Toyger Si Harimau Peliharaan Mini | Jenis Kucing
10/11/2016 1248 Views

Toyger Si Harimau Peliharaan Mini | Jenis Kucing


Kucing merupakan hewan peliharaan yang memiliki banyak sekali jenis, dan tentunya tidak ada yang tidak lucu nan menggemaskan diantara mereka. Jujur saja, bahkan singa dan harimau yang termasuk kucing besar pun seringkali terlihat menggemaskan bukan? (Tetapi jangan coba untuk memelihara mereka ya!). Nah, kali ini ternyata sudah ada jenis kucing baru yang bisa dikatakan baru ‘disadari’ perihal keberedaannya. Jenis kucing yang baru ini sangat mirip dengan harimau, hanya saja dengan tubuh yang jauh lebih kecil dibanding seekor harimau (ya, mereka seukuran kucing peliharaan kita dirumah). Penasaran dengan nama dan bentuk fisiknya? Daripada berlama-lama, langsung saja yuk kita bahas catlovers!

Toyger-AP-1WOWGC-645sm3614Perkenalkan Toyger! Kita akan mengupas tuntas tentang kucing ini pada artikel ini catlovers!

calico-250-250 kotak-250x250

Toyger. Itu adalah nama dari salah satu ras kucing yang termasuk ke dalam generasi baru untuk kucing domestic yang ada di dunia ini. Hanya saja Toyger merupakan ras kucing yang memang sengaja dikembangkan melalui mutasi gen dengan tujuan agar memiliki penampilan dan gerakan yang persis seperti harimau dalam bentuk mini, menggemaskan bukan? Namun Toyger sendiri masih dalam tahap pengembangan yang dikatakan tinggal sedikit lagi menuju kata sempurna. Toyger sendiri ternyata telah menarik mata dan hati para pecinta kucing dengan penampilannya yang tentu sangat unik, mirip sekali dengan harimau namun tetap bersahabat layaknya kucing peliharaan. Lalu, hingga saat ini jumlah Toyger hanya ada sekitar 400 ekor. Toyger ini merupakan hasil dari persilangan gen antara keturunan kucing ras Bengal asli (dimana ras awalnya merupakan dari Macan Tutul Asia) dengan kucing domestic lainnya.

toyger-05Toyger merupakan kucing dari hasil mutasi gen yang dilakukan oleh Judy Sudgen dari EEYAAS Cattery

Peternakan kucing jenis Toyger ini (dan juga kucing Bengal) dijalankan oleh seseorang yang bernama Judy Sudgen dari EEYAAS Cattery yang berlokasi di Amerika. Tujuan ia mengadakan dan melakukan mutasi gen hingga menjadi kucing Toyger dan Bengal ini sangatlah mulia, karena ia ingin sekali mengurangi dan memerangi para oknum yang melakukan perburuan liar terhadap kucing besar yang tentunya memiliki corak bulu yang sangat indah sehingga ia ‘menciptakan’ kucing liar versi mini yang sangat rupawan layaknya para kucing besar. Penting juga untuk diingat oleh kita bahwasannya Toyger merupakan kucing yang memiliki darah keturunan dari Bengal yang mana tidak berhubungan dengan harimau. Kucing Bengal juga hingga saat ini tidak dikategorikan sebagai hewan liar yang dilarang untuk dipelihara oleh perseorangan oleh pemerintahan di negara manapun mengingat Bengal bukanlah jenis dari Harimau atau kucing besar lainnya. Kali ini ras dari Toyger juga sudah diakui oleh TICA (The International Cat Association) dan sudah terdaftar hingga terevaluasi secara seksama oleh pihak berwenang. Bahkan ras kucing Toyger telah memenuhi syarat untuk mengikuti kejuaraan pada ras-nya sejak kontes kucing di tahun 2008.

Karakteristik Toyger

ToygerNih, ciri fisik dari Toyger!

