Teritori Kucing dan Cara Mereka Menandainya
30/11/2016 377 Views

Teritori Kucing dan Cara Mereka Menandainya

Kucing secara insting akan membuat tanda di furnitur, pohon dan benda-benda di sekelilingnya dengan cakar atau urinnya untuk menandai daerah “kekuasaan”. Dalam daerah inilah kucing merasa paling aman dan berkuasa. Tidak boleh ada kucing lain yang masuk ke teritorinya. Perilaku ini sangat umum terlihat pada kucing jantan yang tidak disteril.

a7f0df33f9aa4ba0be56971b2f716d9e

Warning! Trespassers will be meowed!

Dalam teritori kekuasaan seekor kucing, instingnya mengatakan bahwa semua hewan buruan adalah miliknya sendiri. Tujuannya adalah kepastian adanya makanan yang cukup karena semua mangsa di teritorinya adalah hak si kucing penguasa. Begitu juga dengan masalah perkawinan. Semua kucing betina dalam teritori seekor mpus jantan adalah “milik” si penguasa tersebut pula. Setidaknya inilah yang diharapkan oleh si jantan. Tujuan utamanya adalah kepastian dalam mewariskan gennya kepada generasi berikutnya. Dengan ini si kucing jantan merasa “lebih yakin” bahwa gennya akan terus berlanjut karena semua mpus betina dalam teritorinya adalah calon ibu dari anaknya.

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing akan memperluas daerah teritorinya sampai 10 km. Dia juga akan dengan agresif mempertahankan posisinya pada hirarki sosial dan prioritas tertinggi untuk mendapatkan kucing betina dengan cara berkelahi ketika ada kucing lain yang menyusup ke kekuasaannya. Kucing betina yang tidak disteril juga dapat berkelahi seagresif kucing jantan saat membangun dan mempertahankan daerah kekuasaannya. Dari umur sekitar empat bulan, kucing betina akan mencari perhatian kucing jantan sekitarnya sehingga membuatnya hamil.

Teritori Kucing Peliharaan

Untuk kucing peliharaan yang sudah disteril, merekapun juga masih memiliki insting teritorial ini. Ini karena mereka masih perlu memastikan adanya makanan yang cukup untuk dirinya sendiri. Jika ada kucing lain, maka tentunya jatahnya akan berkurang. Rumah dan taman adalah titik utama daerah teritorinya.

cat_vertical_scratching jpg

*cakar cakar cakar* Si Belang was here

Kucing peliharaanmu yang tidak disteril cenderung akan memperluas daerah teritorinya dan menantang kucing-kucing di sekitar rumahmu. Anak-anak kucing yang dibesarkan bersama biasanya dapat hidup berdampingan. Tentunya kamu juga harus perhatikan jumlah kittens ini. Jika terlalu banyak kucing di rumah, maka akan menyebabkan terlalu banyak tanda teritori, sehingga para kucing bersaudara bisa menjadi gusar dan berkelahi.

Jika seekor kucing dewasa diperkenalkan ke dalam rumah yang telah memiliki kucing sebelumnya, tentunya ini memerlukan perhatian khusus. Para mpus ini perlu diperkenalkan perlahan-lahan. Mulai dari benar-benar memisahkan ruangan kucing baru dengan lainnya. Selanjutnya dengan membiasakan dengan bau tubuh satu kucing dengan lainnya. Lalu secara perlahan diperlihhatkan “penampakan” satu dengan lainnya. Sampai akhirnya dipertemukan secara langsung. Karena cukup menguras tenaga dan pikiran, bimbingan dari tenaga ahli terkadang dibutuhkan (misalkan breeder profesional). Diantara sesama kucing yang telah disteril, hak teritori diputuskan dengan kerasnya meongan, bahasa tubuh, dan cara-cara lainnya yang secara alami terbentuk tanpa kekerasan.

