Tips Memotong Cakar Kucing
17/08/2015 3361 Views

Tips Memotong Cakar Kucing

Cakar Kucing adalah salah satu anatomi yang sangat penting bagi kucing. Kucing menggunakan cakarnya untuk berburu dan alat pertahanan diri. Selain itu cakar pada kucing berguna sebagai instrumen sinyal sosial, dengan memberikan tanda cakaran pada permukanaan tertentu sebagai tanda bahwa itu adalah teritorialnya. Kebiasaan ini lah yang terkadang membuat kita sebagai catlovers sedikit stres. Walaupun di dalam rumah kucing juga sering mencakar permukaan furnitur kita, bukan sebagai tanda teritorialnya, namun karena cakar kucing tetap tumbuh dalam lapisan dan kucing perlu untuk melepas lapisan terluar cakarnya yang sudah usang.

(lihat: Cakar Kucing: Bentuk dan Fungsi )

Memotong cakar kucing memang agak sedikit sulit ya catlovers, terkadang si kucing suka berontak ketika kita ingin memotong cakarnya. Padahal memotong cakar kucing sangat penting bagi kesehatan kucing sekaligus melindungi kucing, kita dan juga furnitur di rumah kita. Kali ini cattery.co.id akan memberikan tips cara memotong cakar kucing.

Mulai Sejak Kucing Masih Kecil

calico-250-250 kotak-250x250

Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan agar si kucing nyaman dalam proses memotong cakarnya adalah dengan membiasakan sejak kucing masih kecil. Jika kita mulai motong cakar kucing dari kecil, maka saat si kucing sudah dewasa ia akan terbiasa dan menikmati proses memotong cakar. Selain itu, anak kucing juga belum menguasai penggunaan cakarnya secara optimal, jadi akan memudahkan kita dalam memotongnya.

Mengajarkan Pada Kucing Untuk Menerima dan Menikmati Proses Memotong Cakarnya

Kunci untuk mengajarkan agar si kucing menerima untuk dipotong cakarnya adalah kesabaran. Rencanakan setidaknya sebulan sebelumnya untuk membiasakan si kucing dipegang kakiknya. Tergantung pada kepribadian si kucing, terkadang ada yang kucing mau untuk dipotong semua cakarnya dalam sekali kesempatan, namun ada juga kucing yang hanya mau dipotong di satu kaki atau bahkan hanya beberapa cakarnya saja dalam satu kali kesempatan. Jadi jangan terlalu memaksakan si kucing agar mau menerima dipotong cakar di seluruh kakinya hanya dalam satu kesempatan saja.

Waktu terbaik untuk memotong cakar kucing adalah ketika ia sedang bersantai atau mengantuk. Jangan pernah memotong cakar kucing ketika ia sedang stres atau saat aktif bermain.

Langkah Pertama: Persiapkkan Segala Peralatan

– Gunting Kuku/Clipper
Ada banyak jenis clipper bagi kucing yang tersedia di pethsop-petshop. Namun disarankan untuk menggunakan clipper yang berbentuk seperti gunting. Selalu ganti clipper kita secara teratur, apalagi setelah terlihat pisaunya telah tumpul. Pisau yang tumpul akan memberi lebih banyak tekanan pada cakar kucing yang sensitif, sehingga akan membuat kucing tidak nyaman dan stres

Nail-trimmers1Jenis Gunting Kuku/Clipper

– Treats/Snack Spesial untuk Kucing
Apa treats atau snack yang dapat kita berikan pada si kucing, tergantung pada kesukaan si kucing. Ada berbagai macam rasa dan bentuk snack kucing yang tersedia dipasaran, kita dapat memberikan mana yang kucing kita suka. Snack ini hanya kita berikan saat proses memotong cakar kucing saja.

Langkah Kedua: Pijat Telapak Kaki Kucing

Entah kucing kita masih kecil atau dewasa, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membiasakan si kucing untuk dipegang telapak kakinya. Ajarkan si kucing bahwa dengan membiarkan telapak kakinya dipegang, maka si kucing akan mendapatkan snack atau treats yang lezat.

Untuk memulainya, kumpulkan semua treats/snack dalam gelas kecil. Selanjutnya bawa kucing kita ke tempat yang tenang, tempat dimana si kucing akan merasa nyaman. Pilih lah waktu dimana si kucing merasa mengantuk dan rileks. Selalu hindari tempat dan situasi saat memotong cakar kucing:
– Jangan pernah memotongnya dimana kucing dapat melihat burung atau satwa liar lainnya
– Jangan pernah memotongnya di depan kucing atau peliharaan lainnya
– Jangan pernah memotongnya di dekat jendela dimana kucing lainnya dapat terlihat melintas
– Jangan pernah memotongnya sesaat setelah kucing bermain
– Jangan memotongnya dalam sesaat setelah si kucing habis berkelahi dengan kucing atau hewan lain. Tunggu dahulu sekitar tiga hingga empat jam.

image-01-1

Setelah kita telah memilih tempat yang cocok untuk memotong cakar si kucing, duduk dan pangku lah kucing kita. Jika kucing kita suka dibelai, belai lah si kucing sedikit. Jika kita adalah seorang dengan tangan kanan, maka ambilah salah satu kaki depan si kucing dengan tangan kiri kita. Taruh kaki si kucing dengan lembut diantara jari telunjuk, jari tengah dan jempol, lalu mulailah memijatnya.

