Walter Chandoha: “Kakek” dari Fotografer Kucing Sedunia
04/10/2015 2251 Views

Walter Chandoha: “Kakek” dari Fotografer Kucing Sedunia

Catlovers masih ingat tidak dengan bahasan cattery.co.id tentang tips-tips dalam mengambil foto si kucing agar terlihat pro? (Baca artikel cattery.co.id: 11 Tips Mendapatkan Foto Kucing Layaknya Fotografer Profesional), disitu kita telah membahas sedikit tentang fotografer kucing yang terkenal dan sangat hebat dalam pengambilan gambar si kucing. Nah, kali ini kita akan membahas ‘dedengkot’-nya para fotografer kucing sedunia, dan katanya ia telah merilis buku yang berisi beberapa fotonya yang terbaik! Siapa ya dia?

walterl-in-his-studioWalter Chandoha (kanan) merupakan fotografer kucing sejak awal tahun 50-an

Walter Chandoha, seorang fotografer kucing yang mendunia ini tidak lagi asing dikuping fotografer legendaris lainnya. Ia memulai karirnya jauh sebelum Grumpy Cat (Tardar Sauce), Lil Bub & Maru terkenal seperti sekarang, yakni pada awal tahun 1950-an, jadi hingga sekarang ia telah menjalani profesi sebagai fotografer kucing selama kurang lebih 70 tahun! Waktu yang sangat lama ya catlovers untuk mendedikasikan diri terhadap satu profesi? Lalu pada waktu ia memulai karirnya bersama seekor kucing yang bernama Loco (yang pada waktu itu menjadi model pertamanya).

22-loco-cat-blog480Loco merupakan model pertama dari Walter Chandoha. Fotonya sangat natural ya catlovers.

calico-250-250 kotak-250x250

Chandoha mengakui bahwa ia merupakan fotografer kucing yang sangat melihat mood si kucing sebelum mengambil fotonya, maka dari itu hasil foto dari Chandoha sangat terlihat beragam meskipun dari satu model kucing. Itu sangat dipengaruhi oleh ekspresi si kucing yang berubah-rubah dan angle yang berbeda-beda. Foto-foto dari Chandoha pun sudah tersebar luas di tiap-tiap sampul majalah tersohor seperti Life, National Geographic, Time, Woman’s Day dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kitten_Follows_MotherBeberapa mahakarya dari Walter Chandoha seringkali muncul menjadi sampul majalah ternama seperti National Geographic, Life, Time dan masih banyak lagi.

Lalu kali ini kurang lebih 50 mahakarya-nya yang berupa foto-foto kucing akan dijadikan sebuah buku yang diberi judul ‘Walter Chandoha: The Cat Photographer’ yang diluncurkan oleh Aperture Foundation. Aperture Foundation sendiri merupakan sebuah perusahaan yang selalu meluncurkan buku-buk yang berisi mahakarya dari fotografer legendaris lainnya, maka Chandoha sangat merasa bahwa kesempatan ini adalah kebanggaan tersendiri baginya. Chandoha yang sekarang berumur 94 tahun meyakini bahwa ia telah mengambil foto kucing sebanyak ribuan bahkan puluh ribuan foto selama 60 tahun terakhir.

chandoha_render_coverBuku yang berjudul “Walter Chandoha: The Cat Photographer” dirilis tahun ini oleh perusahaan publishing yang bernama Aperture. Isi dari buku ini adalah mahakarya dari Walter Chandoha sendiri.

Mengambil foto kucing, mungkin banyak orang menganggap hal ini akan sangat mudah melihat kucing adalah hewan yang seringkali berdiam diri, tetapi jika si kucing kembali kepada instingnya yang sangat waspada dengan sekitarnya, kita akan menemukan banyak tantangan dalam pengambilan gambar si kucing! Kesabaran yang tinggi adalah kunci utama dalam mengambil foto si kucing, menurut Chandoha. “Tahu apa yang akan dilakukan atau apa yang tidak akan dilakukan si kucing merupakan hal yang sangat penting” tukas Chandoha dalam sebuah wawancaranya dengan myCentralJersey.com “Jika kita mengambil foto si kucing dengan membawanya keluar dari teritorialnya, kita akan mendapatkan masalah” tambahnya.

Photograph from Walter Chandoha: The Cat Photographer (Aperture, 2015)Dalam mengambil foto si kucing, Walter Chandoha akan tetap membuat si kucing nyaman dan berada di teritorial-nya, jika tidak, hal ini akan mendatangkan masalah.

Bahkan hal yang lebih penting adalah perlakuan kita terhadap si kucing, buatlah si kucing senyaman mungkin. “Jika anda tidak menyukai kucing tetapi ingin mengambil foto kucing dengan hasil yang bagus, lupakanlah. Itu mustahil” kata Chandoha “Saya pernah memiliki seorang sutradara foto saya sendiri dan ia berkata kepada saya ‘kau tahu, aku tidak suka kucing’ pada waktu itu saya langsung merasa bahwa bekerja sama dengannya untuk mengambil foto kucing akan menjadi sangat sulit” tambahnya.

635790438260561104-cat-16286Jika kita ingin mengambil foto tentang kucing, pastikan dulu bahwa kita menyayangi kucing. Jika tidak, jangan berharap kita akan mendapatkan hasil yang bagus.

“Saya juga memiliki seorang istri yang sangat mencintai kucing” Kata Chandoha. Maria, yang merupakan istri dari Chandoha memang benar-benar mencintai kucing, dan ia seringkali membantu Chandoha dalam pengambilan gambar si kucing. Seperti misalnya jika Chandoha memerlukan seorang pemegang kucing dalam fotonya, ia meminta Maria untuk melakukannya, atau disaat si kucing mulai susah diatur, Chandoha akan meminta bantuan Maria untuk menenangkan si kucing.

