Ternyata Kemampuan Bertahan Hidup Kucing Lebih Baik Dibanding Anjing
17/08/2015 3755 Views

Ternyata Kemampuan Bertahan Hidup Kucing Lebih Baik Dibanding Anjing

Kucing adalah hewan yang sangat menggemaskan dan lucu. Sedangkan anjing adalah hewan yang gagah dan terkesan galak. Karena itu banyak orang menganggap kalau anjing lebih baik dan memiliki kemampuan bertahan hidup lebih hebat daripada kucing. Tetapi, apa benar bahwa anjing lebih baik dan hebat dalam bertahan hidup daripada kucing? Cattery.co.id menemukan jawabannya nih catlovers. Dari beberapa penelitian, kucing ternyata lebih baik dalam bertahan hidup daripada anjing lho. Penasaran karena apa? Ayo terus scroll kebawah!

Penyuka anjing dan kucing mungkin selalu memperdebatkan mana yang lebih baik diantara hewan perliharaan mereka sejak dulu. Anjing memang memiliki postur tubuh yang besar, gigi tajam yang lebih besar sekaligus gonggongan yang sangat besar pula. Tetapi, hal ini tidak membuat mereka lebih baik daripada kucing dan hal ini telah diteliti oleh ilmuwan yang sudah sejak lama meneliti tentang kucing dan anjing.

Dog and Cat above white bannerKucing lebih baik dari kucing? Benarkah?

Penelitian terakhir oleh tim peneliti dari beberapa universitas seperti Lausenne, Gothenburg dan Sao Paulo telah menyimpulkan bahwa sejak ratusan tahun silam kucing telah berhasil membuktikan bahwa mereka lebih baik dari anjing. Ini dikarenakan seluruh spesies kucing dapat tetap hidup dan terus berketurunan hingga saat ini dimana 40 spesies anjing telah punah seiring dengan hal itu. Hal ini dibuktikan dengan hasi penelitian mereka dari 2000 fosil kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

MSU_V2P1a_-_Vulpes,_Nyctereutes,_Cuon_&_Canis_skullsBeberapa bentuk fosil bagian kepala beberapa spesies kucing zaman purba termasuk kucing canid (canis)

Hal ini menguatkan bahwa sekurang-kurangnya 40 spesies anjing telah punah karena tidak dapat bertahan hidup dan “kalah” dalam berkompetisi dengan para kucing dimasa lalu dalam mencari mangsa. Seperti kita tahu, zaman dahulu daratan belum terpisah satu dengan yang lainnya seperti sekarang. Otomatis hal itu juga membuat tiap binatang mencari makan di daratan dan teritorial yang sama, termasuk kasta teratas dari klasifikasi binatang yakni karnivora.

isolated-catKucing termasuk hewan karnivora yang paling efektif dibanding anjing

Kucing dan anjing termasuk hewan karnivora karena mereka adalah hewan pemakan daging dan itu membuat mereka harus berburu mangsa yang sama. Dalam kompetisi berburu ini pasti kita berpikir bahwa anjing yang menguasai dan menjadi ketua dari rantai makanan saat itu karena fisiknya yaang mendukung, ternyata tidak. Kucing adalah satu-satunya yang berhasil dalam hal ini dan dianggap sebagai pemangsa yang efektif dibanding anjing. Jadi, kucing secara tidak langsung mengalahkan anjing dan menghapuskan 40 spesies anjing dengan membuat mereka tidak mendapatkan hewan mangsaannya. Hebat bukan?

wolfAnjing serigala dipercaya sangat cepat dalam mengejar hewan buruannya, tetapi tidak dalam teknik berburu

Meskipun anjing serigala dimasa itu sangat dipercaya sebagai salah satu karnivora yang sangat efektif dan dianggap mesin pembunuh karena kecepatan mereka yang sangat cepat disaat berlari mengejar hewan buruannya. Tetapi penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti tadi juga menyimpulkan bahwa anjing serigala dan spesies-spesies anjing dimasa itu tidak dapat menyaingi kucing canid dalam teknik berburu mangsa, sehingga karena itu pula 40 spesies anjing tadi tidak dapat bertahan hidup hingga sekarang.

tara-hero-cat-makes-ceremonial-baseball-pitchKucing mungkin terlihat tidak berdaya secara fisik, tetapi hal itu tidaklah benar

“kami selalu menganggap bahwa iklim adalah faktor utama yang berpengaruh terhadap eksistensi mereka (anjing dan kucing), ternyata itu salah. Kompetisi antara hewan karnivora dalam berburu mangsa adalah faktor yang paling berpengaruh daripada itu” tukas ketua tim peneliti Daniele Silvestro dari Universitiy of Gothensburg, Swedia.

darkpadslightpawCakar kucing merupakan senjata terampuh untuk meruntuhkan mangsanya, dan ini juga merupakan alasan mengapa kucing dapat lebih efektif dalam berburu mangsa

Menariknya, anggapan orang bahwa kucing adalah karnivora terlemah terbantah dengan adanya penelitian ini. Dan secara jelas ini membuktikan bahwa kucing adalah predator yang lebih mampu bertahan hidup dibanding anjing.

So, sudah jelas bahwa kucing lebih baik daripada anjing dalam bertahan hidup ya catlovers. Jangan lagi kita berfikir bahwa kucing hanyalah hewan menggemaskan dan lucu, ternyata mereka juga hewan yang kuat dan survivor sejati sejak dulu. Instingnya sebagai hewan pemburu selalu tertanam dalam benak mereka sehingga mereka pasti akan bergerak disaat dibutuhkan. Silent but deadly!

 

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

3 Cara yang Bermanfaat dikala Mengenang si Kucing yang Telah Tiada

Kucing yang selalu menemani kita di setiap harinya pasti tidak pernah kita inginkan sedikitpun untuk meninggalkan sisi kita. Dirinya yang sangat menggemaskan dan lucu itu pasti tidak akan mudah untuk

Dunia Kucing

10 Kemiripan Antara Kucing Besar dengan Kucing Domestik yang Ada di Rumah

Mungkin bagi kita agak sulit membandingkan kucing liar yang berukuran besar sedang memburu mangsanya di hutan atau padang rumput dengan teman berbulu kecil kita yang senang duduk di keyboard laptop,

Dunia Kucing

Kenapa Kucing Peliharaan Tidak Bisa Mengaum?

Hallo catlovers! Bagaimana kabar catlovers dan si kucing hari ini? Semoga saja terus sehat, semangat dan juga senang ya setiap waktunya! Lalu, kali ini kami seperti biasa akan memberikan artikel

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!