Seberapa Banyak Kita Memberi Makan Kucing?
16/08/2015 16748 Views

Seberapa Banyak Kita Memberi Makan Kucing?

Bagi catlovers yang baru pertama kali memelihara kucing, pasti sering bertanya “Berapa banyak makanan yang harus saya berikan pada kucing?”. Bagi catlovers yang sudah bertahun-tahun memelihara kucing pun terkadang pasti sering bertanya-tanya apakah kita memberi makan si kucing selama ini terlalu sedikit atau terlalu banyak. Hal ini sulit dipastikan karena si kucing tidak pernah memberitahu kita, tidak dengan kata. Terkadang kita tidak tahu apa kesalahannya hingga kucing kita sakit.

Memberi makan kucing sebenarnya tidak terlalu rumit, namun hal ini bergantung dari berbagai faktor variabel. Misalnya berapa berat kucing kita, berapa umur kucing kita, apakah kita memberi makan si kucing dry food atau wet food. Faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah seberapa tinggi tingkat aktivitas si kucing, apakah si kucing sedang hamil atau menyusui.

wallpaper-cat-eat-fish

Merek makanan kucing kita juga bisa menjadi faktor perbedaan. Biasanya dry food yang berkualitas tinggi akan lebih padat dan mengandung nutrisi lebih tinggi dibandingkan dry food berkualitas rendah. Sehingga kucing hanya memerlukan makanan berkualitas tinggi dengan porsi yang lebih sedikit namun memiliki nilai gizi yang sama.

calico-250-250 kotak-250x250

Mungkin ada sebagian catlovers berpendapat bahwa hanya memberikan kucing dry food sebagai makanan utamanya akan berakibat buruk pada si kucing. Sebenarnya memberikan dry food pada kucing tidak terlalu buruk, asalkan kita memberikan dry food yang berkualitas, dan juga jangan lupa selalu dorong kucing untuk minum lebih banyak air.

jiu_rf_photo_of_cats_eating_meaty_cat_food

Ketika kita baru mengadopsi kucing dan membawanya pulang ke rumah, penting untuk terus memberinya jenis makanan yang dengan yang diberikan sebelumnya. Selain itu berikan dalam jumlah yang sama dan pada jadwal yang sama karena si kucing telah terbiasa dengan rutinitas tersebut, kemudian baru kita ubah secara bertahap ke makanan dan jadwal kita. Kucing sangat sensitif terhadap perubahan, dan biasanya kucing yang baru datang ke lingkungan yang baru akan mengalami stres. Sehingga pengting bagi kita untuk menjaga makanan dan jadwal secara konsisten dan secara perlahan merubahnya, hal ini agar pencernaan si kucing tidak mengalami masalah.

Ketika kita siap untuk melakukan transisi ke jadwal dan makanan kita sendiri, kita harus menentukan jenis makanan apa yang akan kita berikan pada si kucing (apakah wet food, dry food, raw meat, atau kombinasi). Hitung jumlah kalori masing-masing makanan, ini akan memudahkan kita menentukan berapa banyak makan yang sebaiknya kita berikan pada si kucing.

cat-eats-steak

Komposisi Makanan Kucing

Makanan kucing yang sehat bagi kucing adalah protein yang berasal dari daging, seperti daging merah, ikan, atau unggas. Jika kita memberikan dry food, sebaiknya yang memiliki protein hewani tinggi dan rendah protein nabati (karena kucing sulit mencerna protein nabati). Kandungan karbohidrat pada makanan kucing harus tidak lebih dari 10% kandungannya. Wet food yang bagus isinya pun harus diisi dengan daging, dan sedikit tambahan lainnya.

Jangan Paksa Kucing Menjadi Vegetarian

Jangan buat kucing menjadi vegetarian tanpa diberi daging ya catlovers. Tidak seperti anjing yang omnivora, secara natural kucing adalah karnivora. Itu artinya makanan utama si kucing adalah daging. Salah satu zat yang diperlukan kucing adalah asam taurin, zat ini hanya dapat ditemukan pada daging hewan saja. Kekurangan taurin dapat menyebabkan kucing akan mengalami masalah pada hatinya, kebutaan, bahkan kematian. Namun kemajuan teknologi saat ini dapat membuat dry food yang mengandung taurin yang telah disintesiskan, sehingga kebutuhan kucing akan taurin bisa terpenuhi.

