Socks: Kucing Terlantar yang Dipelihara Bill Clinton Selama Memimpin Amerika Serikat
06/10/2015 3469 Views

Socks: Kucing Terlantar yang Dipelihara Bill Clinton Selama Memimpin Amerika Serikat

Kucing memang hewan yang dapat menyihir orang didekatnya dengan keimutannya dan bulunya yang menggemaskan. ‘Sihir’ yang mereka miliki pun ternyata mampu menyihir pemimpin negara yang adikuasa di seantero dunia ini loh catlovers! Ya, Bill Clinton tidak mampu menahan lucunya kucing yang tidak sengaja ia temui. Bagaimana cerita selengkapnya? Yuk dibaca lanjutannya!

socks-on-shoulderBill Clinton dan Socks

Ya, Socks Clinton merupakan jenis kucing American Shorthair berwarna hitam dan putih yang menjadi kucing peliharaan Bill Clinton saat masih menjadi Gubernur Arkansas waktu itu. Sebelumnya Socks merupakan seekor kucing terlantar, akan tetapi disaat ia melompat ke pundak Chelsea Clinton (anak Bill Clinton) disaat Chelsea pulang dari rumah guru pianonya di kawasan Little Rock waktu dulu.

gal-fobsox-jpgSocks pertama kali bertemu dengan Chelsea Clinton (yang memeluk Socks) dengan melompat ke pundaknya setelah Chelsea pulang les piano di rumah gurunya

calico-250-250 kotak-250x250

Sebenarnya Socks sudah menjadi media-darling sebelum Bill Clinton terpilih menjadi presiden Amerika Serikat dan pindah ke Washington. Predikat Bill Clinton sebagai Gubernur Arkansas yang selalu menebarkan hal positif ikut mengangkat nama Socks sebagai kucing peliharaan Chelsea dan Bill sendiri. Lalu, pada pemilu tahun 1992 Bill terpilih menjadi presiden Amerika Serikat sehingga Bill Clinton dan keluarganya termasuk Socks pindah ke Washington. Seketika nama Socks semakin melambung tinggi, bukan hanya karena dirinya yang menggemaskan, tetapi kisahnya sebagai kucing yang terlantar menjadi kucing orang nomor satu di Amerika Serikat!

enhanced-buzz-12271-1371490508-14Bahu Bill Clinton merupakan salah satu tempat favorit Socks

Seringkali pers mengambil foto Socks ditiap kesempatan berkunjung untuk mewawancarai atau sekedar meliput kehidupan Bill Clinton sebagai presiden, akan tetapi Socks lama-kelamaan menjadi semakin terganggu dengan keberadaan pers yang terus mengikutinya. Wajar, naluri kucing selalu ingin menjelajahi wilayah barunya sendiri agar mendapatkan rasa aman yang diinginkan, akan tetapi keadaannya sebagai media-darling kemudian menyulitkan hal tersebut. Maka dari itu akhirnya Bill Clinton mengeluarkan sebuah pernyataan bahwasannya tidak ada lagi yang boleh meliput bahkan mengikuti Socks disaat berkeliaran di Gedung Putih. Tetapi, pers tidak kehabisan akal, lalu mereka menaruh catnip dibagian atas kamera atau tripod mereka agar Socks yang menghampiri mereka.

enhanced-buzz-4869-1383070713-2Socks merupakan media-darling pada masa presidensil Bill Clinton

Sebagai binatang peliharaan resmi pertama dalam masa presidensial Amerika Serikat, Socks juga ambil bagian dalam kegiatan Gedung Putih. Pastinya ia menjadi pusat perhatian dan disenangi oleh staff dan juga pengunjung Gedung Putih termasuk presiden dari negara lain yang berkunjung ke Gedung Putih. Bahkan sempat disebutkan juga bahwa tiap kali ada kunjungan dari sekolah-sekolah di Amerika Serikat ke Gedung Putih, pemandu wisata-nya pasti mengenakan baju badut / kostum yang menyerupai Socks.

presidents-secretary-1996-socksSocks memiliki mejanya sendiri di Gedung Putih berdekatan dengan meja sekretaris Gedung Putih, Betty Currie.

Kegiatan Socks di Gedung Putih sama persis seperti kegiatan Bill Clinton dan keluarganya, terutama dalam kegiatan sosial seperti disaat Bill Clinton dan keluarganya mengadakan ‘blusukan’ ke panti asuhan, sekolah, rumah bidan dan instansi masyarakat lainnya atau melakukan tur ditengah publik pasti Socks selalu disertakan. Tentunya pers tidak ingin melewatkan kesempatan emas mereka untuk mengambil foto kucing nomor 1 di Amerika Serikat itu, dan ternyata Socks memiliki fans club-nya sendiri loh catlovers!

bill-clinton-presidents-cats-ftrSocks selalu ikut serta tiap kali keluarga Clinton melakukan kunjungan sosial di Amerika Serikat

Lalu sosok Socks diangkat ke dalam ilustrasi buku pada tahun 1993 disaat yang sama pula kisah Socks dikemas dalam bentuk kartun oleh Michael O’Donoghue dengan judul ‘Socks Goes to Washington’. Setelah itu cerita pendek juga terpublikasi dengan judul ‘Socks Goes to the White House’, dan Socks juga muncul dalam sebuah episode dari sebuah acara TV yang terkenal pada saat itu yakni ‘Murphy Brown’. Dalam episode itu diceritakan bahwa Socks secara tidak sengaja diculik oleh Murphy Brown yang baru saja berkunjung ke Gedung Putih disaat ia tersadar Socks sudah ada di bangku belakang mobilnya.

