‘Unsinkable Sam’, Kucing yang Selamat dari 3 Kapal Karam pada Masa Perang Dunia 2
01/10/2015 2468 Views

‘Unsinkable Sam’, Kucing yang Selamat dari 3 Kapal Karam pada Masa Perang Dunia 2

Pastinya kita seringkali melihat si kucing bertingkah laku yang membuat kita menggertakan gigi saking gemasnya. Entah dengan si kucing berguling-guling, melakukan self-grooming, mengendap-ngendap bahkan disaat ia tertidur sekalipun pasti selalu berhasil membuat kita gemas melihatnya. Tetapi kali ini kita harus mengesampingkan tingkah laku kucing yang menggemaskan tadi, karena kali ini cattery.co.id akan memnbahas seekor kucing yang turut serta dalam perang dunia 2 dan berhasil lolos dari kapal yang karam sebanyak 3 kali dari kapal yang tentunya berbeda!

tnhwizardofoz0043‘Unsinkable Sam’ alias ‘Oscar’ merupakan kucing pengabdi pada masa perang dunia II di 3 kapal perang

‘Unsinkable Sam’, itulah nama panggilan yang terakhir kepada kucing yang tangguh itu. Sebelumnya nama panggilannya merupakan ‘Oscar’ atau ‘Oskar’. Ia dianggap sebagai kucing yang sangat tangguh pada masa perang dunia II dan ia merupakan awak kapal yang berupa kucing dari Jerman. Ia memberikan pelayanannya kepada satuan Kriegsmarine dan satuan Royal Navy. Maksud kata ‘pelayanan’ disini untuk Oscar bukanlah pelayanan yang berupa tenaga dalam peperangan atau menjadi budak kapal, akan tetapi menjadi pemburu tikus di keseluruhan kapal.

tumblr_inline_np6mbc8LfW1sgvmpq_400‘Unsinkable Sam’ alias ‘Oscar’ sangat disenangi oleh tiap-tiap awak kapal HMS Bismarck, Hms Cossack dan HMS Ark Royal

calico-250-250 kotak-250x250

Pada era Perang Dunia II fenomena ‘Black Death’ yang disebabkan oleh penyakit ‘Pes’ dari tikus merupakan sebuah hal yang sangat ditakuti dan diwaspadai oleh tiap pejuang perang di Eropa dan sekitarnya pada waktu itu. Pada masa itu obat dari penyakit Pes belum ditemukan sehingga yang terkena penyakit Pes sudah dipastikan akan mati. Ya, seperti yang kita tahu, penyakit Pes tersebar melalui tikus, sehingga banyak sekali pejuang perang di laut membawa seekor kucing didalam kapalnya untuk membasmi tikus yang dapat menyebarkan penyakit pes da juga agar tikuis tidak merusak persediaan logistik para pejuang perang di laut waktu itu.

rat-piper_1116895cTikus merupakan hal yang sangat diwaspadai pada masa itu karena virus Pes yang disebarkan oleh kutu pada tikus dan juga gerbil.

Bahkan pada masa Mesir Kuno pun kucing seringkali disertakan dalam sebuah pelayaran untuk membantu nakhoda menangkap burung-burung yang bersangkar dipinggir sungai Nil. Bahkan sejak masa itupun para pedagang dari tanah Arab telah menyertakan kucing didalam kapal yang penuh dagangannya sebagai pembasmi tikus yang siap memakan segala yang dibawa oleh pedagang Arab tersebut, pada masa ini juga dipercaya bahwa para pedagang Arab memberikan kucing-kucing kepada mitra dagangnya dan menyarankan untuk memeliharanya agar dapat membasmi tikus di kapal mereka, sehingga kucing-kucing berbagai ras-pun tersebar ke tiap penjuru dunia.

pongprofilePada zaman Mesir Kuno, kucing juga disertakan dalam kapal pedagang atau ekspedisi untuk menangkap burung-burung yang ada di sekitar sungai Nil

Kita kembali ke Unsinkable Sam alias Oscar, ia juga memberikan pelayanan yang sama terhadap nakhoda tersebut di kapalnya yakni membasmi hama tikus dari persedaan logistiknya. Tetapi, perjalanan Oscar sebagai kucing kapal tidaklah selalu mulus, tetapi keberuntungan selalu berada di pihaknya. Bagaimana tidak, ia 3 kali selamat dari 3 kapal yang karam! Kapal pertamanya adalah Kapal perang Jerman yang dinamakan Bismarck.

imageBismarck yang berhasil ditenggelamkan oleh HMS Ark Royal

Bismarck berlayar pertama dan terakhir kali untuk sebuah operasi yang dinamakan ‘Operation Rheinubung’ . Tentu saja Oscar tergabung didalamnya. Pelayaran itu dimulai pada tanggal 18 Mei 1941 dan berakhir pada tanggal 27 Mei di tahun yang sama karena terlibat pertarungan di laut dan kalah sehingga kapal tersebut tenggelam dan dari 2.200 awak kapal hanya 118 yang selamat dan luka-luka. Bagaimana dengan Oscar? Ternyata ia ditemukan mengambang diatas sebuah papan dan beberapa jam kemudian ia ditemukan oleh kapal laut lainnya yang bernama HMS Cossack, tanpa berfikir panjang awak kapal HMS Cossack segera mengangkut Oscar kedalam kapalnya.