(lihat: Bolehkah Diet Vegetarian pada Kucing?)

cat-eating-a-broccoli-234 copy

Berapa Banyak Kita Memberikan Makan si Kucing?

Menurut Animal Medical Center di New York, kucing berukuran 3,6kg (8 pound) yang sehat dan aktif membutuhkan sekitar 240 kalori setiap harinya. Jadi bisa dikatakan bahwa kucing membutuhkan 66,67 kalori per kg berat badannya setiap hari. Kandungan jenis dry food yang ada di pasaran biasanya telah memberikan porsi yang tepat untuk kucing kita berdasarkan berat badannya, biasanya kucing yang memiliki berat 4kg membutuhkan makanan sebanyak 40gr hingga 75gr setiap harinya. Sedangkan wet food sangat bervariasi kandungan gizinya. Kita dapat menyesuaikan apakah jenis makanan yang disukai oleh si kucing, apakah ia menyukai dry food atau wet food, atau kita bisa mengkombinasikannya.

Jika kita terlalu banyak memberikan makanan pada si kucing, maka bisa menyebabkan si kucing akan mengalami obesitas. Atau jika kucing tidak memakannya, makanan tersebut akan basi dan terbuang. Selalu ukur jumlah makanan si kucing ya catlovers.

Seberapa Sering Kita Memberi Makan Kucing Kita?

Berapa kali kita memberi makan kucing tergantung pada apa yang dimakan oleh si kucing. Kebanyakan pemilik kucing memberi makan kucingnya pada pagi dan malam, beberapa pemilik kucing juga memberikan vitamin tambahan agar si kucing tetap sehat.

cat-body-shape-guide-390w-410h

Apakah Kucing Kita Terlalu Gemuk atau Terlalu Kurus?

Sepanjang hidup si kucing, mungkin kita perlu menyesuaikan pola makan untuk mengakomodasi perubahan metabolisme dan kebutuhan si kucing. Coba catlovers rasakan tulang punggung dan tulang rusuk si kucing. Jika tulang rusuk dan tulang punggung terlihat dibalik lapisan kulitnya, maka artinya si kucing terlalu kurus. Namun jika kita tidak dapat merasakan tulang rusuknya ketika dipegang, kucing kita mungkin telah kelebihan berat badannya. Selalu sesuaikan porsinya ya.  Menjaga kucing kita dari obesitas jauh lebih mudah daripada memaksa kucing yang obesitas untuk diet. Itu semua harus dilakukan agar kita dan si kucing tetap sehat dan bahagia.

Itu lah beberapa tips dari cattery.co.id tentang seberapa banyak kita memberi makan si kucing. Semoga informasi ini bermanfaat bagi catlovers. Selalu sayangi kucing kita dengan memberikan makanan yang terbaik dan berkualitas ya catlovers!

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pemula

Adopsi Anak Kucing? Adopsi lah 2 Kucing!

Mengadopsi anak kucing adalah momen yang spesial dalam hidup kita. Jika catlovers berencana untuk mengadopsi anak kucing, adopsi lah dua kucing sekaligus! Ya, dua anak kucing sekaligus, bukan satu. Jika

Pemula

Pro dan Kontra Memelihara Kucing

Kucing memang hewan yang sangat menggemaskan. Seorang catlovers pasti Sulit rasanya untuk menolak seekor kucing yang sangat lucu ini. Namun sayangnya tidak semua orang menyukai kucing, entah karena takut rumahnya

Pemula

Membawa Kucing ke Rumah

  Saat membawa kucing ke rumah adalah hal yang paling menyenangkan bagi kita, namun hal tersebut dapat menjadi saat yang menakutkan bagi kucing untuk beradaptasi. Kucing akan menghadapi suasana, suara

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!