4 Cara Hemat dan Cermat Memilih Makanan Kucing
13/09/2016 5791 Views

4 Cara Hemat dan Cermat Memilih Makanan Kucing

Untuk mendapatkan makanan kucing (catfood) yang berkualitas, berapapun budget yang kita miliki, ikuti tips-tips keren yang akan dikupas cattery.co.id berikut ini.

Makanan yang kita berikan merupakan hal terpenting dalam menunjang kesehatan jangka panjang kucing kesayangan kita. Terkadang berhemat untuk makanan kucing tidak dilakukan secara tepat, karena beberapa pemilik kucing seringkali mengabaikan masalah kesehatan yang dapat terjadi di kemudian hari yang akan membutuhkan biaya lebih besar.

Saat ini di pasaran telah banyak beredar aneka catfood dengan harga dan kualitas yang beragam. Lalu bagaimanana cara kita mengetahui produk mana yang tepat dan hal-hal penting apa yang harus dilakukan agar kita dapat berhemat, berikut ini 4 hal yang harus dicermati ketika kita memilih makanan untuk kucing di rumah.

1. Pilih Catfood yang Memiliki Kandungan Perawatan Komplit (complete care)

cat-eat_29b15a1be7795b5e

calico-250-250 kotak-250x250

Kebutuhan nutrisi pada kucing sangat kompleks, mereka membutuhkan lebih dari 40 bahan gizi dalam pola makan mereka sehari hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Membeli makanan yang memiliki nutrisi komplit akan menjamin keseimbangan nutrisi sesuai dengan kebutuhan kucing.

Banyak yang menyediakan makanan hewan yang memiliki gizi komplit untuk berbagai tahapan umur, gaya hidup, rasa dan kenyamanan pemilik dengan harga bervariasi. Sisa makanan manusia sebaiknya tidak diberikan kepada hewan peliharaan. Kucing terutama membutuhkan taurin, arginin, niasin, vitamin A yang sudah dibentuk, dan beberapa tipe asam lemak essential. Apabila dalam pola makannya kekurangan salah satu dari nutrisi tadi, mereka akan terkena masalah kesehatan yang berat. Makanan sisa kita terkadang mengandung kalori dan unsur-unsur yang tidak bisa mereka toleransi.

Zara Boland, seorang dokter hewan dan ahli nutrisi mengatakan: “produsen makanan hewan merumuskan resep untuk menjamin bahan-bahan tercampur dengan benar sesuai dengan tahapan umur dan gaya hidup. Saat kita sudah menentukan kategori yang tepat untuk kucing, poin utama yang harus dipertimbangkan adalah kualitasnya. Kualitas dari bahan-bahan makanan adalah tolak ukur apakah makanan tersebut dapat dicerna kucing atau tidak; semakin baik kualitasnya semakin mudah dicerna. Bahan-bahan akan ditulis pada label dan inilah yang membedakan antara satu merk dengan merk lain (akan ditulis menurun sesuai dengan beratnya) “Jangan lupa untuk meminta bantuan para ahli apabila membutuhkannya – produsen biasanya memiliki saluran bebas pulsa untuk customer service yang dapat membantu para konsumen dalam memilih makanan yang tepat sesuai budget.”

2. Berhemat Secara Tepat

wallpaper-cat-eat-fish

Ketika kita menemukan makanan yang tepat untuk kucing di rumah, carilah informasi apakah merk tersebut memiliki website, newsletter atau halaman facebook yang bisa kamu daftar. Biasanya ada penawaran khusus yang ditawarkan melalui media ini.
Lakukan perbandingan dan catat harga yang ditawarkan di toko yang lain. Beberapa perusahaan akan menawarkan potongan harga kepada konsumen setia dan bahkan terkadang memberikan kupon untuk ditukarkan dengan produknya.

Membeli kemasan yang lebih besar dan banyak adalah cara belanja yang lebih ekonomis apabila tempat penyimpanan dirumah memungkinkan untuk menyimpannya, hal ini dapat mengurangi biaya per sekali makan. Panduan cara penyimpanan akan tertulis pada label makanan.

3. Hitung Biaya yang Sebenarnya

grey cat eating.jpg.838x0_q67_crop-smart

Jumlah pemberian makanan berbeda tergantung dari tipe makanan yang kamu beli, jangan hanya melihat harga per kilogram makanan – lihat juga panduan pemberian makan dan hitunglah kapan makanan dalam kemasan tersebut akan habis – lalu kita dapat menghitung berapa biaya sebenernya per hari, dimana lebih baik daripada menghitung biaya per kilogram. Banyak pemilik kucing terlalu banyak memberi makan hewan peliharaannya karena mereka pikir porsi yang direkomendasikan oleh produsen makanan terlihat terlalu sedikit atau mereka begitu saja mengisi penuh mangkuk makan hewan peliharaan mereka. Biaya akan bertambah dengan adanya kelebihan pemberian makanan dan hal ini juga akan mengakibatkan kenaikan berat badan yang berlebih.

4. Pertimbangakan Pergantian Catfood

vivivit

Apabila ada perubahan mendadak dalam pola makan akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada lambung kucing kamu. Kalau kita merubah pola makannya, hal ini harus dilakukan secara bertahap selama seminggu. Dimulai dengan memberikan sedikit porsi makanan baru kedalam makanan yang biasa dan secara bertahap tambahkan porsi makanan baru sementara kurangi porsi makanan yang biasa. Patuhi panduan pemberian makan karena bisa berbeda antara merk yang satu dengan yang lainnya.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Berikanlah predikat kepada diri kita sebagai pemilik kucing yang cerdas dan bijak setelah melakukan hal-hal tersebut diatas.  Berhemat bukan berati menelantarkan kucing kita dalam kondisi malnutrisi. Berikanlah perhatian dan nutrisi pada makanan nya yang cukup agar kucing kita di rumah menjadi sehat

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

8 Tips Penting Memberi Makan Kucing Persia

Kucing yang gemuk dan sehat adalah idaman bagi catlover, akan tetapi tidak jarang kita dihadapkan pada kondisi si kucing mogok makan. Hal ini tentu merupakan masalah yang serius, terlebih lagi

Nutrisi dan Makanan Kucing

Apa yang Seharusnya Kucing Minum? Air Putih atau Susu?

Jawaban singkatnya adalah air putih. Jika air keran dari rumah sudah aman di daerah kita, maka itu sudah cukup. Susu juga sangat dibutuhkan oleh anak kucing, terutama susu dari induknya.

Nutrisi dan Makanan Kucing

Anak Kucing : Makanan dan Nutrisi

Sedang berpikir tentang memberi makan anak kucing kita? Cattery.co.id akan menyajikannya untuk kamu dan membuat tuntunan komplit untuk menjamin anak kucing kamu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan pada tahun pertama. Akan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!