Siapa yang Lebih Unggul, Indra Kucing atau Indra Manusia?
19/12/2015 4652 Views

Siapa yang Lebih Unggul, Indra Kucing atau Indra Manusia?

Kucing adalah hewan yang memiliki insting alami sebagai pemburu, mengungtit mangsanya, melacak bau benda asing dan memahami kelemahannya sehingga kucing akan mempersiapkan diri dan selalu awas terhadap bahaya. Indra kucing sangat penting untuk membantunya mengintai daerah sekitarnya, mengidentifikasi adanya teman atau musuh, dan mendeteksi objek asing dari jarak yang jauh, melebihi kemampuan manusia pada umumnya.

Tapi siapakah yang lebih unggul, apakah indra manusia ataukah indra kucing? Diantara catlovers mungkin sudah tahu jawabannya. Namun Cattery.co.id akan mencoba membahasnya secara ilmiah dan empiris, siapakah yang indra terbaik diantara kucing dan manusia. Yuk disimak!

1. Indera Pendengaran

Cats-Sensitive-Hearing

Kucing memiliki pendengaran yang tajam

Suara diukur dengan vibrasi, atau secara spesifiknya, adalah berapa banyak getaran suara yang dihasilkan dalam satu detik. Satuan ukuran frekuensi disebut dengan hertz. Sebagai perbandingannya, manusia dapat mendengar suara hingga 20.000 hertz dan anjing dapat mendengar suara antara 35.000 hingga 40.000 hertz, lalu bagaimana dengan kucing? Ternyata kucing dapat mendengar suara hingga 100.000 hertz! Wow! Ini berkat bantuan kedua telinganya yang berbentuk seperti satelit dan kemampuannya untuk bergerak secara independen sehingga kucing dapat menangkap suara yang sangat halus (lihat: Telinga Kucing: Bentuk, Fungsi dan Penunjuk Emosi). Dalam indra pendengaran kucing menang telak dari manusia, bahkan dapat mengalahkan anjing.

Skor: Kucing: 1 dan Manusia: 0

calico-250-250 kotak-250x250

2. Indra Penciuman

Cat-smelling-marked-area_196007891

Indra penciuman kucing jauh lebih sensitif dibandingkan manusia

Indra penciuman kita ditentukan oleh seberapa banyak sel odor-sensative yang kita miliki di lubang hidung. Sel-sel ini lah yang berfungsi menangkap bau yang ada di sekitar kita. Manusia memiliki sekitar 5 juta sel odor-sensative, terlihat banyak bukan? Namun sayangnya jumlah sel yang dimiliki manusia sangat sedikit jika dibandingkan dengan kucing yang memiliki sekitar 200 juta sel odor-sensative. Indra penciuman kucing sangat lah peka, sehingga ia bisa mengetahui dimana tikus bersembunyi di dalam rumah dan bau makanan yang tersimpan di lemari es.

Kucing tidak hanya menggunakan penciumannya untuk mencari makanan saja, tetapi juga menggunakannya sebagai media untuk berkomunikasi. Kucing memiliki kelenjar bau di kepala dan kaki. Setiap kali kucing menggosokkan kepala atau kaki mereka pada suatu objek, itu sama saja mereka sedang meninggalkan tanda pengenalnya pada kucing lainnya. (Mengapa Kucing Perlu Menandai Teritorialnya?)

Skor: Kucing: 2 dan Manusia: 0

3. Indra Pengecap

cat-licking-alyssa-b-young

Namun sayangnya indra pengecap kucing masih kalah dibandingkan manusia

Indra perasa ditentukan oleh seberapa banyak jumlah tastebuds yang ada di lidah mereka. Manusia memiliki 9.000 tastebuds, sedangkan kucing hanya memiliki 473 saja. Ini lah sebab mengapa kucing adalah pemilih makanan, karena indra pengecap mereka tidak begitu baik dibandingkan manusia. Oleh karena itu kucing sangat mengandalkan indra penciuman ketika persoalannya adalah makanan atau minuman. Yak, kali ini manusia akhirnya unggul dibandingkan kucing!