51wTq9UIm8L._SX258_BO1,204,203,200_Socks Goes to Washington merupakan debut pertama Socks dalam ilustrasi kartun

Tidak cukup sampai disitu, sepak terjang Socks juga menyentuh ranah Video Game! Video Game yang berjudul ‘Socks the Cat Rocks the Hill’ itu dikhususkan untuk konsol Super NES (Nintendo Entertainment System) dan Sega Genesis. Dalam game yang berbau petualangan itu kita berperan sebagai Socks yang diharuskan untuk menyeberangi banyak rintangan seperti mata-mata dan politisi korup untuk memberitahu Bill Clinton tentang ancaman nuklir. Akan tetapi karena isi dari game tersebut sangat riskan dan sangat berbau sindiran politik, pada akhirnya game itu tidak dirilis dan Kaneko sebagai perusahaan yang merilis game tersebut bangkrut dan game tersebut gagal rilis.

1ef0982ff85f3bc3000399b2614398b4Socks the Cat Rocks the Hill merupakan game yang hampir terilis dan menjadikan Socks sebagai karakter yang dimainkan oleh player

Pada awal tahun 1996 Socks muncul dalam bentuk animasi dalam website resmi Gedung Putih (White House) pada halaman khusus anak kecil. Lalu pada tahun 1997 Socks hidup bersama Buddy yang merupakan anjing yang baru saja dipelihara oleh keluarga Clinton pada waktu itu. Keluarga Clinton waktu itu memelihara Buddy semenjak Chelsea memasuki perkuliahan. Meskipun ia diharuskan hidup selaras bersama-sama, tetapi Socks tetap tidak menyukai keberadaan Buddy diteritorialnya. Lalu Socks dan Buddy masuk ke dalam sebuah ilustrasi buku oleh Hillary Clinton (istri Bill Clinton) yang berjudul ‘Dear Socks, Dear Buddy’, buku itu berisi surat-surat dan catatan dari anak-anak kecil di Amerika Serikat yang ditujukan kepada binatang peliharaan resmi di Gedung Putih pada saat itu yakni Socks dan Buddy.

5v020k5r.jpgSocks dan Buddy (anjing Labrador cokelat) tidaklah cocok satu sama lain

Lalu pada tahun 2001 masa kepemimpinan Bill Clinton pun berakhir, Bill Clinton dan keluarganya meninggalkan Washington pada saat itu, lalu mereka memutuskan bahwa Socks dan Buddy harus dipisahkan dan diputuskan bahwa Buddy dibawa oleh keluarga Clinton dan Socks diadopsi oleh sekretaris Gedung Putih Betty Currie. Lalu Socks memulai kehidupannya bersama Currie dan keluarganya disebuah rumah yang sangat tenang di Hollywood, Maryland.

Socks and Betty CurrieBetty Currie (yang memeluk Socks)

Di rumah Currie, Socks tetap menjadi media darling, hanya saja tidak seheboh dulu saat ia masih di Gedung Putih. Pada tahun 2002 Currie membawa Socks kembali ke Little Rock untuk memimpin sebuah Pawai Natal dengan menaiki mobil Ford Mustang tahun 1967 yang pernah digunakan oleh Bill Clinton semasanya memimpin Amerika Serikat. Socks merupakan pendukung berat dari setiap acara amal untuk binatang. Ia “menandatangani” fotonya dengan cetak cakarnya untuk menggalang dana. Pada masa akhir hidupnya Socks didiagnosa memiliki kanker pada tenggorokan dan rahangnya tahun 2008 dan tahun 2009 pada hari Jumat tanggal 29 Februari jam 10 pagi, Socks disuntik mati dikarenakan kankernya yang semakin ganas dan tidak ada kemungkinan untuk ditolong. Akhir yang sangat pilu untuk hal yang menggembirakan, akan tetapi hal ini dilakukan karena tidak ada yang ingin melihat Socks tersiksa lebih jauh karena kanker yang dideritanya.

socks2Petisi yang dicap cakar langsung oleh Socks dalam penggalangan dana untuk binatang yang terlantar dan memiliki penyakit keras. Meskipun memiliki kanker, Socks tetap optimis dalam membantu sesamanya.

(rbb)

 

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Sebuah Keluarga Menghancurkan Mobil Mereka untuk Menyelamatkan Anak Kucing

Sebuah keluarga dari Vero Beach, Florida menghancurkan mobil mereka untuk menyelamatkan nyama seekor anak kucing liar kecil. Seekor anak kucing berusia 6 minggu ini menyelinap ke dalam mobil dan menolak

Cat News

Kucing Ini Membawa Pulang Seekor Kucing Kecil yang Terlantar

Kucing adalah hewan paling menggemaskan dan menyenangkan yang telah terlahir di dunia ini. Setuju kan catlovers? Mereka adalah hewan peliharaan terbaik yang sangat setia dan sangat penurut dengan para pemeliharanya.

Cat News

‘Neko Zamurai’ : Seorang Samurai yang Sangat Mencintai Kucing!

Catlovers suka menonton film? Wah pasti mayoritas dari catlovers disini serentak mengatakan ‘iya’ kan? Lalu film bergenre apa yang catlovers sukai? Kami coba membantu menyebutkannya ya. Ada film bergenre kartun,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!