Ternyata Tidur Bersama si Kucing Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Kita!
20/12/2015 15222 Views

Ternyata Tidur Bersama si Kucing Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Kita!

Hallo catlovers! Apa kabar catlovers dan si kucing hari ini? Pasti selalu baik dan tetap bersemangat bukan? Tapi sebesar apapun semangat kita, jangan pernah kita melupakan satu hal penting yang seringkali dianggap remeh oleh orang-orang zaman modern ini : waktu istirahat! Mungkin kita bekerja seharian penuh setiap hari sehingga waktu untuk beristirahat kita kurang terkontrol dan tidak berkualitas. Belum lagi disaat kita sampai dirumah, masih ada pekerjaan lembur yang harus kita kerjakan dirumah sehingga kita diharuskan untuk terpaku ke layar laptop kita untuk menyelasaikan sisa pekerjaan tadi. Tetapi, janganlah kita pernah memforsir tenaga kita untuk hal yang pada akhirnya merubah pola tidur kita nih catlovers! Karena kurang istirahat merupakan ‘pintu’ berbagai macam penyakit untuk masuk ke dalam tubuh kita. Jadi, luangkanlah waktu yang cukup (terutama pada malam hari) untuk kita tertidur hingga esok pagi. Namun, pasti seringkali si kucing yang kurang perhatian karena kita seharian lembur segera menghampiri kita keatas tempat tidur dan meminta kita untuk membagi sedikit ruang tempat tidur kita dengannya. Lalu, apakah kita merasa terganggu? Apalagi jika si kucing mengeluskan kepalanya ke badan kita, tangan kita bahkan kepala kita? Mungkin terasa aneh ya bagi catlovers yang tidak pernah membiasakan hal dimana tidur bersama si kucing, akan tetapi ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa tidur bersama hewan peliharaan (terutama kucing) sangat berpotensi untuk meningkatkan kualitas dan relaksasi tubuh kita. Tidak percaya dan penasaran? Baca terus cattery.co.id ya!

s56XpmLTidur bersama si kucing dapat meningkatkan kualitas tidur kita? Benarkan itu?

Sebuah survey yang akhir-akhir ini baru saja dilakukan oleh sebuah klinik khusus di Arizona yang dinamakan Center of Sleep Medicine, Mayo Clinic, Scottsdale mengindikasikan bahwa orang-orang yang membagi (bahkan yang selalu) membagi ruang kasur mereka dengan hewan peliharaannya menyatakan bahwa mereka merasa aman, nyaman dan lebih rileks dibanding tidur sendirian. Para peneliti memberikan kuesioner kepada 150 partisipan (orang-orang yang menjadi sampel penelitian) perihal “Bagaimanakah kualitas tidur anda? Apakah anda merasa rileks? Apa yang dapat membuat anda rileks disaat tertidur pada malam hari?”. Lalu 56% dari partisipan penelitian tadi merupakan orang yang memelihara hewan dirumahnya (kebanyakan dari mereka memelihara kucing dan anjing). Diantara partisipan yang memelihara hewan peliharaan dan tidur bersama hewan peliharaannya tadi, 41%-nya menjawab bahwasannya tidur ditemani hewan peliharaan (kucing dan anjing) pada saat tidur dapat membantu mereka memiliki kualitas dan relaksasi tidur yang jauh lebih baik dan juga sama sekali tidak merasa terganggu dengan keberadaan hewan peliharaannya. Lalu hanya sekitar <20% partisipan yang merasa bahwa hewan peliharaan mereka seringkali mengganggu tidur mereka dengan dengkurannya yang keras, pipis diatas kasur dan terus bergerak.

Download_on_1-05-08_07541% dari partisipan yang memiliki hewan peliharaan mengaku bahwa tidur bersama hewan peliharaannya sangat membuat mereka  lebih nyaman dan rileks.

calico-250-250 kotak-250x250

Namun hasil studi dari Center of Sleep Medicine, Mayo Clinic tadi justru sangat bersifat kontradiktif dengan hasil penelitian sebelumnya (yang dilakukan juga oleh klinik yang sama) yang mengindikasikan bahwa hean peliharaan lebih sering untuk menginterfensi (mengganggu) waktu istirahat para pemelihara mereka. Tahun lalu lebih tepatnya, Mayo Clinic melaporkan sebagian dari pasien yang seringkali konsultasi pada klinik khusus permasalahan kualitas tidur (sleep clinic) mayoritasnya adalah pemelihara hewan dirumahnya yang selalu mengeluh perihal seringkali terbangun karena anjing atau kucing mereka pada tengah malam.

top-10-positions-to-sleep-with-your-human-6__880Tapi penelitian sebelumnya dari Mayo Clinic menyatakan bahwasannya orang-orang yang tidur bersama hewan peliharaannya lebih merasa terganggu

