Trik Agar si Kucing Tidak Lagi Mencakar Furniture di Rumah!
12/10/2016 2062 Views

Trik Agar si Kucing Tidak Lagi Mencakar Furniture di Rumah!

Kucing senang sekali mencakar-cakar sesuatu. Terutama mencakari sesuatu yang keras atau berserabut seperti kayu, kain dan sebagainya., karena hal itu membuat mereka senang dan lebih tenang. Mencakari sesuatu pun juga dijadikan si kucing sebagai penanda wilayahnya dan juga membuat mereka merasa lebih aman. Tetapi, meskipun mencakar-cakar sesuatu tadi membuat si kucing merasa aman, tenang dan nyaman, hal itu tidak akan membuat kita aman, tenang dan nyaman. Kenapa begitu? Tentu saja karena target utama si kucing sebagai media cakar-nya adalah furniture dan perabotan dirumah! Misalnya, sofa, lemari, kasur, sprei, taplak meja dan media yang keras atau mengandung kain lainnya. Kita semua sebagai pemelihara kucing pasti pernah mengalami struggle dalam sifat si kucing yang seperti ini kan? Tapi sebenarnya sifat si kucing yang destruktif ini dapat kita alihkan loh! Kira-kira karena apa ya si kucing mencakar-cakar sesuatu dan bagaimana kiat-kiat untuk mengalihkan kebiasaan tersebut? Simak hanya di artikel cattery.co.id kali ini!

Best-Scratching-Posts-CatsMimpi buruk yang menjadi kenyataan ya catlovers jika furniture kita menjadi seperti ini?

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing harus mencakar-cakar sesuatu untuk kesehatan mental dan juga fisik mereka sendiri. Sebenarnya hal ini juga yang menjadi alasan kita tidak bisa menghilangkan kebiasaan ini dari si kucing, melainkan lebih baik mengalihkannya. Sesi cakar-cakaran ini tidak hanya untuk membuat mereka tenang, namun juga untuk membuang lapisan lama kuku si kucing. Tapi jika mereka terus mencakar-cakar barang-barang di rumah, apakah ini membuat ‘kesehatan mental dan fisik’ kita juga aman? Jadi, inilah alasan kenapa si kucing senang mencakar sesuatu di rumah dan juga trik-trik untuk mengalihkannya:

Berikan si Kucing Sebuah Scratching Post dan Tempatkan di Dekat Barang yang Suka Ia Cakar

furniture-scratchOh no!!!

Apakah si kucing memiliki tempat atau barang tertentu di rumah yang ia favoritkan sebagai target mencakar-cakar? Biasanya si kucing akan menjadikan sofa, ujung tempat tidur, lemari atau gordyn sebagai tempat mencakar-cakarnya. Nah, cobalah beli sebuah Scratching Post (mainan untuk si kucing mencakar-cakar) sebagai alternatif si kucing mencakar-cakar sesuatu dan posisikan Scratching Post tadi di dekat tempat / barang yang sering ia cakar-cakar. Jika trik ini berhasil kepada si kucing, kebiasaan si kucing untuk mencakar-cakar furniture  di rumah kita kemungkinan besar akan hilang. Ini dikarenakan Scratching Post tadi sudah lebih menyenangkan untuk si kucing sebagai target mencakar-cakarnya daripada furniture di dalam rumah kita!

81OXMUIIyOL._SL1500_Ya berikanlah Scratching Post untuk si kucing alih-alih dari furniture di rumah!

  • Tip tambahan: Perhatikan apakah si kucing lebih suka mencakar-cakar pada permukaan horizontal atau vertical. Kemudian, belilah Scratching Post yang memiliki arah cakaran horizontal atau vertical sesuai dengan arah dan juga permukaan tempat si kucing mencakar-cakar tadi. Ini akan membantu transisi target mencakar si kucing dari furniture di rumah ke Scratching Post lebih halus dan tidak disadari si kucing!

Mencakar sebagai Interaksi / Komunikasi

Si kucing yang mencakari sesuatu dapat berarti ia sedang merasa senang atau menandai sesuatu atas apa yang ia ingat sebelumnya pada area tertentu!

Terkadang si kucing juga mencoba untuk berinteraksi dengan hal disekitarnya (termasuk kita sang pemelihara) dengan mencakar-cakar sesuatu. Biasanya, si kucing mencakar-cakar sesuatu pada saat mereka ingin memberi tahu kita bahwa mereka sedang merasa senang, gembira atau antusiasmenya terhadap sesuatu. Tentu target utama si kucing untuk mencakar adalah sofa, karpet, kasur atau tempat yang si kucing ingat bahwa itu adalah tempat kita sering berdiam diri. Lalu, si kucing akan selalu mencakar-cakar pada tempat atau barang yang sama karena ini akan menjadi penanda wilayahnya juga. Seringkali di depan pintu tempat kita datang sepulang kerja atau bahkan pada tempat yang ia ingat sebelumnya pernah menjadi ‘arena pertarungan’ dirinya dengan kucing lainnya (pokoknya mereka juga mungkin mencakar-cakar pada tempat-tempat yang mereka ingat pernah melibatkan emosi di dalamnya, entah senang atau tidak).Kalau kita menyadari hal ini, segeralah belikan Scratching Post dan tempatkan pada areal tersebut!

