Temperatur Sebagai Pengukur Kesehatan Kucing
18/08/2015 8610 Views

Temperatur Sebagai Pengukur Kesehatan Kucing

Semua fungsi tubuh kita (seperti pencernaan, gerakan, otak, syaraf dan lainnya) merupakan hasil dari reaksi kimia yang dikendalikan oleh enzim. Untuk bekerja dengan baik, enzim harus berada pada suhu tubuh. Jika suhu tubuh terlalu tinggi atau terlalu rendah, enzim tidak akan berfungsi dengan baik, dan reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh akan berlangsung dengan lamban, atau bahkan tidak bereaksi sama sekali. Itu sebabnya suhu yang normal sangat penting bagi kesehatan.

Temperatur sebagai Pengukur Kesehatan Secara Umum

Menurut pedoman kebanyakan dokter hewan, suhu normal kucing berkisar 38 hingga 39,2 derajat celsius. Jika suhu normal kucing kita biasanya berada di angka 38 derajat, ketika suhu mereka berada di 39,2 derajat maka itu artinya ia sedang demam dan kita harus mengetahui penyebab ia demam. Apakah ia terkena infeksi? Apakah ia mengalami infeksi saluran pernapasan atas (seperti pilek, bresin, keluar air dari mata atau hidungnya)? Apakah ada gejala pembengkakan?

s16489603

calico-250-250 kotak-250x250

Di sisi lain, jika suhu normal si kucing berada di angka 39,2 derajat, maka ketika suhu badan mereka berada di 39,2 derajat artinya ia tidak terkena demam dan sangat sehat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui berapa suhu normal setiap induvidu kucing yang kita pelihara.

Temperatur Normal

Kita tidak harus menunggu si kucing sakit untuk mengukur suhu tubuhnya. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengukur suhu tubuh setiap kucing ketika ia sangat sehat. Ini dilakukan untuk menentukan berapa ‘temperatur normal’ untuk setiap individu kucing. Berikut cara untuk menentukan temperatur normal pada kucing sehat:

– Gunakan termometer digital (karena lebih akurat dan mudah dibaca), ukur temperatur kucing beberapa kali dalam sehari selama 3 atau 4 hari.
– Bukan hal yang aneh ketika terjadi sedikit perbedaan suhu ketika diukur. Hal itu biasanya tergantung pada aktivitas kucing sebelum diukur, apakah ia baru saja tidur, berlari-lari, makan dan lainnya. Perbedaan suhu biasanya bervariasi sekitar 0,5 derajat celsius.
– Jumlahkan berbagai suhu yang telah diukur lalu dibagi dengan berapa jumlah berapa kali pengukuran, maka kita akan mendapatkan suhu rata-rata kucing
– Ini adalah suhu yang akan kita gunakan sebagai ‘temperatur normal’ kucing untuk setiap individu.
– Buat lah catatan tertulis segala informasi bagi setiap kucing.

670px-Check-a-Cat's-Temperature-Step-3

Suhu Tubuh Tinggi (Demam)

Demam tidak terlalu signifikan secara medis hingga suhu tubuh kucing sekitar 1 derajat diatas normal. Berapapun diatas normal tetapi dibawah ambang batas “demam” dianggap sebagai demam ringan. Demam berfungsi sebagai salah satu bentuk pertahanan alami tubuh terhadap bakteri dan virus yang tidak bisa hidup pada suhu yang lebih tinggi. Demam ringan biasanya tidak perlu diobati, kecuali disertai dengan gejala lain yang lebih serius.

Mekanisme pertahanan alami tubuh juga bekerja lebih efisien pada suhu yang lebih tinggi. Demam adalah salah satu bagian dari suatu penyakit, biasanya tidak terlalu berbahaya kecuali adanya gejala lain seperti bersin, mata berair, lesu dan lainnya. Demam yang suhunya lebih dari 40 derajat sebaiknya segera mendapatkan perawatan medis, karena biasanya si kucing akan terkena delirium dan kejang-kejang, khususnya pada anak kucing. Jika kucing kita terserang demam, ukur lah suhu kucing sesering mungkin untuk memantau apakah demamnya meningkat, menurun atau tetap konstan.

vital-signs-e1424284739292

Suhu Tubuh Rendah

Demam bukanlah satu-satunya suhu yang menunjukkan kucing memiliki masalah kesehatan. Suhu tubuh rendah (hipotermia) juga merupakan tanda yang menandakan adanya masalah kesehatan

Anak kucing yang sakit atau yang baru lahir khususnya, beresiko untuk terkena hipotermia, bahkan di lingkungan yang hangat. hal ini terjadi seringkali karena gula darah rendah (hipoglikemia)

Faktor-faktor yang meningkatkan resiko kucing terkena hipotermia meliputi:
– Usia yang sangat muda
– Hipoglikemia (Gula Darah Rendah)
– Rendah Lemak TUbuh
– Hypothyroidism (kerusakan kelenjar tiroid)
– Penyakit Hipotalamus
– Anestesi
– Operasi
– Usia Tua

Jika kucing atau anak kucing memiliki suhu rendah, maka harus dihangatkan menggunakan sumber eksternal, seperti:
– Bantal Pemanas
– Lampu Pemanas
– Botol Air Panas

608198-582310-44

Suhu Sebagai Indikator Efektivitas Antibiotik

Demam adalah cara tubuh untuk melawan infeksi. Jika kucing kita suhunya turun. biasanya dokter hewan akan meresepkan antibiotik untuk melawan infeksi. Antibiotik ini berperan untuk melawan berbagai organisme penyebab infeksi. Antibiotik ini biasanya berhasil untuk melawan organisme penyebab infeksi, tetapi tidak selalu. Salah satu keberhasilan antibiotik dalam melawan infeksi adalah kenaikan suhu tubuh. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu memantau suhu tubuh kucing, untuk mengetahui apakah antibiotik itu berhasil atau tidak.

Jadi jika tiap kali catlovers merasa ada yang salah dengan kucingnya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengambil termometer dan mengukur suhunya. Begitupun ketika kucing sakit dan sedang dalam masa pengobatan, dengan mengukur suhu tubuh kucing sepanjang hari akan membantu kita mengevaluasi apakah obat tersebut bekerja. Mengukur suhu tubuh kucing adalah salah satu cara yang paling mudah dan murah bagi kita untuk memantau kesehatan kucing. Semoga bermanfaat ya catlovers.

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Kucing

Beberapa catlovers pasti sudah bisa membedakan jenis kelamin jantan atau betina pada kucing. Namun bagaimana membedakan jenis kelamin kucing yang baru lahir? Catlovers yang sudah berpengalaman pun terkadang terkecoh ketika

Cara Merawat Kucing

Tips untuk Kucing yang Susah Makan

Kucing adalah hewan yang moody. Termasuk dalam soal makanan. Selain karena rasa, nafsu makan kucing juga sangat dipengaruhi oleh aroma, suhu dan tekstur dari makanan. Produsen makanan hewan telah lama

Cara Merawat Kucing

Tips Memilih Kucing yang Sehat

Bagi kamu yang berencana untuk mengadopsi kucing, kamu dihadapi resiko mendapatkan kucing sakit. Seekor anak kucing yang diadopsi dari breeder yang bertanggung jawab biasanya telah diberikan vaksin pencegahan flu, infeksi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!