Dilihat dari penelitian Mayo Clinic baru-baru ini perihal yang sama telah diambil juga kesimpulan lain. “Diantara partisipan penelitian kami, mereka yang mengatakan bahwasannya mereka merasakan keamanan, kenyamanan dan relaksasi yang lebih disaat ditemani kucing atau anjing pada saat tidur merupakan orang-orang yang single atau orang-orang yang memiliki pasangan hanya saja pasangannya tidak setiap hari dirumah. Banyak diantara pemelihara hewan tadi yang menganggap para kucing ataupun anjing mereka sebagai salah satu anggota keluarga dan sebisa mungkin memasukkan kucing atau anjing tadi semakin dalam pada tiap aspek kehidupan mereka” tukas ketua penelitian dari Mayo Clinic. “Seorang wanita (sudah menikah) yang juga menjadi salah satu partisipan kami dalam penelitian ini mengatakan bahwasannya ia merasa sangat nyaman disaat kucingnya tidur diatas dadanya pada saat ia tertidur dimalam hari” Tambahnya.

Cat-sits-on-or-near-you-Thinkstock-E013757-1-590lc103112Sangat kontradiktif memang perihal orang yang merasa nyaman dengan kucingnya tertidur bersamanya dengan orang yang malah merasa terganggu dan itu kembali kepada kebiasaan.

Sebuah hasil dari satu penelitian pada iflscience.com menyatakan hal ini dalam sebuah observasi: “Disamping fakta jelas bahwasannya kucing kita menuruni personality dari seekor singa (ini mengapa kucing sering disebut singa kecil) dan secara esensial mereka adalah hewan yang soliter, sebenarnya mereka adalah hewan yang sangat peduli kepada lingkungan sekitarnya, apalagi jika ia telah mengenal kita sebagai pemeliharanya. Kucing yang memiliki pribadi bermacam-macam tadi pasti dapat seringkali menjadi kucing yang pemalas, akan tetapi jangan salah, disaat inilah ia sangat memperhatikan kita karena pada saat ia tertidur disebelah kita yang juga sedang beristirahat, pada saat inilah ia sedang mentransfer mimpi-mimpi indah dan juga dimensi lain yang sangat nyaman adanya!”

cat-beautiful-cute-vintage-bed-sweet-amazing-sleep-photo-photography-favim-com-461770Kucing akan mentransferkan mimpi yang unik disaat ia tertidur disamping kita – iflscience.com

Jadi, meskipun hasil dari penelitian Center of Sleep Medicine, Mayo Clinic tadi masih sedikit membingungkan karena sangat kontradiktif dengan hasil penelitian yang mereka lakukan juga pada tahun sebelumnya, kami membuat sedikit kesimpulan nih untuk catlovers. Mungkin memang, jika tidak terbiasa tertidur pada saat si kucing sedang ada disebelah kita, hal itu akan sedikit menngganggu karena kendala bulu atau bahkan si kucing yang mendadak buang air kecil diatas kasur. Akan tetapi hal itu juga kembali kepada bagaimana kita merawat dan mengajarkan si kucing selama kita memeliharanya. Seandainya kita sering membawa si kucing ke petshop dan veterinary untuk di grooming atau diberi vitamin bulu, pasti kita tidak akan merasakan kendala bulu pada saat si kucing tertidur disamping kita. Lalu apabila si kucing mendadak buang air kecil diatas kasur disaat kita tertidur bersama si kucing, koreksi lagi diri kita, apakah kita telah mengajarkan si kucing perihal toilet-training atau penggunaan litter-box? So, sepertinya tidak ada salahnya kita terkadang membiarkan si kucing tidur di kasur kita, toh sebenarnya disaat ia mendengkur, itu juga dapat menjadi terapi kesahatan buat kita loh catlovers!

Cats waking up their owners!

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Dengan Aplikasi dan Gadget ini, Si Kucing Juga Bisa ‘Kekinian’!

Hallo catlovers! Apa kabarnya nih catlovers dan si kucing? Cattery.co.id mengharapkan catlovers dan juga si kucing dirumah selalu dalam keadaan terbaik! Hari ini kita akan membahas beberapa aplikasi yang bisa

Dunia Kucing

Kucing dan Catnip Ajaib

Kucing dan catnip, apa rahasia sebenarnya yang terjadi? Nama ilmiah dari catnip adalah Nepeta cataria, dan merupakan anggota dari family mint. Tanaman ini termasuk dalam family Lamiaceae, jenis tanaman yang

Dunia Kucing

Video Kucing: Mpus vs Mentimun

Kucing dan Mentimun? Kata siapa kedua benda ini tidak bisa menghibur? Dalam video kucing tersebut terlihat sangat kaget ketika ia melihat mentimun. Saking kagetnya si kucing, akhirnya ia melompat ke

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!