Sudah Benarkah Cara Catlovers Menyayangi Kucingnya? Ini 9 Tips-nya!
15/08/2015 8346 Views

Sudah Benarkah Cara Catlovers Menyayangi Kucingnya? Ini 9 Tips-nya!

Pasti semua catlovers sangat menyayangi kucingnya, kita pasti akan sering menghabiskan waktu untuk bermain serta merawatnya. Namun sayangnya ketika mengadopsi kucing, kita tidak diberikan buku panduan cara menyayangi si kucing. Dengan kita menyayangi kucing, maka kucing akan menjadi bahagia dan akan berumur panjang. Maka dari itu cattery.co.id akan membahas 10 tips cara menyayangi kucing.

petting-my-cat-wallpaper

1. Berikan Perhatian Spesial

Berikan kucing perhatian spesial. Ada banyak cara untuk berikan perhatian spesial pada si kucing, seperti peluk dan elus-elus kucing tiap malam, atau dengan berbagi bantal di tempat tidur dengan si kucing. Berikan makanan yang berkualitas untuk si kucing, jika diperlukan, kita juga bisa memberikan vitamin tambahan bagi si kucing agar tetap sehat.

calico-250-250 kotak-250x250

bfdcdc91b3dad747f0f50447f6951175_1272400771

2. Berikan Pijatan Pada Kucing

Kucing sangat senang dielus-elus. Cukup berikan belaian pada kucing kita, dari hidung sampai ekor. Perhatikan juga tempat-tempat spesial dimana kucing sangat menyukainya, biasanya di pangkal ekor dan di bawah pipinya. (lihat: Tempat Terbaik untuk Mengelus Kucing). Dengan mengelus-elus dan memijat si kucing, kita juga bisa menemukan bulu yang menggumpal, benjolan atau luka yang membutuhkan pengobatan medis.

155131-425x282-cat-clicker-training

3. Latih dan Ajak Bermain Kucing Kita

Banyak kucing rumahan saat ini yang jarang melakukan kegiatan yang menghabiskan banyak tenaga, seperti berburu makanan. Akibatnya si kucing akan mencari kegiatan lain seperti bermain di tirai, menjatuhkan barang-barang di atas meja, mencakar-cakar furnitur, atau berkelahi dengan kucing lainnya. Ajak bermain lah kucing si kucing agar tidak bosan. Kita dapat menggunakan cat teaser untuk melatih insting berburu si kucing, minimal 10 menit setiap hari. Jika kucing sudah bosan, catlovers bisa coba berbagai mainan kucing lainnya yang tersedia di petshop-petshop.

670px-Communicate-with-Your-Cat-Step-2-Version-2

4. Sering Berkomunikasi dengan Kucing

Sering-sering lah berkomunikasi dengan si kucing ya catlovers. Belajar lah untuk memahami apa yang hendak si kucing katakan dengan suara meongnya, gerakan ekornya, gerakan telinganya, dan masih banyak lagi. Coba bagaimana perasaan catlovers ketika kita diabaikan seseorang saat sedang berusaha untuk memberitahu mereka sesuatu? Si kucing biasanya akan mencintai kita dan memberikan dengkurannya ketika kita menanggapi bahasanya dengan cara yang tepat.

(lihat: Apa Arti Dengkuran, Meongan atau Usapan Badan Kucing pada Kita?)

CatGrooming

5. Selalu Grooming Kucing secara Rutin

Kucing selalu menyukai grooming, bahkan 50 persen waktu mereka dihabiskan dengan self-grooming dengan menjilat-jilat tubuh mereka. Kita sebagai pemiliknya tentu harus membantu merawatnya dengan cara grooming kucing. Catlovers bisa menggunakan sisir atau sikat untuk menyisir sekaligus memberikan pijatan pada kucing. Grooming pada kucing berguna untuk membantu merontokkan bulu-bulu yang telah lepas, menghilangkan bulu gimbal, membuat kulit bersih, mengurangi hairballs, dan dapat meningkatkan ikatan antara kita dan si kucing.

(lihat: 8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin)

fotolia_10366606_XS

6. Lakukan Perkenalan dengan Tepat

Kucing adalah hewan yang terbiasa dengan rutinitas, jika kita membawa hewan peliharaan baru ke rumah, maka si kucing akan mempertanyakan rasa cinta kita kepadanya! Segala tindakannya seolah mengatakan pada kita, “Apakah aku tidak cukup bagi kamu? Mengapa kamu membutuhkan hewan peliharaan lain?”. Dengan mengenalkannya secara tepat, kucing akan paham dan menerima kehadiran anjing/kelinci/kucing lainnya.

cat-treats

7. Berikan Kucing Treats atau Snack

Kucing sangat menyukai treats atau snack. Treats atau snack ini adalah cara terbaik kita untuk menyayangi kucing kita. Ada banyak jenis yang dijual di petshop, namun cobalah cari snack atau treats yang sangat disukai oleh si kucing. Treat atau snack ideal bagi kucing biasanya berukuran kecil (hanya menonjolkan rasa, bukan makanan yang mengenyangkan), bau yang tajam (kucing sangat menyukai makanan yang berbau tajam), unik (berbeda dari makanan yang biasa kita berikan, biasanya relatif lebih mahal), dan langka (buat lah makanan tersebut menjadi spesial bagi si kucing).

catnipcat

8. Berikan Catnip

Jangan mengaku sebagai catlovers jika belum mengetahui catnip! Catnip yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ini akan menyebabkan si kucing menjadi bahagia dan rileks. Namun sayangnya tidak semua kucing bisa terpengaruh oleh catnip, sekitar 20% kucing tidak bereaksi terhadap catnip. Setelah mencium catnip, biasanya kucing akan berguling-guling dan menggunakan cakar mereka untuk bermain dengan mainan catnip.

(lihat: Kucing dan Catnip Ajaib)

pet-cat-friendly-interior-design

9. Buat Lingkungan yang Nyaman bagi Kucing

Buat lah rumah kita senyaman mungkin bagi si kucing. Kita bisa menambahkan beberapa aksesori yang berguna bagi si kucing, seperti cat trees, scratching post, tempat sembunyi bagi kucing, atau sekedar menyetel musik yang menenangkan. Semua kita lakukan agar kita dan si kucing tetap rileks.

Yak, itu lah beberapa tips cara menyayangi kucing dari cattery.co.id. Semoga informasi ini bermanfaat bagi catlovers semua. Apakah catlovers sudah melakukan semua tips diatas? Jika sudah, maka dapat dipastikan kucing akan menyayangi kita!

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Kucing kepada Kucingnya

Sebagai catlovers pastinya kita hanya ingin yang terbaik untuk si kucing. Tidak ada satupun dari kita yang ingin memperlakukan si kucing dengan cara yang salah. Tetapi meskipun begitu, ternyata kadang

Cara Merawat Kucing

7 Tips Perawatan Grooming untuk Anak Kucing (Kitten)

Siapa yang tidak gemas ketika melihat anak kucing, atau biasa disebut kitten. Kitten yang sehat dicirikan dengan tingkahnya yang aktif dan senang bermain. Sebanding dengan usianya yang masih kecil, kitten

Cara Merawat Kucing

Hal-Hal Kecil yang Diperhatikan Ketika Membersihkan Kucing

Di balik bulu tebalnya, kucing sebenarnya mempunyai kulit yang berlipat-lipat. Selain itu banyak bagian tubuhnya yang sulit dijangkau dengan peralatan mandi alami si mpus, yaitu lidahnya. Catlovers harus memperhatikan bagian-bagian

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!