Turkish Van: Jenis Kucing yang Suka Berenang
26/10/2016 1061 Views

Turkish Van: Jenis Kucing yang Suka Berenang

Pada umumnya kucing tidak suka tubuhnya basah, tapi tahukah cat lovers bahwa ada kucing yang menyukai basah-basahan? Perkenalkan kucing Turkish Van yang mempunyai hobi kontroversial bagi kucing, yaitu berenang!

Turkish Van dengan bulu panjang yang cantik dan hobi yang unik

Turkish Van dengan bulu panjang yang cantik dan hobi yang unik

calico-250-250 kotak-250x250

Kebanyakan kucing tidak menyukai tubuhnya basah. Hal ini disebabkan dulu nenek moyang semua mpus, yaitu kucing African wild cat, tinggal di lingkungan gurun. Untuk dapat bertahan dalam lingkungan yang sulit, mereka harus tetap dalam keadaan kering. Apabila tubuh African wild cat ini tersiram air, maka pada malam hari suhu tubuh mereka akan turun drastis karena penguapan.

Walaupun kulit si mpus mengeluarkan minyak untuk menutupi bulu sehingga air sulit membasahinya, tetapi minyak ini tidak dapat mentupi semua bagian bulu. Jadi, ketika kucing basah, mereka akan menggetarkan tubuhnya dengan cepat untuk mengeringkan badan. Mereka tidak menyukai keadaan basah karena sudah di instingnya, yang diturunkan dari African wild cat, bahwa ini bisa menyebabkan kematian.

Mari Berkenalan dengan The Swimming Cat

Di luar dari kebiasaan kucing, jenis Turkish Van malah menyukai berenang. Dengan hobinya ini mereka mendapat julukan “the swimming cat”. Jenis ini belajar mencintai berbasah-basahan karena nenek moyangnya, cucu dari African wild cat, hidup di danau Van di Turki. Danau Van adalah danau terbesar  yang berlokasi di distrik Van, bagian timur Turki. Danau ini adalah danau alkali yang mengandung garam, menerima banyak aliran air yang turun dari gunung yang mengelilinginya. Danau Van adalah salah satu danau endorheic terbesar di dunia (tidak ada saluran keluar). Saluran keluarnya tertutup oleh erupsi vulkanik.

Kucing amfibi: darat bisa, air pun sudi

Kucing amfibi: darat bisa, air pun sudi

Wilayah pegunungan dan dataran yang tidak rata serta iklim dingin telah berkontribusi dalam pertumbuhan bulu mpus jenis ini yang seperti kasmir. Tubuhnya pun terlihat padat  karena harus banyak mendaki bukit dan bebatuan. Turkish Van adalah ras alami dan kemungkinan telah ada sejak berabad-abad lalu di daerah asalnya. Menurut legenda, Turkish Van berenang menuju pantai dari perahu Nabi Nuh AS dan mendarat di Gunung Ararat Turki, tidak jauh dari danau Van.

Kepribadian Turkish Van

Turkish Van adalah kucing yang cerdas dan sangat baik dalam meyelesaikan masalah. Sangat pintar, bersahabat, penuh cinta dan pengabdian yang membuatnya menjadi teman yang sangat menyenangkan. Kemanapun kamu pergi dan apapun yang kamu lakukan, mereka akan selalu ingin berada dekat dengan kamu. Penuh semangat dan cerdas, para Van terkenal sebagai pemanjat ulung, penuh cinta, setia dan selalu ingin tahu. Mereka suka bermain, melompat dan menjelajah apapun yang berada dalan jangkauan dan penglihatannya. Jenis ini suka bereksperimen dengan menyalakan keran air kamar mandi atau dapur jadi mereka dapat bermain dengan air yang mengalir.

If it fits, I sit.

If it fits, I sit.

Vans suka mengejar benda-benda yang dianggap menarik dan banyak pemilik Turkish Van menggambarkan mereka “anjing dalam tubuh kucing” dikarenakan kepribadiannya yang menarik. Suara Turkish Van juga terbilang unik, digambarkan oleh banyak pemiliknya seperti suara domba, walaupun pelan.

Para kucing Vans suka dipelihara tetapi tidak harus digendong atau dipeluk. Walaupun mereka penuh cinta dan bersahabat, bukan berarti mereka tidak pernah marah. Perhatikan hidungnya. Warna pink cantik hidungnya akan berubah menjadi merah pada saat marah. Jika hidungnya berwarna gradasi pink menuju merah tua, maka hati-hatilah, lebih baik tinggalkan dia sendiri.

Karakter Tubuh Turkish Van

Mpus dari Turki ini memiliki ekor yang sangat bagus dengan bulu yang tebal dan penuh, dan telinga yang lebar. Ras ini sesuai dengan namanya karena memiliki pola bulu “van”, dimana tubuhnya tertutup oleh bulu berwarna putih kapur dan tanda warna hanya terbatas pada kepala dan ekornya saja. Mereka terlihat jelas dengan warna khusus “van” dan tubuh yang besar dan berat. Juga banyak Turkish Van memiliki tanda kecil diantara tulang belikat yang disebut “the thumbprint or God” yang diperkirakan sebagai tanda keberuntungan.

Bagaimana Van bisa memiliki beberapa area dengan beberapa warna? Cerita pemeluk Yahudi mengatakan bahwa awalnya bulu-bulunya berwarna putih, area-area yang berwarna adalah karena mereka menerima sentuhan warna-warna dari Tuhan. Di atas perahu Nabi Nus AS, ekor kucing terjepit pintu dan membuat warna ekornya menjadi merah, lalu Tuhan menyentuh kepala kucing, dan meninggalkan tanda bekas tangannya. Dalam cerita versi pemeluk Islam, Allah menyentuh bagian belakang mpus ini sehingga muncul tanda yang terkadang terlihat yang dikenal dengan the thumbprint of Allah.

Bisa disimpulkan, kucing Turkish Van adalah kucing yang kaya akan fitur unik. Dengan hobinya yang tidak lazim, sampai fitur notifikasi penanda emosi dari hidungnya. Dengan kepribadian dan kecerdasannya, kucing ini adalah kucing idaman semua cat lovers.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Jenis Kucing

Kucing Somali | Jenis Kucing

Sejarah asal mula kucing somali masih diselimuti oleh banyak misteri. Beberapa percaya bahwa kucing ras ini dihasilkan akibat mutasi genetik alamiah kucing abyssinian. Beberapa mengatakan bahwa kucing somali merupakan hasil

Jenis Kucing

Kucing Siam (Kucing Siamese) | Jenis Kucing

Sejarah dari kucing Siam lebih banyak berisi mitos dan legenda dibandingkan dengan fakta. Jenis kucing Siam merupakan salah satu ras kucing tertua, yang berdasarkan manuskrip telah dikenal sejak abad ke-14.

Jenis Kucing

Kucing Manx

Kucing Manx adalah salah satu jenis kucing yang unik karena mereka tidak memiliki ekor. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ekor pada kucing memiliki fungsi yang sangat penting untuk kucing sebagai alat

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!