Cara Membuat Kucing Tetap Bahagia ketika Kita Tinggal Pergi
31/08/2016 9859 Views

Cara Membuat Kucing Tetap Bahagia ketika Kita Tinggal Pergi

calico-250-250 kotak-250x250

Ceritanya kita mau berpergian lama, jangan-jangan kucing kita cuma bersembunyi dibawah karpet rumah seharian, bahkan pup disana…

Mitos lama bahwa kucing adalah hewan penyendiri memang masih ada, padahal faktanya adalah mereka makhluk sosial dan memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Kucing kita bisa sangat terikat kepada pemiliknya, yang membuat kucing bisa stress dan gelisah ketika ditinggal oleh pemiliknya.

Tanda-Tanda

catanxiety

Kita semua mengetahui, sindrom ini terjadi pada anak-anak pada manusia, pun pada anjing kesayangan, dan ternyata di dunia kucing pun demikian.

Sebagai makhluk yang sensitif, kecemasan kucing bisa diekspresikan baik dengan cara halus ataupun tidak halus. Hingga kita merasa bahwa si mpus sedang “menghukum” kita karena ditinggal pergi, padahal tingkahnya hanyalah dalam rangka mencari ketenangan, mencari kenyamanan, selama ditinggal kita pergi.

Tanda atau ciri kucing yang akan cemas ketika ditinggal pemiliknya adalah, kucing yang sehari-harinya mengikuti pemiliknya ngalor-ngidul kesana kemari, dan terlihat stress kalau tidak bisa dekat-dekat dengan pemiliknya. Banyak bersuara ketika kita meninggalkan rumah, dan menyambut dengan berlebihan ketika kita pulang ke rumah.

Dalam beberapa kasus, kucing biasa pipis diluar litter box atau pup ditempat yang tidak semestinya seperti di kasur ketika ditinggal pergi. Menggaruk jendela atau pintu ketika sendirian, hingga muntah, menjilat-jilat (self grooming) berlebihan, bahkan mogok makan pun biasa dilakukan.

Mengapa?

Small white kitten being given milk with a bottle

Sangat wajar jika kucing yang kita pelihara berlaku demikian, apalagi jika riwayatnya kita pelihara dari bayi kucing yang tidak ada induknya, atau terlalu cepat lepas sapih dari induk. Kalau kucing kita hanya dibiasakan bersosialisasi dengan 1-2 orang saja, ia pasti akan panik ketika tidak ada teman dirumah, apalagi dalam waktu yang lama.

Bahkan kucing yang jarang berinteraksi dengan pemiliknya, juga bisa bermasalah ketika ditinggal sendirian dirumah. Ia bisa sangat bosan dan kesepian.

Alasan lain adalah faktor kesehatan. Bisa jadi kelakuan dari kucing kita tersebut adalah karena faktor adanya penyakit. Pemeriksaan ke dokter hewan sangat direkomendasikan.

 

Solusi

Ketika tidak ada isu tentang kesehatannya, maka berikut ini solusi supaya kucing tetap bahagia ketika ditinggal pemiliknya

  • Modifikasi Tingkah Laku

Kucing yang memiliki masalah stress ketika ditinggal pemiliknya, biasanya menjadi kecewa ketika melihat tindakan-tindakan atau barang-barang yang menunjukkan kita akan pergi. Membawa koper untuk liburan atau mengambil jaket, atau hanya sekedar mengambil kunci rumah, sudah bisa memacu kecemasan kucing yang sensitif. Coba deh untuk biasakan keluarkan koper, walau sedang tidak berpergian, atau keluarkan jaket kita. Nanti kucing akan beradaptasi, dan tidak terlalu stress ketika kita mau berpergian. Ketika ke luar rumah pun, buat pengalihan dengan makanan atau mainan sebelum diam-diam pergi dan tidak usah berlebihan ketika berpamitan sama kucingnya

uU9pX7Y

  • Stimulus Lingkungan

Ciptakan “surga” buat kucing kita, sehingga mereka bisa fun ketika sendirian dirumah. Sediakan cat tree supaya ia bisa memanjat dan melihat seisi rumah. Sibukkan dia dengan mainan bola-bola, atau makanan yang dia suka, atau sembunyikan barang-barang yang dia suka di beberapa sudut rumah. Atau hal sederhana seperti menaruh tempat makanan burung di luar jendela untuk burung-burung gereja, tentunya kucing akan senang melihat burung-burung.

catbirds

  • Musik atau TV

Jika kucing kita tidak terbiasa dengan orang lain selain pemiliknya, ia akan mudah untuk takut kepada selain pemiliknya. Undanglah sesekali catlover lainnya ke rumah, dan berikan mainan kucing padanya, untuk membiasakan kucing bersosialisasi. Butuh sedikit waktu supaya kucing mau mendekat kepada orang asing. Tapi membiasakan dengan orang lain adalah hal baik, sehingga kucing tidak begitu stres kita ditinggal lama dan diurus oleh pet-sitter.

Fatty_watching_himself_on_TV

  • CCTV

Untuk ketenangan selama berpergian, memang pemilik kucing sebaiknya memasang cctv dirumah yang bisa di akses dari handphone kapan saja dan darimana saja. Misalkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kucing mendadak sakit, atau terjadi kebakaran, agar bisa melakukan langkah antisipasi dengan cepat

  • Tempat Penitipan Hewan atau Pet Hotel

Atau jika kita tidak mau repot, dan kalau kita tinggal di kota-kota besar, tentunya mudah mencari tempat penitipan hewan. Carilah tempat penitipan hewan yang tidak dicampur antara kucing dan hewan lainnya, misalkan anjing. Karena kucing mudah stres ketika mendengar suara hewan lain. Pastikan juga kebersihan dan sterilnya tempat penitipan, juga expertise dari cat sitter-nya. Dan yang terpenting, cari pet hotel yang mudah dihubungi setiap saat untuk menanyakan kabar tentang kucing kesayangan kita disana.

cathotel
contoh pet hotel yang ada di Jakarta

So catlover, sudah tidak ragu lagi dong untuk berpergian lama meninggalkan rumah 😉

^SR4

 

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Trik Agar si Kucing Tidak Lagi Mencakar Furniture di Rumah!

Kucing senang sekali mencakar-cakar sesuatu. Terutama mencakari sesuatu yang keras atau berserabut seperti kayu, kain dan sebagainya., karena hal itu membuat mereka senang dan lebih tenang. Mencakari sesuatu pun juga

Cara Merawat Kucing

Bahan-bahan Rumah Tangga yang Membahayakan si Kucing!

Kucing adalah hewan yang sering menjelajahi lingkungannya, terutama teritorialnya. Kita pasti sering melihat si kucing berkeliling di rumah dan selalu saja berusaha untuk menemukan dan mencoba hal baru yang ada

Cara Merawat Kucing

Hal-Hal Kecil yang Diperhatikan Ketika Membersihkan Kucing

Di balik bulu tebalnya, kucing sebenarnya mempunyai kulit yang berlipat-lipat. Selain itu banyak bagian tubuhnya yang sulit dijangkau dengan peralatan mandi alami si mpus, yaitu lidahnya. Catlovers harus memperhatikan bagian-bagian

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!