Spraying (Penyemprotan Urin)

Kucing menandai batasan-batasan wilayahnya dengan menyemprotkan urin yang berbau tajam. Kucing juga melakukan hal ini jika merasa ketakutan, contohnya jika ada tamu yang berkunjung ke rumahmu atau hewan asing datang ke rumah. Kucing jantan yang belum disteril biasanya sering melakukan ini. Sementara itu, walaupun tidak banyak pemeliharan kucing pemula yang tahu, kucing betina juga suka melakukan spraying ini. Ini dilakukan khususnya ketika mereka kepanasan. Kucing yang telah disteril juga menyemprot, tetapi baunya biasanya tidak terlalu tajam.

cat_spraying_vertical

Dengan urin ini saya memproklamasikan bahwa pot ini adalah milik saya yang sah secara de facto dan de jure.

Pada situasi ekstrim, penandaan wilayah juga terkadang menjatuhkan kotorannya di luar litter tray. Ini bukan berarti kucingmu jorok, tetapi menandakan adanya gangguan. Tentunya kamu sebagai pemiliknya harus menyelidiki penyebabnya. Kucing yang terlalu sering menandai teritori biasanya ada sesuatu. Pemilik yang bijaksana akan meminta pendapat dokter hewan. Jika perilaku tersebut berlanjut kamu akan dirujuk kepada ahli perilaku hewan.

Efek Sterilisasi

Sterilisasi akan menurunkan secara drastis desakan kucing untuk menandakan teritorinya. Wilayah teritorinya menjadi terbatas pada area rumah dan si mpus merasa tidak perlu memperluas daerah ini, misalnya ke rumah tetanggamu.

Pada kucing yang sudah disteril, organ yang memproduksi hormon seksual (testis) diangkat. Proses ini idealnya dimulai dari umur empat bulan dengan bius . Tidak dibutuhkan jahitan, dan proses penyembuhan berlangsung selama 24 jam, dan tidak ada efek trauma pada kucing. Dalam jangka panjang, perilaku seksual dan berburunya berubah. Kucing betina disteril dengan mengangkat ovarium dan uterusnya jadi tidak akan hamil. Kucing betina tidak lagi merasa birahi atau berusaha menarik perhatian kucing jantan lokal. Operasi ini idealnya dilakukan mulai umur empat atau lima bulan. Saat kucing tersadar dari pengaruh obat biusnya, mereka akan baik-baik saja. Jangka panjangnya, kucing betina akan lebih bersahabat dan tenang. Hewan yang telah disteril akan merubah pola makannya menjadi lebih efisien dan perilakunya menjadi kurang aktif. Mereka juga akan terlihat gemuk

Semoga catlovers bisa lebih memahami tentang kucingmu ketika dia suka mencakar furnitur atau spraying. Ini semuanya karena si mpus perlu merasa aman serta ketersediaan makanan dan pasangan terjamin. Kalau kamu menemukan kucingmu sedang melakukan ini, jangan dimarahi ya catlovers. Kamu bisa membeli cat scratch post dan produk pembersih urin kucing di petshop sebagai salah satu jalan keluarnya.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Posisi Kucing dan Apa Artinya

Sekarang cattery.co.id akan membahas beberapa arti dari posisi kucing. Apakah kucing catlovers merasa ketakutan, merasa senang, atau merasa marah. Hal ini cukup penting agar catlovers tidak salah mengartikan bahasa kucing

Perilaku Kucing

Cara Mengatasi Kucing yang Hobi Menggaruk Perabotan Rumah

Garuk sana, garuk sini Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ke Cattery.co.id adalah dari para pemilik kucing yang marah perihal cakar kucing yang merusak benda-benda dirumah. Mungkin dalam pikiran

Perilaku Kucing

Kenapa si Kucing Kadang Menggigit Saat Kita Mengelus Mereka?

Kucing merupakan hewan yang sangat menggemaskan sehingga kita pasti tidak melewatkan satu hari pun untuk bermain dengannya meski dalam waktu yang tidak lama. Namun, hampir dari seluruh pemelihara kucing pasti

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!