Seberapa Sering Kucing Boleh Dikawinkan?
19/08/2015 25005 Views

Seberapa Sering Kucing Boleh Dikawinkan?

Pertanyaan ini yang juga sering dilontarkan oleh para breeder, “seberapa sering kucing boleh dikawinkan?”. Terkadang kita sering kebingungan ketika si induk kucing baru melahirkan beberapa minggu namun ia sudah birahi lagi. Apakah boleh kita kawinkan lagi? Kali ini cattery.co.id akan mencoba membahasnya.

Pertimbangkan Kondisi Kucing

Beberapa breeder mengatakan bahwa mereka mengawinkan kucing betinanya sesering mungkin ketika mereka rasa itu sehat bagi si kucing. Jika si kucing betina telah kehilangan banyak berat badan setelah ia selesai membesarkan anaknya dan kemudia ia birahi kembali, sebaiknya jangan mengawinkan kucing tersebut hingga ia kembali lagi ke kondisi normalnya. Di lain sisi jika si kucing betina dalam kondisi yang baik setelah membesarkan anaknya dan kemudian ia kembali birahi setiap beberapa minggu, kucing ini dibolehkan untuk dikawinkan lagi. Jadi dengan kata lain, kucing betina boleh dikawinkan 1-2 kali dalam setahun, tergantung kondisi kucing.

cat-mating

calico-250-250 kotak-250x250

Anak Tunggal

Jika kucing betina melahirkan satu anak dan kehilangannya, kemudian ia kembali birahi lagi dalam beberapa minggu, maka si kucing betina ini boleh dikawinkan lagi jika ia tidak kehilangan kondisi apapun selama masa kehamilannya

Gunakan Common Sense

Setiap breeder harus lah menggunakan common sense mereka ketika membuat keputusan tentang kapan harus mengawinkan kucingnya betinanya. Tidak ada jawaban hitam putih dalam persoalan ini. Tidak ada breeder yang boleh menghakimi breeder lain tanpa mengetahui fakta-fakta yang sebenarnya.

Tidak ada yang tahu siapakah orang yang memenuhi syarat atau dibenarkan untuk menjustifikasi breeder yang terlalu sering mengawinkan kucingnya, atau bagaimana dan apa definisi “terlalu sering” tersebut dibuat. Jika mengawinkan kucing setahun sekali didefinisikan sebagai “terlalu sering”, maka banyak para breeder dunia terkemuka yang juga salah dalam mengawinkan kucingnya.

72892791DomesticCatsMating-Getty-Dorling-Kindersley-

Kucing Pejantan

Sementara kita sering berfokus pada sebarapa sering kucing betina boleh dikawinkan, maka kita juga harus memperhatikan kesehatan dan perasaan dari kucing pejantan yang dikawinkan. Jika kucing pejantan hanya dibolehkan kawin selama satu atau dua kali dalam setahun, tentu akan membuat si kucing stres. Sebaiknya kucing pejantan harus diberikan sejumlah kucing betina untuk dikawinkan dalam setahun agar membuat ia tetap bahagia.

Ini adalah tips yang kami berikan berdasarkan pengalaman para breeder kucing terkemuka dan juga para dokter hewan. Namun satu hal yang harus dipastikan, jangan sampai kita menelantarkan kucing-kucing kita ya catlovers. Semoga tips ini bermanfaat bagi kita.

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

9 Cara Mudah Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing persia adalah salah satu kucing favorit bagi para pecinta kucing. Ketika memutuskan membawa kucing persia ke rumah, tentu harus di iringi dengan komitmen untuk merawatnya secara rutin setiap hari.

Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Anak Kucing Usia Satu Bulan Pertama

Kelahiran bayi kucing adalah moment yang sangat ditunggu oleh para breeder/cat owner. Akan tetapi merawat bayi kucing, khusus nya kucing Ras ternyata butuh perhatian ekstra. Bagaimana kondisi bayi kucing dan

Cara Merawat Kucing

8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin

Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan yang sering melakukan self-grooming. Kucing seringkali menggunakan kakinya untuk menjangkau bagian yang tidak bisa dicapai langsung oleh lidahnya. Mereka akan menjilat kakinya, lalu

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!