Susah mana, breeeding ras Persia atau Exotic
15/01/2017 6859 Views

Susah mana, breeeding ras Persia atau Exotic

Hai Catlovers bagi kamu yang masih penasaran mengenai pengetahuan ataupun yang mau melakukan breeding kucing, nah kali ini cattery.co.id akan berikan artikel yang bisa menjadi referensi kamu. Ibu Paramita Suri atau biasa dipanggil mba Mita dan juga pemilik situs prabucattery.com, kali ini sharing pengalamannya di account facebooknya (Mita Prabu). Yuk kita simak ulasannya.

15350692_1888796588006661_3158229186369029819_n

Penulis: Paramita Suri, SH

Iseng sharing sedikit tentang breeding Persia dan Exo (singkatan dari Exotic).

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing pertama kami adalah Exo sebenarnya, lalu tertarik juga dengan keindahan bulu Persia. Makin kesini, ternyata merawat Persia itu semakin banyak tantangannya.

Mungkin Persia adalah ras kucing yang paling “menantang” dlm hal perawatan dan sempat membuat kami berhenti breeding Persia, kemudian beralih ke Exo. Kami kira merawat ras Exo gampang, ga taunya sama susahnya hehehe. Memang dari segi perawatan bulu dan grooming tidak seheboh Persia, tantangan Exo lebih ke genetik dan nutrisi.

exo2

Telinga: kalau mau breeding Exo, wajib banget deh telinga kecil dan bulat (tidak lancip). Beda dengan persia, masalah telinga bisa ter-cover dengan bulunya, makanya juga harus hati-hati kalau mau outcross Persia ke Exotic. Persia yang “terlihat” kecil telinganya, ketika di cross ke Exo, hasilnya telinga jadi tinggi dan lancip. Di Exo bakal kelihatan banget telinganya soalnya hehehe. Ingat, kalau mau outcross ke Persia, pastikan telinganya benar-benar kecil dan bulat.

15940583_1905741329645520_4883225433543064885_n

Hidung: agak berisiko kalau breeding Exotic dengan hidung agak “nongkrong” (hadeuh gimana ini jelasin hidung nongkrong ya). Kalaupun nge-keep Exo berhidung nongkrong (misal karena punya kelebihan di matanya), harus dikawinkan dengan hidung yang sangat ekstrim. Beda dgn persia yang misalnya hidungnya turun masih ada kelebihan bulunya yg panjang (tampak elegan). Kl exo hidung turun jadinya lucu hihihi.

exo1

Badan dan Tulang: lagi-lagi, ternyata nutrisi dan makanan Exo harus serius. Genetiknya juga. Kalau tulang dan badannya kecil, Exo kelihatan banget cungkringnya, nah kalau Persia sih masih ketutupan bulu. Kadang kucing persia ada yg terlihat besar, ternyata beratnya cuma 3kg. Lha kalau Exotic 3kg mah kelihatannya kuyus banget (hiks).

11220888_1702894426596879_4994339040016226720_n

Jadi Exo itu ternyata sama susahnya kayak Persia (huaaa). Tapi karena Persia dan Exo susah, puas rasanya kalau hasilnya bagus (mmuucah). Mungkin teman-teman ada pengalaman lain?

Oke Catlovers, itulah sharing dari pemilik prabucattery.com. Dan penuturan tambahannya khusus ke cattery.co.id, untuk masalah persalinan, penyakit seperti jamur, flu, dan lain-lain ternyata kucing Persia dan Exo tidak ada bedanya: Sama susahnya! Wah-wah, kalau seperti ini bagaimana dengan kamu Catlovers? Makin tertantang seperti mba Mita? Apapun pilihan kamu, kucing tetap selalu menggemaskan di hati ya Catlovers.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Kucing Ini Telah Menjalankan Toko Selama 9 Tahun dan Tidak Pernah Mengambil Cuti Lho

Kucing ginger berusia 9 tahun ini telah bekerja di sebuah toko setiap hari selama 9 tahun. Dia sangat mencintai pekerjaannya dan juga pelanggannya, selain itu kucing ini juga tidak pernah

Cat News

Walaupun Hanya Memiliki Dua Kaki, Rexie si Kucing Tetap Bersemangat Untuk Hidup

Kucing ini hanya memiliki dua kaki yang masih berfungsi. Dengan bantuan satu set roda, tidak ada batasan yang dapat ia lakukan. Yuk kenalan dengan Rexie si kucing! Rexie adalah kucing

Jenis Kucing

Kucing Himalaya

Jika kucing Himalaya terlihat familiar buat kamu, kemungkinan kamu mengira bahwa dia adalah kucing persia yang memiliki warna bulu berbeda, tapi ternyata memang kamu benar. Kucing Himalaya adalah kucing Persia

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!