Buat Furniture di Rumah menjadi Tidak Menarik untuk si Kucing

G00002177_92270Double Tape juga cukup membantu untuk mengalihkan si kucing mencakari furniture di rumah

Jika si kucing menyukai salah satu furniture dirumah sebagai target utama mencakar-cakarnya, kita bisa melakukan sesuatu pada furniture tersebut agar menjadi tidak menarik untuk si kucing datangi dan cakar lagi. Untuk si kucing yang suka mencakar-cakar dengan arah horizontal, potonglah kertas timah kecil dan tempelkan pada tempat si kucing suka mencakar pada furniture tadi agar ia mengurangi kebiasaannya mencakar. Kenapa begitu? Ini karena suara yang dihasilkan kertas timah / alumunium foil pada saat dicakar akan membuat suara yang aneh dan bising bagi si kucing sehingga ia akan mulai merasa tidak nyaman dengan mencakar-cakar furniture yang telah menjadi favoritnya. Lalu, menempelkan Double Tape (isolasi yang menempel 2 arah) juga dapat menjadi alternatif lainnya. Tempelkan double tape pada tempat si kucing biasa mencakar lalu tunggulah hingga si kucing datang ke tempat tersebut dan mulai mencakar. Ia pasti akan kaget pada saat mencakar, cakarnya malah menempel dan itu akan membuat mereka ‘hilang selera’ untuk mencakar-cakar lagi di tempat tersebut! Selain itu beberapa kucing juga tidak menyukai aroma jeruk yang kuat, sehingga penyemprotan pengharum ruangan wangi lemon atau kulit jeruk atau juga sitrus bisa langsung pada furniture dirumah juga mungkin akan menghalangi mereka untuk mencakar-cakar.

Membuat Scratching Post Lebih Menarik

maxresdefaultScratching Post + Catnip : Cinta Mati si Kucing!

Berbeda dengan furniture, justru kita akan membuat Scratching Post yang kita belikan untuk si kucing guna pengalihan pencakaran si kucing pada furniture agar lebih menarik. Tentu kita dapat membuat Scratching Post lebih menarik dengan cara yang positif dan membuat si kucing semakin aktif. COntoh, hancurkanlah catnip dan gosokkan pada Sratching Post. Catnip yang menyangkut pada Scratching Post akan membuat si kucing tertarik untuk menghampiri Scratching Post tadi dan bermain bahkan mencakar-cakarnya. Lalu, bagi kucing yang tidak begitu menyukai catnip, cobalah untuk mengajak si kucing bermain di sekitar Scratching Post tadi lalu eluslah si kucing selagi dekat dengan Scratching Post kemungkinan besar si kucing yang merasa senang akan mulai menghampiri Scratching Post , mengendusnya dan mencakar-cakarnya! Lalu, pastikan Scratching Post yang kita beli tidak mudah goyah atau mudah jatuh. Karena si kucing lebih menyukai hal yang kokoh untuk menjadi target mencakarnya. Jika kita membelikannya Scratching Post yang mudah jatuh atau goyah, tidak lama lagi furniture dirumah akan menjadi target pencakarannya.

Guntinglah Kuku si Kucing secara Berkala (Namun Jangan Terlalu Sering)

whycatsneedclawsOk, saatnya menggunting kuku!

Terkadang, ada juga kucing yang memang sangat gemar mencakar hingga bisa setiap jam bahkan menit kembali mencakar media disekitarnya secara terus menerus. Ini merupakan cara terakhir untuk mengalihkan kegemaran si kucing untuk mencakar furniture dirumah kita. Tapi tentu, menggunting kuku kucing pun tidak bisa sembarangan, karena bagaimanapun kuku merupakan salah satu senjata si kucing untuk membela dirinya jika ada dalam keadaan terpojok atau mencari mangsa. Guntinglah kuku si kucing secukupnya, akan lebih baik jika menggunting kuku si kucing diserahkan kepada seseorang yang lebih mengerti perawatan kucing. Memang, bukanlah hal mudah untuk menggunting kuku si kucing, namun manfaatnya akan terasa hingga jangka panjang. Kucing yang sejak dini telah biasa digunting kukunya, pasti sudah tidak akan memberontak lagi jika selanjutnya dipotong kembali kukunya. Tentu, kuku yang tidak begitu tajam akan membuat si kucing tidak gemar mencakar.

some-safe-cat-friendly-solutions-to-clawing-and-scratching-56657f5339bd3Jika kita senang, si kucing juga pasti senang!

So, catlovers. Kita tidak perlu hidup dengan kebiasaan si kucing yang ‘destruktif’ terhadap furniture di rumah kita. Lalu kita tidak perlu juga boros-boros mengganti furniture dan perabotan di dalam rumah dengan yang baru jika kita telah mengetahui trik pengalihan kebiasaan mencakar si kucing! Tentu, bahagia juga akan mengampiri kita dan juga si kucing pada waktu yang sama! All love!

Source:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

5 Hal yang Mungkin Membuat Kucing Stres Tanpa Kita Sadari

Banyak orang yang seringkali tidak menyadari dampak tindakan mereka terhadap hewan peliharaanya, entah tindakan baik atau buruk. Cattery.co.id yakin bahwa sebagian catlovers tidak sengaja membuat kucingnya menjadi cemas atau stres.

Cara Merawat Kucing

Cara Membuat Kucing Tetap Bahagia ketika Kita Tinggal Pergi

Ceritanya kita mau berpergian lama, jangan-jangan kucing kita cuma bersembunyi dibawah karpet rumah seharian, bahkan pup disana… Mitos lama bahwa kucing adalah hewan penyendiri memang masih ada, padahal faktanya adalah

Cara Merawat Kucing

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menjadi Breeder Kucing

Kucing memang hewan yang lucu yang membuat kita bisa jatuh cinta. Kucing memiliki bulu yang cantik dan lembut, mata yang jernih, dan mungkin ia telah memenangkan show. Mungkin diantara catlovers

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!