Tiga Tahap Kehidupan Kucing
21/08/2015 12665 Views

Tiga Tahap Kehidupan Kucing

Berapa umur kucing catlovers? Apakah kucing catlovers masih kecil, dewasa atau sudah senior? Kali ini cattery.co.id akan membahas tiga tahap kehidupan pada kucing. Kucing yang masih kecil, dewasa dan senior juga akan mempengaruhi perbedaan kebutuhan nutrisi, tingkat aktivitas serta perawatan dokter hewannya.

1. Kucing Usia Anak-anak

Kucing yang masih anak-anak terhitung sejak ia baru lahir hingga berusia satu tahun (sekitar umur 15 tahun jika memakai usia manusia). Pada usia ini, terutama pada enam minggu pertama adalah pertumbuhan tercepat dalam kehidupan kucing. Pertumbuhan yang cepat ini tentu memerlukan makanan yang terbaik, oleh karena itu selalu berikan makanan kucing khusus untuk kitten, karena makanan ini telah didesain sesuai kebutuhan nutrisi anak kucing. Pada tahap ini juga dibutuhkan perawatan kesehatan serta latihan yang optimal karena akan berpengaruh pada kehidupan kucing pada tahap selanjutnya.

Pada tahap ini adalah saat dimana si kucing akan mengunjungi dokter hewan untuk pertama kali. Jika kita memiliki kucing lainnya di rumah, sebaiknya isolasi si anak kucing hingga ia ke dokter hewan untuk diberikan vaksin pertama. Dokter hewan kita akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh terhadap si anak kucing. Selain itu, kemungkinan kucing kita akan dicek melalui uji laboratorium serta akan menadapatkan vaksin yang pertama.

calico-250-250 kotak-250x250

cat-years

2. Kucing Usia Dewasa

Kucing akan menginjak usia dewasa sejak umur satu tahun hingga sekitar 10 tahun. Pada tahap kehidupan ini, pertumbuhan kucing akan melambat, dan tingkat aktivitas kucing akan menurun menjelang akhir tahap kehidupan ini. Makanan yang bernutrisi sangat dibutuhkan oleh kucing dewasa, dorong kucing kita untuk berlatih dengan menggunakan maianan interaktif, serta rawat lah si kucing dengan rutin akan membuat kucing tetap sehat pada usia dewasa.

Pada tahap kedua kehidupan kucing ini adalah saat kucing berusia dewasa, atau yang dikenal sebagai “tahun perawatan”. Pertumbuhan kucing akan melambat dan berhenti pada periode ini, ukuran dan berat badan kucing akan mulai stabil, namun tanggung jawab kita terhadap kucing bukan berarti akan berhenti. Tahun-tahun ini sangat penting karena pada tahap ini si kucing akan berada dalam kondisi yang optimal, namun juga beberapa penyakit akan mulai mengintai kucing kita, seperti feline diabetes, arthritis, atau penyakit jantung.

Kucing dewasa juga harus diperiksa ke dokter hewan setiap tahunnya untuk cek kesehatan, dan juga untuk menerima vaksin tambahan. Selain itu penting bagi kita selalu memeriksa kucing untuk melihat potensial masalah, seperti benjolan, ear mites, dan obesitas. Penting juga bagi kita untuk mengetahui kebiasaan kucing dan memperhatikan jika ada perubahan kebiasaan pada kucing. Ada beberapa penyakit yang mulai mengincar kucing usia dewasa seperti:

Pincang atau berjalan lambat ketika naik tangga dapat menjadi gejala penyakit, arthritis atau cedera. Selanjutnya ada perubahan kebiasaan pada kucing seperti pipis di luar litter box, itu bisa jadi merupakan tanda adanya penyumbatan saluran kemih atau Feline Lower Urinary Tract Disease. Masalah lain seperti diare, sulit makan, atau sembelit juga kemungkinan akan terjadi pada kucing kita.

MCS-Feline+Life+Stage

3. Kucing Usia Senior

Kucing akan masuk tahap kehidupan senior ketika ia telah mencapai umur 10 tahun, atau bahkan lebih cepat lagi di umur 8 tahun. Ketika kucing berusia senior, ia akan menjadi rentan terhadap berbagai penyakit, sama seperti manusia yang akan semakin rentan terhadap penyakit ketika tua. Mengunjungi dokter hewan menjadi sangat penting, untuk mendeteksi gejala awal dari penyakit yang akan mengincar kucing usia senior. Kucing usia senior membutuhkan perawatan lebih ekstra karena kondisi kesehatannya juga semakin menurun. Setidaknya kita harus membawa kucing ke dokter hewan minimal dua kali setahun untuk memeriksa kucing kita.

Itu adalah penjelasan dari cattery.co.id tentang tiga tahap kehidupan pada kucing. Ketiga tahap kehidupan tersebut tentu memerlukan perawatan yang berbeda pula. Semoga informasi ini bermanfaat bagi catlovers. Selalu sayangi kucing kita ya!

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Memilih Dokter Hewan

Jangan menunggu keadaan darurat untuk membawa kucing kamu pergi ke dokter hewan. Sebaiknya persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum membawa kucing sebagai peliharaan baru (tips persiapannya cattery.co.id ulas disini). Jika kamu mendapatkan

Cara Merawat Kucing

5 Hal yang Mungkin Membuat Kucing Stres Tanpa Kita Sadari

Banyak orang yang seringkali tidak menyadari dampak tindakan mereka terhadap hewan peliharaanya, entah tindakan baik atau buruk. Cattery.co.id yakin bahwa sebagian catlovers tidak sengaja membuat kucingnya menjadi cemas atau stres.

Cara Merawat Kucing

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Kucing Sakit? (Bag 1)

Pernakah catlovers menyadari bahwa kucingnya sedang sakit? Apa tanda-tanda jika kucing kita sedang sakit? Pada artikel kali ini Cattery.co.id akan membahas bagaimana mengetahui bahwa kucing kita sedang sakit (bagian 1)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!