Ternyata Kucing Bisa Tidur Hingga 20 Jam dalam Sehari!
31/07/2015 9839 Views

Ternyata Kucing Bisa Tidur Hingga 20 Jam dalam Sehari!

Catlovers pasti punya jadwal dan waktu tidur yang teratur bukan? Seperti tidur di malam hari dari jam 10 malam hingga jam 4 atau 5 pagi dan memulai aktivitas. Bahkan tidur terlama kita pun tidak akan lebih dari 10 jam dalam 1 hari. Tapi, apa manusia dapat tidur 15 jam hingga 20 jam tiap harinya? Wah sepertinya tidak mungkin! Lain hal-nya dengan si kucing, kucing tidur selama 15 hingga 20 jam per-hari!! Wow, durasi yang sangat lama bukan? Jika kita menyadarinya, kucing memang mamalia yang waktu tidurnya sangat lama. Tetapi apa ya sebabnya? Cattery.co.id akan mencoba untuk mengulasnya.

 Manusia memiliki waktu tidur yang sangat tertata

Kucing, mamalia yang sering dipelihara oleh manusia ini memang memiliki waktu tidur yang sangat lama. Apa itu mengindikasikan kalau kucing itu hewan pemalas? Tidak bersemangat? Tidak! Tetapi itu dikarenakan saat kucing tidur memang membutuhkan quality time. Hal ini sangat menyangkut kesehatan dan keaktifan insting si kucing disaat ia bangun dari tidurnya.

 

calico-250-250 kotak-250x250

2-horz

Waktu tidur si kucing sangat mempengaruhi keaktifannya disaat ia beraktivitas

Dalam fase hidupnya, kucing memiliki durasi tidur yang berbeda-beda loh catlovers. Seperti kucing yang baru lahir, mereka akan tidur hampir sepanjang hari selama seminggu hingga 2 minggu pertama. Disaat umurnya masih dibawah 1 tahun, waktu tidurnya akan mulai teratur, tetapi masih lebih lama dibanding kucing dewasa. Disaat kucing menginjak fase dewasa jadwal tidurnya mulai optimal begitu pula dengan keaktifannya. Nah disaat sudah diatas umur 7 tahun waktu tidurnya akan mulai kembali seperti disaat ia masih kecil, keaktifannya pun mulai berkurang.

 

3-horzTiap fase hidupnya kucing memilki durasi tidur yang berbeda-beda

 

Kucing juga termasuk hewan krepuskural, yakni hewan yang aktif disaat remang-remang (dini hari dan senja hari) karena mereka menandai waktu awal aktivitas mereka dari pancaran sinar matahari. Apa ini berarti kucing termasuk hewan nokturnal? Tidak. Karena rata-rata kucing tertidur di malam hari. Meskipun ada kucing yang mencari mangsa di malam hari, itu hanya disaat bulan purnama bersinar terang.

 

4-horzKucing sangat aktif pada waktu senja dan dini hari

 

Kucing tidur sangat lama juga karena ia menghemat tenaganya untuk berburu dan bermain. Kucing yang selalu sigap disaat ia bangun adalah kucing yang sehat dan memiliki waktu tidur yang cukup, jadi jangan terlalu sering membuat ia terbangun dan memaksanya bermain ya catlovers. Ini dapat menyebabkan waktu tidur si kucing terganggu dan pastinya melemahkan insting si kucing, seperti halnya kucing yang terantuk / terbentur benda didepannya disaat ia berlari. Ini dikarenakan sensor dan insting kucing yang melemah.

 

5Waktu tidur sangat mempengaruhi sensor dan insting kucing disaat terbangun

 

Alasan terkuat lain kenapa kucing sering tertidur atau memiliki durasi tidur yang lama adalah karena mereka merasa bosan dengan aktivitasnya ataupun karena tidak berinteraksi dengan kucing lain dan majikannya (sering terjadi pada kucing peliharaan). Kucing yang tidak sering berinteraksi akan menghabiskan waktunya dengan tertidur dalam waktu yang lama dan menjadi kucing yang pasif, maka kita sebagai pemelihara juga tetap harus mengajak mereka berinteraksi dalam waktu yang teratur dan secukupnya ya catlovers!

