Tips Titip Kucing Ketika Mudik
02/07/2015 2240 Views

Tips Titip Kucing Ketika Mudik

Musim mudik lebaran sudah semakin dekat. Para pemilik kucing yang hendak berpergian tentu saat ini sedang bingung menentukan pilihan tempat penitipan yang terbaik untuk kucing kesayangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan pemilik kucing jika ingin menitipkan kucing nya selama bepergian

Rencanakan tanggal penitipan kucing
Buatlah rencana jauh-jauh hari kapan kucing akan dititipkan, berapa lama, dan kapan akan dijemput kembali. Pesan tempat terlebih dulu, karena biasanya ketika musim mudik lebaran tiba, banyak tempat penitipan hewan yang akan penuh

Pastikan kucing dalam keadaan sehat
Pemeriksaan ke dokter hewan perlu dilakukan, untuk memastikan kondisi kucing dalam keadaan sehat ketika kita tinggal.

Pastikan kucing telah divaksin lengkap
Pemberian vaksin adalah pencegahan agar kucing kita tidak tertular oleh virus yang biasanya sangat rawan dijumpai di tempat penitipan. Cek tanggal terakhir vaksin, jika sudah waktunya diulang, segera bawa ke dokter hewan untuk divaksinasi ulang. Pastikan pemberian vaksin terakhir dilakukan minimal 2 minggu sebelum kucing dititipkan.

calico-250-250 kotak-250x250

Berikan obat kutu sebelum dibawa ke tempat penitipan
Pemberian obat kutu merupakan tindakan pencegahan agar kucing tidak tertular kutu yang dibawa oleh kucing lain di tempat penitipan.

9731999

Pilih tempat penitipan yang telah memiliki rekomendasi
Rekomendasi yang baik mengenai tempat penitipan sangat diperlukan, untuk memastikan kucing nyaman selama kita tinggal dan kita pun tidak khawatir selama liburan.

Pilih tempat penitipan yang memiliki dokter hewan
Penitipan yang memiliki dokter hewan sebagai pengawas sangat baik kita pertimbangkan. Hal ini akan memudahkan kucing mendapat tindak penanganan yang tepat dan cepat jika membutuhkan tindakan medis.

Pilih tempat penitipan yang dilengkapi fasilitas mandi/grooming
Biasanya tempat penitipan akan menawarkan paket fasilitas grooming. Hal ini juga baik, karena kucing, terlebih kucing persia sangan membutuhkan grooming minimal seminggu sekali.

Untuk kucing yang berbulu panjang, pencukuran bulu adalah hal baik yang perlu dipertimbangkan
jika dititipkan dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak ada fasilitas grooming, untuk kucing persia akan lebih nyaman jika ditinggal dalam keadaan tercukur bulunya.

Bawa perlengkapan sendiri yang biasa dia pakai
Untuk memberikan rasa nyaman dan mengurangi stres pada kucing, bawakan perlengkapan yang biasa si kucing gunakan. Misalnya pet bed, bak pasir, tempat makan dan minum dan mainan.

Cari informasi mengenai pakan yang akan kucing dapatkan
Tanyakanlah merek makanan yaang akan kucing dapatkan selama di tempat penitipan, penggantikan merek/jenis pakan yang tiba-tiba akan menimbulkan masalah pencernaan bagi kucing.

Pilih tempat penitipan yang bersih, dengan sirkulasi udara yang baik.
Ada baik nya kita melakukan survey terlebih dulu ke beberapa tempat penitipan agar memiliki pembanding. Pastikan tempat yang akan ditinggali kucing selama beberapa waktu kedepan adalah tempat yang nyaman. Kelengkapan AC sangat dibutuhkan untuk kucing yang memiliki bulu yang panjang, misalnya kucing persia

Pastikan ruangan penitipan kucing terpisah dari binatang lain
Hal ini perlu kita cek, karena gonggongan anjing dapat membuat kucing menjadi stres. Stres pada kucing dapat membuat kondisi fisiknya menjadi menurun, sehingga rentan terkena penyakit.

Berikan keterangan lengkap mengenai kondisi kucing
Berikan info tentang kondisi atau kebiasaan kucing yang perlu diketahui oleh penanggung jawab tempat penitipan, misalnya kucing dalam keadaan hamil, atau kucing persia yang perlu dibersihkan matanya rutin setiap hari, dan lain lain.

Demikian lah tips tips yang perlu diperhatikan jika kita memutuskan untuk menitipkan hewan kesayangan, semoga berguna, dan membuat perjalanan liburan catlovers menjadi menyenangkan.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Bagaimana Kucing Akhirnya Bisa Menjadi Hewan Peliharaan?

Kucing, kucing dan kucing. Sampai kapanpun kita sebagai catlovers tidak akan pernah merasa bosan dengan mamalia berbulu yang sangat imut dan menggemaskan tersebut bukan? Tetapi pernahkah kita berfikir, apakah kucing

Dunia Kucing

Bobo dan Vacuum Cleaner

Rata-rata kucing sangat takut dan segera lari ketika mendengar mesin vacuum cleaner. Namun ada seekor kucing, bernama Bobo, yang sangat senang bermain dengan vacuum cleaner. Seperti terlihat di video, Bobo

Dunia Kucing

11 Tanda Kucing Mulai Menyayangi Kita!

Manusia menyayangi kucingnya? Hal itu mungkin sudah biasa dan dapat secara jelas kita sadari apabila ada orang yang menyayangi kucingnya. Mungkin dengan memeluknya, mengelus-ngelusnya, mengajaknya bermain atau memberikan banyak hal

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!