Photograph from Walter Chandoha: The Cat Photographer (Aperture, 2015)Maria Chandoha, istri dari Walter Chandoha sering sekali membantu Walter dalam tiap sesi pemotretan kucing semasa hidupnya.

Tetapi Maria Chandoha telah meninggal pada tahun 1992 dan kali ini peran Maria digantikan oleh anak ke-5 dari pernikahan mereka yang bernama Chiara. Chiara merupakan seorang anak perempuan yang juga mengikuti jejak ayahnya, yakni menjadi fotografer. “Ia (Walter Chandoha) memiliki gaya yang berbeda dalam mengambil gambar” tukas Chiara “Ia memiliki teknik yang sangat ajaib, bermain dengan backlight yang seringkali menjadi masalah untuk banyak fotografer. Ia menjadikan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Tidak akan ada fotografer yang dapat mengambil gambar serupa dengannya” tambah Chiara.

tumblr_mr7zkogVFh1s7f3fyo1_1280Menurut anaknya (Chiara Chandoha), Walter merupakan seorang fotografer yang memiliki cara sendiri dalam mengambil gambar dari objek yang difoto, dan hal ini tidak dimiliki oleh fotografer lain.

2 putri tertua Walter Chandoha juga menuruni darah Walter sebagai fotografer, hanya saja di ranah yang berbeda. Paula Chandoha yang tinggal di Massachusetts merupakan seorang fotografer acara pernikahan dan foto diri yang terkenal dan Maria Chandoha yang tinggal di New York merupakan fotografer yang seringkali mengambil foto pada ajang catwalk dan acara-acara fesyen lainnya.

crop1Maria Chandoha Valentino merupakan anak dari Walter Chandoha yang menjadi fotografer fesyen.

Kembali kepada Walter Chandoha. Walter sejak kecil memang tertarik dengan fotografi. Dibesarkan di Bayonne, New Jersey, Walter Chandoha sering mengikuti lomba foto dan memenangkan tiap lomba tersebut hingga akhirnya itu menarik perhatian perhatian 2 fotografer yang bekerja untuk koran New York City. Mereka bernama J. Ghislain Lootens dan Leon de Vos. Pada saat itu mereka berdua memang sedang mencari rekan kerja yang juga seorang fotografer hingga akhirnya mereka mengangkat Walter sebagai rekan kerjanya dengan bayaran 12 dolar per-minggunya. “Pada saat itu aku sangat bangga dan senang” tukas Walter Chandoha.

tumblr_np139oDXab1s7f3fyo1_1280Karya dari Walter seringkali menang lomba pada masa ia masih muda.

Kucing sebenarnya bukanlah satu-satunya objek foto yang Chandoha foto. Taman yang luas, kehidupan jalanan, karya seni, benda mati dan hal lainnya pernah juga ia jadikan objek untuk karyanya, aa]kan tetapi Walter Chandoha hanya jatuh hati pada satu objek yang hewan berbulu dan menggemaskan yang juga kita sukai. Ia juga memiliki seekor kucing yang sangat ia sayangi bernama Mitzi, tetapi belum lama ia meninggal karena umurnya memang sudah tua. “Ia merupakan kucing favorit saya” tukas Walter “Ia sangat fenomenal dan membolehkan saya untuk mengikutinya kemana-mana” tambahnya. Meskipun telah menjadikan kucing sebagai objek fotonya sudah sejak 60 tahun yang lalu, Walter tidak mengalami kejenuhan atas hal itu sama sekali. “Kucing bagi saya adalah sahabat terbaik, paling terbaik untuk manusia” kata Walter “Mereka tidaklah terlihat arogan, dimana anjing dapat terlihat arogan”

Osborne_LaneWalter Chandoha tidak hanya memilih objek kucing dalam fotonya, tetapi karya terbaiknya adalah disaat ia mengambil foto kucing.

Walter menarik kesimpulan “Saya harap saya telah belajar banyak hal dari kucing. Saya harap, saya telah mengambil tiap hal positif yang mereka ajarkan kepada saya. Saya juga percaya jika kita tetap bertahan pada keyakinan kita sejak awal, semua pasti akan berhasil pada akhirnya”.

Photograph from Walter Chandoha: The Cat Photographer (Aperture, 2015)Siamese Cat yang duduk rapi dalam sebuah pemotretan oleh Walter Chandoha. Cantik!

 

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Anak Lucu yang Sedang Berdiskusi dengan Kucing! Menggemaskan!

Kucing tidak akan pernah gagal satu kalipun dalam membuat para pemeliharanya merasa senang dan mati kegemasan karena polah laku mereka. Dari mulai berlarian kesana kemari, terpentuk sesuatu, terpeleset hingga suara

Cat News

(Video Kucing) Reaksi si Kucing Melihat Pemeliharanya setelah Berpisah Lama

Catlovers dirumah pasti memiliki profesi yang beragam dan berbeda satu sama lain. Mungkin ada yang berprofesi sebagai pilot, polisi, pekerja kantoran, koki, dokter, musisi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cat News

Pippin, Kucing yang Tetap Bahagia Walaupun Hidup Hanya dengan Dua Kaki

Yuk kenalan dengan Pippin, kucing yang bahagia menjalani hidupnya hanya dengan dua kaki. “Pippin lahir dengan hipoplasia radial, penyakit langka yang memutar tulang-tulang di kaki depannya. Ketika ia dilharikan ia

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!