 

6Kucing membutuhkan quality-time dalam tidurnya

 

Meskipun tertidur dalam waktu yang lama, kucing tetap dalam mode siaga, dimana ia akan langsung terbangun jika ada sesuatu yang asing didekatnya. Pasti catlovers pernah kan melihat kuping dan hidung si kucing tetap bergerak disaat ia tertidur? Disaat inilah si kucing sedang siaga dan tetap membaca keadaan sekitarnya. Si kucing juga menandakan tempat ia tertidur sebgai tempat teraman untuk ia beristirahat dari gangguan hewan lain yang tidak diharapkan.

 

7Kucing akan tetap siaga dalam tidurnya

 

Tetapi, ada kalanya juga si kucing sangat terlelap dalam tidurnya hingga bermimpi! Ini dapat diindikasikan disaat si kucing tertidur dan membuat tubuhnya seperti lingkaran dan buntutnya ia peluk hingga menutupi wajahnya. Disaat ini kadang si kucing menggerakan cakarnya dan sesekali meregangkan tubuhnya, itu tidak berarti si kucing mengalami step tetapi si kucing sedang bermimpi atau mengigau. Wah seperti manusia saja ya??

 

8Kucing dapat bermimpi dan mengigau layaknya manusia

Nah, meskipun kucing memiliki waktu tidur yang lama, kita juga harus peka terhadap kesehatan si kucing. Cukup atau tidak-nya durasi tidur si kucing sangat berpengaruh dengan kesehatannya. Kucing yang tidak cukup tidur dan mulai merubah pola tidurnya dapat diindikasikan sebagai kucing yang tidak sehat dan akan terjadi ketidakseimbangan metabolisme tubuh. Begitu juga untuk si kucing yang tertidur melebihi waktu tidur kucing yang normal (pada fase muda – dewasa). Ini dapat mengindikasikan si kucing mulai pasif dan mengalami obesitas, karena kucing yang berbadan berat akan menjadi malas bergerak dan memilih untuk tertidur. Maka dari itu kita harus mengajaknya bermain, memberinya makan dan memberi waktu tidur yang cukup ya catlovers.

 

9Kita harus teratur mengajaknya bermain dan membiarkannya beristirahat

 

Well, kucing memang memiliki waktu tidur yang lama, tetapi disaat mereka terbangun, mereka akan memanfaatkan waktu itu sebaik-baiknya. Bagaimana dengan catlovers, berapa lama waktu tidurnya?

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Ternyata si Kucing Tahu Lho Bagaimana Perasaan Kita!

Kala kita bermain dengan si kucing, pasti kita selalu merasakan kesenangan dan kebahagiaan yang tiada tara, dan begitu pula si kucing. Disaat kita mengelusnya dengan penuh kasih sayang, si kucing

Dunia Kucing

10 Cara si Kucing ‘bermain’ dengan Kardus Kesayangannya!

Hallo catlovers! Tidak bosan-bosannya kami mengharapkan seluruh catlovers dan juga seluruh kucing peliharaan di rumah dalam keadaan sehat dan selalu bahagia. Nah, pasti catlovers selalu mengusahakan yang terbaik agar terus

Dunia Kucing

Kisah Sukses Milia Bell yang Berbagi Kebahagiaan Untuk Kucing di Seluruh Dunia!

Hallo catlovers, kembali lagi bersama cattery.co.id yang akan selalu memberikan info terhangat seputar kucing dan meliputi : kesehatan, perawatan, kebersihan, hiburan dan kisah memotivasi. Seperti kali ini cattery.co.id membawahakan kisah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!