Skor: Kucing: 2 dan Manusia: 1

4. Indra Peraba

touch_the_cat_nose_by_mellviria-d52vgyu

Kucing memiliki indra peraba yang sensitif terhadap lingkungan sekitar

Kucing dapat mengeksplorasi lingkungan mereka dengan telapak kaki dan kumisnya. Selain tumbuh di wajahnya, kucing juga memiliki kumis di bagian belakang kaki depannya. Kumis pada kucing sangat sensitif dan membantu kucing dalam hal navigasi di tempat yang gelap. Kumisnya juga bisa memberitahu kucing apakah tempat sempit tersebut bisa dilalui oleh tubuhnya atau tidak (lihat: 6 Fakta dan Fungsi Kumis Pada Kucing). Kemampuan ini sangat berguna bagi kucing sebelum mereka mengeksplorasi wilayah tersebut karena rasa penasaran. Lalu bagaimana dengan manusia? Manusia sepertinya tidak dilengkapi dengan kemampuan alami untuk mengenali lingkungan mereka layaknya kucing. Jadi untuk kali ini manusia kalah lagi dari kucing.

Skor: Kucing: 3 dan Manusia: 1

5. Indra Penglihatan

cat-eye-wallpaper-eyes-28331369-1680-1050

Indra penglihatan kucing sangat tajam

Kucing memiliki penglihatan yang superior dibandingkan dengan manusia. Kucing dapat melihat hal di sekitarnya dengan penglihatan panorama yang lebih luas berkat kemampuan pupil matanya yang bisa melebar. Oleh karena itu kucing dapat menangkap gerakan tikus atau burung dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan yang bisa dilihat oleh manusia (lihat: Mata Kucing: Ciri Khas, Keunikan dan Fungsi). Namun, baik kucing maupun manusia memiliki blind spot yang terletak dibawah hidungnya atau sekitar 10-13 cm dari wajahnya. Sehingga terkadang kucing tidak bisa melihat mainan yang diletakkan tepat dibawah dagu mereka. Namun kekurangan blind spot ini terbantu berkat kumis sensitif mereka yang dapat mendeteksi daerah di dekatnya. Jadi dalam hal indra penglihatan, kucing menang dari manusia.

Skor: Kucing: 4 dan Manusia: 1

Pemenangnya adalah KUCING!!

Dari pembahasan diatas terlihat dengan jelas bahwa kucing memiliki keunggulan dalam hal memahami lingkungan sekitarnya dengan sangat detail. Maka tidak heran jika kita kadang-kadang menemukan kucing kita sedang menatap dinding dan menonton sesuatu yang “tidak ada”. Mungkin bisa jadi kucing dapat merasakan sesuatu hal yang kita tidak bisa merasakannya. Wow, kita jadi menyadari bahwa kucing adalah hewan yang cerdas sekaligus lucu!

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Anatomi Kucing

Bentuk Muka Kucing Berpengaruh pada Sifatnya?

Kucing memang hewan yang lucu. Apakah catlovers sering memperhatikan bentuk muka pada berbagai jenis kucing? Secara umum bentuk muka pada kucing terbagi menjadi tiga, yaitu berbentuk bulat, persegi, dan segitiga.

Anatomi Kucing

6 Fakta dan Fungsi Kumis Pada Kucing

Pernahkah catlovers memerhatikan kumis pada kucing dan berpikir apakah fungsi kumis pada kucing? Kali ini cattery.co.id akan mencoba membahas kumis kucing tersebut. Kumis pada kucing, atau yang dikenal sebagai vibrissae,

Anatomi Kucing

Telinga Kucing: Bentuk, Fungsi dan Penunjuk Emosi

Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki indra pendengaran yang sangat hebat, lebih hebat dibandingkan dengan pendengaran manusia. Kucing mampu mendengar suara yang tidak dapat dideteksi oleh manusia, yaitu pada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!