat. Tetapi kenapa harus anjing

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!