Ras Toyger merupakan kucing domestic bertubuh sedang dengan penampilan visik yang sangat mirip dengan harimau. Tetapi tenang saja, tidak perlu ada yang kamu takuti untuk mendekati dan bermain bahkan memelihara mereka, karena hanya karakteristik fisiknya sajalah yang seperti harimau, tidak dengan sikap-nya! Mereka pada dasarnya merupakan kucing yang sangat aktif, setia sehingga akan menambah alasan sempurna mengapa kamu harus memelihara mereka didalam rumah!

Berikut karakteristik fisik mendasar yang dimiliki oleh Toyger :

  • Tubuh dan juga ekor yang panjang
  • Telinga yang mungil dan bulat
  • Tulang yang besar (Big Boned)
  • Struktur tubuh yang kokoh / kekar
  • Hidung yang melebar
  • Dagu yang muscular (gagah)
  • Bulu yang mengkilat dengan corak loreng yang terputus-putus seperti harimau
  • Warna yang kontras pada loreng dan corak warna bulunya (hitam, cokelat atau sawo matang)
  • Bulu pada bagian perut yang berwarna putih
  • Corak bulu berwarna putih pada bagian atas mata, wajah bagian bawah dagu dan juga telinga
  • Warna dasar bulu yang berwarna cokelat keemasan
  • Beberapa bagian pada bulunya terlihat seperti mengandung butiran emas karena mengkilat

Melalui karakteristik diatas pula-lah ternyata harga dari seekor Toyger dapat menjadi rendah dan juga melambung tinggi untuk dipelihara. Harga seekor anak kucing Toyger berkisar sekitar $500 hingga $2.000 (sekitar Rp. 6.595.000 hingga Rp. 26.380.000) per-ekor-nya yang biasanya dijual oleh para peternak Toyger. Untuk yang termasuk di dalam kualitas kontes per-ekor-nya memiliki estimasi harga $1.500 hingga $5.000 (Rp. 19.785.000 hingga Rp. 65.950.000), harga yang sangat fantastis bukan untuk seekor kucing? Tetapi harga yang seperti itu sudah sangat lumrah terbilang di dalam dunia pemeliharaan dan perawatan kucing yang termasuk di dalam ras eksotis. Nah, estimasi harga diatas juga dapat dijadikan patokan apabila ada seseorang menjual seekor kucing Toyger dengan harga dibawah pasaran karena kemungkinan kucing yang memiliki harga dibawah estimasi tadi bukanlah kucing ras asli Toyger atau mungkin memiliki kekurangan pada ciri fisik atau sifat.

Persamaan antara Toyger dan Kucing Bengal Domestik

loverboy 1Toyger masih memiliki darah kucing Bengal domestik di dalam dirinya.

Seperti hal nya Kucing Bengal Domestik, Toyger sangat mudah dilatih, setia, menyukai air dan bisa menjadi seperti anjing yang tentunya bisa dengan mudah diberikan pelatihan didalam permainan. Toyger bisa menjadi kucing yang amat sangat ‘bawel’ apabila mereka mendapatkan kurang perhatian ataupun makanan. Tentu, Toyger merupakan seekor kucing yang sangat sempurna dimana Toyger dapat mudah berbaur dengan kucing lainnya, hewan lainnya dan terutama anak-anak dirumah. Toyger juga merupakan salah satu kucing yang akan sangat cocok untuk dibawa berjalan-jalan di pagi hari atau sore hari dengan menggunakan harness (tali khusus yang dipasangkan pada badan si kucing dan kita pegang sehingga si kucing tidak akan lari jauh dari kita) layaknya seekor anjing.

Para peternak amat sangat berusaha menciptakan kemiripan wujud antara ras kucing domestic dengan harimau si kucing besar tidak hanya dalam aspek karakteristik fisik yang diaplikasikan kepada Toyger, namun juga tingkah laku yang sama hanya saja dalam versi hewan peliharaan. Gerak dan gesture seekor harimau yang percaya diri, gagah, anggun nan elegan itu benar-benar dapat terlihat dengan jelas pada Toyger sehingga dapat dikatakan bahwa Toyger merupakan ‘sepupu’ dari harimau.