Cobalah pijat tidak lebih dari tiga hitungan. Jika si kucing mencoba untuk menarik kakinya, jangan bereaksi dengan menjepit atau menarik paksa kakinya. Sebaliknya, ikuti gerakan kaki si kucing dan usahakan tangan kita tetap bersentuhan dengan kaki si kucing. Setelah hitungan ketiga, coba tekan dengan lembut telapak kaki si kucing hingga cakarnya muncul. Hitung selama tiga detik, lalu lepaskan kaki si kucing dan segera berikan ia treats/snack kucing. Ulangi langkah tersebut hingga si kucing terbiasa dipegang dan ditangani kakinya.

Langkah Ketiga: Biasakan Diri Kita dengan Cakar Kucing

Setelah kita terbiasa menangani jari-jari kaki pada kucing, maka kita harus membiasakan diri dengan bentuk cakar si kucing. Siapkan clipper dan treats/snack kucing dan bawalah kucing ke tempat yang tenang.

image-02_1

1. Pegang si kucing di pangkuan kita
2. Seperti sebelumnya, ambil salah satu jari kaki kucing dengan tangan kiri kita dan mulai lah memijatnya
2. Dengan lembut, tekan lah telapak kaki kucing untuk mengeluarkan cakarnya. Dengan cakar yang telah keluar, lihat lah bagian berwarna pink (merah jambu) pada cakar kucing. Itu adalah “quick” yang berisi saraf dan pembuluh darah. Ketika kita akan memangkas cakar kucing, sebisa mungkin menghindari untuk memotong dekat dengan quick yang sensitif. Memotong bagian quick ini sangat menyakitkan bagi kucing dan dapat menyebabkan pendarahan. Setelah selesai, lepaskan kaki kucing kita dan berikan ia treats/snack.

Langkah keempat: Memotong Cakar Kucing

Setelah kita sudah terbiasa dengan bentuk cakar kucing, maka saatnya memotong cakar kucing.
1. Taruh kucing kita dipangkuan kita
2. Ambilah dengan lembut salah satu kaki kucing kita pada jari tangan kiri kita, dan tekan telapak kaki kucing untuk mengeluarkan cakarnya
3. Perhatikan dimana quick ini
4. Posisikan clipper dengan tangan kanan kita sekitar setengah antara ujung cakar kucing dengan quick. Ketika posisinya sudah mantap, potonglah cakar si kucing. Ketika si kucing telah terbiasa, kita bisa memotongnya lebih jauh lagi – walaupun jangan pernah memotong cakar kucing tepat di dekat quick. Setalah selesai, selalu berukan treats/snack kucing.

image-03_1

Jika si kucing tidak terlalu mempermasalahkan sesi potong cakar, maka kita bisa lanjutkan pada cakar yang lainnya. Jangan paksa untuk meneruskan sesi potong cakar jika si kucing sudah merasa tidak nyaman.

Apa yang seharusnya JANGAN Dilakukan

Berikut ini adalah beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan ketika memotong cakar kucing:
– Jangan berteriak pada kucing kita atau mencoba untuk menghukumnya dengan cara apapun
– Jangan memotong terlalu dekat dengan quick
– Jangan terburu-buru
– Jangan mencoba untuk memotong semua cakar sekaligus dalam satu sesi
– Jangan memotong ketika kita sedang marah atau kucing kita sedang gelisah.

Itu adalah beberap tips dari cattery.co.id bagaimana cara memotong cakar kucing. Semoga bermanfaat bagi catlovers!

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pemula

7 Persiapan Wajib Sebelum Memutuskan Adopsi Kucing

Mungkin sebagian diantara kita sudah lama memelihara kucing. Namun tidak sedikit catlovers yang baru ingin memulai adopsi kucing. Ada beberapa faktor penting yang patut kita perhatikan sebelum terburu-buru mulai mengadopsi

Pemula

Bagaimana Caranya Agar Kucing Kita Berteman Satu Sama Lain?

Kucing. Mamalia menggemaskan berkaki empat dan berbulu ini memang tidak mungkin membuat kita bosan bermain dengannya atau sekedar memandangnya. Manja-nya si kucing tentu menjadi salah satu alasan mengapa kita tidak

Pemula

Seberapa Banyak Kita Memberi Makan Kucing?

Bagi catlovers yang baru pertama kali memelihara kucing, pasti sering bertanya “Berapa banyak makanan yang harus saya berikan pada kucing?”. Bagi catlovers yang sudah bertahun-tahun memelihara kucing pun terkadang pasti

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!