L03HMS Cossack semasa belum tenggelam ditembak oleh kapal selam Jerman (U-563)

Di HMS Cossack lah sebenarnya kucing berwarna hitam-putih ini diberikan nama Oscar karena sebelumnya awak kapal di HMS Cossack tidak ada yang tau nama Oscar di kapal Bismarck. Tetapi pelayaran Oscar di kapal JMS Cossack tidak berlangsung lama melainkan hanya beberapa bulan. HMS Cossack yang selalu mengadakan konvoy di Laut Mediterania dan Atlantika Utara mengalami hal buruk pada tanggal 24 Oktober 1941. Pada saat it HMS Cossac sedang ada di Selat Gibraltar yang juga merupakan rute dari konvoy rutin mereka, akan tetapi sebuah torpedo dari kapal selam Jerman (U-563) mengenai HMS Cossack dan kapal mulai tidak terkendali, banyak awak kapal yang dievakuasi ke HMS Legion akan tetapi Oscar tidak termasuk di dalamnya hingga akhirnya tanggal 27 Oktober 1941 kapal ini baru tenggelam bersama 159 awak kapal yang meninggal. Akan tetapi, apa Oscar termasuk didalamnya? Tidak! Ia ditemukan oleh seseorang di sekoci dan Oscar diberi tumpangan hingga daratan Gibraltar.

HMS_Ark_Royal_sinking_2HMS Ark Royal (kanan) mulai tenggelam karena terkena torpedo dari U-81 dan HMS Legion (kiri) mengevakuasi korban selamat termasuk Oscar yang selamat.

Oscar yang 2 kali selamat dari kapal yang karam tidak kunjung menyerah dan trauma. Di pelayaran yang ketiga, Oscar berlayar bersama HMS Ark Royal, ajaibnya kapal inilah yang sebelumnya menenggelamkan kapal Bismarck, dan disini pula Oscar diberi julukan “Unsinkable Sam”. HMS Ark Royal adalah kapal yang digunakan sebagai landasan untuk pesawat tempur di laut lepas. Disinilah Unsinkable Sam (Oscar) mendapatkan keberuntungan yang tidak tertuga (lagi), pada saat HMS Ark Royal kembali ke Malta pada tanggal 14 November 1941, HMS Ark Royal terkena serangan torpedo oleh U-81. Banyak orang yang menganggap bahwasannya tidak akan ada yang dapat selamat dari serangan seperti ini, akan tetapi Oscar dan beberapa awak kapal berhasil selamat dengan sebuah kapal motor kecil dari HMS Ark Royal. HMS Ark Royal masih 30 mil jauhnya dari Gibraltar dan sudah tenggelam, dan para awak yang selamat termasuk Oscar akhirnya dievakuasi oleh HMS Lightning dan HMS Legion yang juga mengevakuasi awak kapal yang selamat dari HMS Cossack.

simon-and-crew2Oscar diatas kapal HMS Ark Royal dan sedang bermain dengan awak kapal

Oscar akhirnya dipekerjakan di daratan, kucing pelaut ini ‘bekerja’ sebagai pembasmi tikus di Kantor Gubernur Gibraltar. Tenggelamnya HMS Ark Roya merupakan goresan kuas terakhir dari Oscar dalam dunia maritim. Lalu beberapa tahun kemudian Oscar diangkut ke Inggris dan ditempatkan di sebuah rumah yang disebut “Home for Sailors” yang berarti “Rumah untuk Pelaut” di Belfat hingga akhirnya Oscar meninggal pada tahun 1955.

0000555449_20‘Unsinkable Sam’ alias ‘Oscar’ meninggal pada tahun 1955 di ‘Home for Sailors’, Belfast

Kisah dari Oscar ini lalu dipertanyakan keabsahannya. Banyak yang menilai ini adalah cerita fiktif jika disambungkan dengan kucing yang tidak menyukai perjalanan jauh dan banyaknya air disekitarnya, akan tetapi banyak juga saksi yang menyatakan bahwa keberadaan Oscar adalah nyata, hanya saja ia telah mati dan pada saat itu media pemberitaan masih sangat terbatas, kalaupun ada, media berita tidak akan fokus kepada Oscar yang notabenenya hanya seekor kucing dibandingkan dengan berita segar tentang peperangan besar yang selalu terjadi pada masa itu. Tetapi ternyata Oscar bukanlah satu-satunya kucing kapal yang ada. Seperti halnya Blackie yang merupakan salah satu dari awak kapal HMS Price of Wales’, Convoy yang menjadi awak kapal HMS Hermione, Peebles untuk kapal HMS Western Isles dan masih banyak lagi.

Peebles_the_catLetnan R H Palmer bermain dengan Peebles di HMS Western Isles

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Sebuah Shelter Membawa Kucing Untuk Para Lansia Sehingga Mereka Terhibur

Sebuah shelter di Ohio membawa kucing senior mereka untuk berkunjung ke para lansia di rumah jompo sehingga mereka dapat saling memberi kenyamanan satu sama lain. Banyak kucing senior yang berakhir

Cat News

Kucing Perpustakaan ini Terancam Terusir dari Tempatnya Tinggal Selama 6 Tahun

Sejarah kucing memang tidak bisa jauh dari buku-buku ya catlovers. (lihat: Mengapa Toko Buku Independen Memiliki Kucing?) Begitu juga kucing yang akan kita bahas kisahnya kali ini. Kucing ini seekor

Cat News

Thumper Si Kucing Lucu Ajaib

Kali ini Cattery.co.id akan membahas tentang seekor kucing lucu yang bernama Thumper. Thumper ditemukan bersama 9 ekor anak kucing lainnya yang dibiarkan mati di semak-semak sebuah taman, karena dibuang dan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!