Nah, jika catlovers memutuskan untuk memelihara seekor kucing jenis Toyger atau Bengal, perlu diketahui sebelumnya dikarenakan mereka merupakan ras kucing yang dihasilkan dari persilangan sehingga tetap saja Toyger atau Bengal tetap memiliki keunikkan tersendiri jika dibandingkan dengan kucing domestic lainnya. Pilihlah secara seksama pada saat memilih seekor kucing Toyger untuk dipelihara dan bersiap juga untuk menjadi seorang pemelihara yang sangat unik dan juga berani!

Toyger sama seperti seekor kucing pada umumnya dalam hal perhatian.

gaynorsboyKucing Toyger merupakan kucing yang termasuk dalam ras eksotis

Saat kita memutuskan untuk mengadopsi seekor kucing Toyger, kita akan melihat bahwa nyatanya apa yang dibutuhkan oleh seekor kucing Toyger sama dengan kucing peliharaan pada umumnya. Kucing Toyger mengonsumsi makanan yang sama, harus mendatangi dokter hewan secara berkala meski mungkin ada beberapa perawatan khusus mengingat Toyger merupakan kucing ras eksotis. Namun pada dasarnya Toyger sama persis dengan kucing domestic lainnya dimana mereka sangat senang dengan situasi yang tenang dan juga dapat menjadi seekor kucing yang cenderung aktif . Tentunya juga, mereka sangat aktif di malam hari.

Toyger juga memerlukan stimulasi tambahan yang akan sangat berpengaruh pada perkembangan mentalnya, yakni melalui mainan yang bersifat edukasi atau dengan diajak bersosialisasi dengan hewan peliharaan kita yang lainnya atau peliharaan kerabat kita sehingga mereka tidak akan mudah bosan.Lalu ada beberapa tips yang datang dari para pemelihara kucing Bengal yakni bahwa Toyger merupakan kucing yang sama seperti kucing Bengal dimana mereka amat sangat menikmati berjalan-jalan diluar rumah. Tetapi bukan berarti mereka dapat kita percayakan keberadaannya seperti kucing peliharaan kita biasanya, Toyger tetap harus diawasi secara teliti dan akan lebih baik lagi apabila mengajak mereka berjalan-jalan dengan harness yang kita berikan pada tubuh mereka dimana sudah pasti akan aman setiap waktu bukan catlovers? Ya, kenapa begini tentu karena Toyger amat sangat senang memperluas teritorinya hingga ke daerah yang jauh sekalipun sehingga tidak aka nada yang menjamin bahwa Toyger dapat kembali kerumah jika terlepas di luar rumah.

Lalu, jika kita tidak berniat untuk mengikutsertakan si kucing untuk ikut kontes atau menternakkan Toyger kita, pastikanlah untuk sterilisasi lebih awal sehingga jangka waktu hidupnya bisa sama dengan kucing lainnya yakni antara 10-15 tahun lebih.

Toyger sama halnya juga seperti Bengal, mereka merupakan kucing yang sangat menikmati untuk bermain air, berenang dan sangat aktif bermain. Ya, mungkin mainan ekstra untuk mereka tidak ada salahnya agar mereka tidak cepat merasa bosan sekaligus mengingat mereka kucing yang jauh lebih aktif dari kucing peliharaan pada umumnya. Tentunya, Toyger sangat mudah untuk dilatih menggunakan litter box, bahkan beberapa pemelihara Toyger mengatakan bahwasannya mereka telah berhasil dengan mudah mengaplikasikan toilet training sungguhan kepada Toyger-nya (ya, si kucing poop dan pipis di kamar mandi. Hebat ya?)

