Tersisa 100 ekor, Florida Panther Diambang Kepunahan!
03/08/2015 1164 Views

Tersisa 100 ekor, Florida Panther Diambang Kepunahan!

Siapa diantara catlovers yang tidak mengenal Florida Panther? Florida Panther adalah hewan terancam punah yang merupakan subspesies dari Cougar (yang dikenal dengan Puma atau Singa Gunung). Hewan ini hidup di hutan dan rawa-rawa bagian selatan Florida di Amerika Serikat.

Penutupan bulan Juli 2015 kemarin, publik dikembali dikejutkan oleh kematian Florida Panther yang yang tertabrak oleh pengendara mobil di Collier County, Florida. Hingga bulan Juli, sedikitnya 17 ekor Florida Panther mati akibat tertabrak kendaraan pada tahun ini. Akibatnya adalah perkiraan populasi Florida Panther hanya tersisa 100 hingga 180 ekor, pengendara di Florida telah membuat populasi kucing ini berkurang 10 persen hanya dalam tujuh bulan!

imrs.php

Pada tahun lalu, pengendara di FLorida diperkirakan telah menabrak mati 24 ekor Florida Panther, berdasarkan laporan Florida Fish & Wildlife Conservation Commission. Tabrakan dengan mobil menjadi penyebab nomor 1 kematian panther, atau sekitar dua pertiga dari total semua kematian Florida Panther setiap tahunnya, dan angka ini terus meningkat.

calico-250-250 kotak-250x250

Namun yang disayangkan Komisi Konservasi Florida tidak terlalu khawatir tentang penurunan populasi Florida Panther secara drastis. Bahkan Komisi ini sedang mempertimbangkan untuk menyutujui proposal membangun peternakan sapi di tengah-tengah wilayah konservasi.

Berdasarkan undang-undang federal, setidaknya diperlukan tiga populasi panther yang sehat yang masing-masing populasi terdapat 240 individu untuk menurunkan status Florida Panther dari terancam punah. Namun hingga saat ini hanya terdapat satu populasi yang berisi antara 100-180 ekor, sangat jauh dari target pemerintah. Kesulitan untuk membangun dua populasi tambahan ini lah yang menjadi alasan utama mengapa pemerintah ingin menyerah.

B9316652228Z.1_20150319180315_001_GV5A8QNQC.1-0

Reaksi publik sangat keras terhadap usulan pembangunan peternakan di dalam wilayah konservasi Florida Panter. Bahkan proposal tersebut mengatakan bahwa populasi Florida Panther telah “melebihi daya dukung”, klaim tersebut ditertawakan oleh para ilmuwan. Salah satunya adalah seorang biologist panther, Darryl Land, yang menyatakan, “tidak ada ilmu yang mendukung klaim pernyataan ‘melebihi daya dukung'”.

Peternak yang merancang proposal tersebut adalah Liesa Priddy, proposal ini diangkat ke Komisi Konservasi oleh Partai Republik. Priddy mengatakan bahwa peternakannya telah kehilangan 10 sapi akibat Florida Panther dalam beberapa tahun, dengan masing-masing sapi bernilai sekitar $1.000. Namun ia menyatakan bahwa tidak ada konflik kepentingan dalam proposalnya untuk meninjau kembali status perlindungan panther. “Saya tidak melihat apapun dalam rancangan kebijakan ini yang akan menguntungkan saya secara pribadi”, katanya pada Times.

Peternakan Priddy sendiri memiliki sekitar 400 ekor sapi, dan itu adalah dua kali total populasi Florida Panther di negara bagian Florida. Namun sayangnya, Priddy dan Komisi Konservasi mengusulkan untuk menghilangkan status konservasi Florida Panther dari negara federal. Beberapa anggota Komisi bahkan menyarankan bahwa populasi florida panther sudah terlalu tinggi dan perlu dikurangi. “Kami tidak mengatakan untuk memburu, namun kita mungkin harus mengeuthanasia hewan ini dari waktu ke waktu”, kata Nick Wiley, Direktur Komisi pada Wall Street Journal.

FloridaPanther463

Sepertinya tidak ada upaya untuk memulihkan populasi Florida Panther yang sudah berada diujung ambang kepunahan. Ditambah dengan puluhan Florida Panther yang mati akibat tertabrak mobil setiap tahunnya, tentu ini waktu yang sangat aneh untuk menurunkan proteksi perlindungan Florida Panther. Sepertinya hewan resmi negara bagian Florida ini akan benar-benar punah tidak lama lagi.

Keadaan di Florida ini tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, berbagai populasi kucing liar di Indonesia terus menurun jumlahnya. Sebagai contohnya adalah Harimau Sumatera, Macan Tutul Jawa, dan masih banyak lagi. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran bagi Indonesia untuk tetap melindungi hewan-hewan langka yang terancam punah.

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Seorang Bocah Melindungi Induk Kucing dan Bayinya dari Badai Topan

Kumpulan foto ini keren banget. Seorang bocah terlihat sedang melindungi kucing dari hujan lebat setelah badai topan yang melanda Manila. Tampaknya kucing yang diselamatkan baru saja melahirkan, karena dibalik perutnya

Cat News

Romeo dan Juliet : Persahabatan Kucing dan Anjing yang Menyentuh!

Kucing dan anjing. Ya itu ibarat air dan api, mereka sama memiliki sifat yang masing-masing bertolak belakang dan pastinya menjadi kiasan untuk banyak orang yang saling tidak menyukai satu sama

Cat News

Sepasang Pengantin Kanada Merayakan Pernikahannya Bersama Ribuan Kucing!

Apa yang ingin catlovers lakukan untuk merayakan hari pernikahan? Sepasang pengantin dari Kanada ini memiliki cara yang unik untuk merayakan hari pernikahannya. Yups, pasangan pengantin ini memutuskan untuk membagi hari

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!