Informasi tambahan tentang Toyger

9850311_origKucing Toyger sangat-sangat aktif dan mudah bersosialisasi dengan hewan lain dan juga manusia di sekitarnya

Toyger memang ras kucing exotic yang menyenangkan, akan tetapi jangan lupakan juga para kucing-kucing dari ras lainnya yang lebih membutuhkan untuk diadopsi dan sedang berada di jalanan atau tempat penampungan hewan! Ini bukan berarti kita melupakan kucing-kucing menggemaskan yang belum terpelihara ya catlovers karena pada dasarnya kucing adalah sama. Sama-sama menggemaskan, setia dan lucu tentunya!

Lalu, untuk catlovers yang mungkin sangat memiliki dan telah berkomitmen penuh untuk memelihara seekor kucing Toyger ataupun Bengal, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai para peternak kucing-kucing ras eksotis ini. Umumnya kucing Toyger dan Bengal yang dijual atau siap diadopsi bukanlah kucing yang dapat diikutsertakan ke dalam sebuah kontes kucing, tetapi apakah itu sebuah masalah? Tentu tidak kan catlovers? Ini bukan berarti bahwa kucing-kucing Toyger yang dijual atau siap diadopsi dari para peternak ini merupakan kucing yang ‘cacat’ atau tidak sehat, tenang saja catloverws karena mereka tetap menyenangkan dan memenuhi karakteristik dasar dari seekor kucing Toyger atau Bengal! Namun, tetaplah berhati-hati dalam memilih kucing Toyger atau Bengal yang ingin kita pelihara, khususnya apabila kita membeli kucing tersebut melalui seseorang dengan harga yang sangat tinggi. Tentunya perlu ada kroscek yang lebih bukan?

d21vu35cjx7sd4.cloudfront.netGagah sekali ya catlovers?

Meskipun kucing pada dasarnya adalah hewan yang dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat mereka hidup, kita sebagai calon pemelihara tentu perlu memastikan adakah orang dirumah yang sensitive terhadap kucing, adakah zat-zat yang mungkin akan membahayakan si kucing untuk tinggal di dalam rumah (terutama Toyger karena kucing ini akan lebih aman jika kita pelihara di dalam rumah) karena pada dasarnya seekor kucing juga dapat memiliki alergi berkepanjangan pada zat-zat tertenu sehingga mereka tidak memilki umur yang panjang atau sakit-sakitan.

asdfaefToyger merupakan kucing yang sangat mudah untuk dilatih!

Jangan melupakan tempat yang hangat dengan sinar matahari yang cukup, litter box dan juga sekopnya, makanan dengan nutrisi yang cukup, suplemen yang diperlukan (untuk ini tidak ada salahnya untuk meminta pertimbangan dokter hewan) dan juga harness! Karena kita akan sangat memerlukan harness pada saat berjalan-jalan diluar rumah dengan si kucing. Mainan yang menimbulkan stimulasi sekaligus bersifat edukatif tentu akan membuat Toyger jauh lebih bahagia.

asefnhhhhhhgjkvdfSo, sudah siapkah catlovers untuk mengadopsi seekor Toyger?

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Jenis Kucing

Kucing Persia | Jenis Kucing

Pada kali ini Cattery.co.id akan membahas salah satu jenis kucing terkenal di dunia, yaitu Kucing Persia. Dokumentasi tertua mencatat bahwa leluhur pertama kucing persia diimpor dari Persia (Iran) ke Eropa

Jenis Kucing

Kucing Somali | Jenis Kucing

Sejarah asal mula kucing somali masih diselimuti oleh banyak misteri. Beberapa percaya bahwa kucing ras ini dihasilkan akibat mutasi genetik alamiah kucing abyssinian. Beberapa mengatakan bahwa kucing somali merupakan hasil

Jenis Kucing

Kucing Norwegian Forest | Jenis Kucing

Kucing Norwegian Forest adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Eropa bagian Utara. Kucing asli Eropa Utara ini mampu beradaptasi dengan cuaca yang sangat dingin, dengan bulunya yang sangat lebat.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!