Scrappy si Kucing yang Berbulu Hitam Berubah Menjadi Putih
25/08/2015 10097 Views

Scrappy si Kucing yang Berbulu Hitam Berubah Menjadi Putih

Kucing setiap harinya selalu ada yang unik, dan tentunya keunikan mereka selalu berbeda-beda. Seperti Lil Bub yang sejak lahir lidahnya terus menjulur keluar, Hamilton The Hipster Cat yang memiliki corak putih diatas mulutnya dan terlihat seperti kumis, atau Sam Has Eyebrows yang memiliki sedikit corak hitam yang terlihat seperti alis. Nah kali ini ada lagi nih catlovers, kucing ini bernama Scrappy. Ia sejak lahir memiliki bulu berwarna hitam pekat tetapi setelah beranjak dewasa bulunya menjadi bercorak putih dan hampir menghilangkan warna hitam pada bulunya. Kira-kira kenapa ya bisa begitu?

ScrappyThenAndNowComparison.jpg.838x0_q80Scrappy, kucing hitam yang berubah warna bulunya menjadi bercorak putih “camouflage”

Scrappy lahir pada tahun 1997 dan ia adalah kucing berwarna hitam seperti kebanyakan. Tetapi setelah ia menginjak umurnya yang ke-7, sesuatu terjadi dengan bulunya. Warna bulunya yang tadinya hitam mulai menjadi putih bercorak, sehingga merubahnya menjadi kucing yang awalnya berbulu hitam menjadi berbulu bercorak hitam dan putih.

tumblr_nowz6n3Cp81qh66wqo7_500

calico-250-250 kotak-250x250

Scrappy mulai berubah warna bulunya sejak berumur 7 tahun

Beberapa pemelihara kucing mungkin tahu bahwa terkadang bulu kucing akan sedikit berubah warnanya seiring berjalannya umur si kucing. Seperti kucing yang lahir dengan warna bulu yang putih tetapi memiliki sedikit corak hitam di kepalanya dan beberapa tahun kemudian corak itu sedikit melebar dan menjadi hitam, tetapi hanya di bagian kepala. Namun untuk kasus Scrappy hal ini berbeda, bulu disekujur tubuhnya yang sejak lahir tidak memiliki warna putih sama sekali pada akhirnya bercorak putih.

scrappy-500x312Perubahan warna kulit pada kucing lumrah terjadi, tetapi kasus Scrappy berbeda

Menurut pemiliknya Scrappy mengalami kejadian langka yang berupa Vitiligo. Vitiligo adalah penyakit atau gangguan yang seringkali berefek pada kulit. Jika ini terjadi pada manusia biasanya terjadi pada beberapa bagian kulit dan memudarkan warna pada bagian kulit tersebut. Bagian-bagian yang terserang seringkali pada bagian kulit kepala, bagian dalam mulut dan bahkan pada bagian mata. Menariknya Scrappy membuktikan bahwa Vitiligo tidak hanya terjadi pada manusia, melainkan juga pada kucing.

foto_2Gangguan warna bulu yang terjadi pada Scrappy dipercaya karena Vitiligo

Sekarang sudah 10 Tahun semenjak warna bulu Scrappy mulai berubah, ia sekarang telah menginjak umurnya yang ke-17 tahun dan menjadi sorotan pengguna internet karena fotonya beredar. Tentu saja ia menjadi sorotan karena warna kulitnya yang berubah dan sangat-sangat berbeda dari kucing lainnya. Sekarang bulunya telihat seperti corak baju abri (army-look) hanya saja warnanya hitam dan putih. Pada akun Instagram pribadinya ia telah memiliki fans sebanyak 24.000 orang.

unnamed

Scrappy sangat terkenal di internet, ia juga memiliki akun Instagram dan Facebookn-nya sendiri

Pada Scrappy penyakit yang diduga Vitiligo ini sama sekali tidak mengganggunya, padahal jika Vitiligo terjadi pada manusia hal ini akan mendatangkan efek samping yang tidak diinginkan seperti penyakit psikis yang fatal (stress berkepanjangan), kulit yang mudah terbakar matahari, rentan pada kanker kulit, peradangan selaput mata (jika terjadi pada mata), rambut mudah rontok (apabila terjadi pada kulit rambut) dan kulit yang kering sekaligus mudah gatal.

11175047_1577724512489378_8312549813036834663_nMeskipun dipercaya terkena Vitiligo, Scrappy tidak mengalami gangguan kesehatan apapun.

Beruntungnya, Scrappy tidak pernah menunjukkan kondisi yang mengindikasikan kalau Scrappy sedang sakit atau gangguan lainnya karena Vitiligo tersebut. Ia juga telah membawa Scrappy kepada dokter hewan kenalannya dan Scrappy sama sekali negatif dari penyakit apapun. Melegakan ya!

10996001_1577724522489377_2437971900900854851_nScrappy tetaplah seekor kucing yang normal dan senang bermain meskipun terkena Vitiligo

Bulu hitam yang dulu Scrappy miliki-lah satu-satunya yang terserang oleh Vitiligo. Tetapi jelas terlihat bahwa bagian buntut Scrappy masih mayoritas berwarna hitam dibanding putih. Diluar hal Vitiligo tadi, Scrappy tetaplah kucing pada umumnya. Ia seringkali tidur siang dengan posisi terlentang, melihat burung-burung yang berterbangan, melihat keluar jendela, bermain dan melakukan self-grooming pada bulunya.

10422006_1577725245822638_5918281439474833633_nKasus Scrappy mengajarkan kita agar kita menjadi lebih peka terhadap peliharaan kita.

Well catlovers, Scrappy mungkin salah satu dari sekian kucing dengan penyakit / gangguan yang belum diketahui jenisnya. Disinilah peran kita sebagai pemelihara kucing agar lebih peka dengan keadaan si kucing. Kucing yang terlihat selalu aktif dan senang tidak berarti kucing anda sehat, mungkin saja sikapnya tidak mengindikasikan kalau si kucing memiliki satu gangguan atau penyakit, tetapi kembali lagi kucing tidak dapat membahasakan jika ia merasakan sesuatu gangguan maka dari itu kita harus merawat kucing peliharaan kita dengan tangan kita sendiri dan diwaktu senggang sering-seringlah meluangkan waktu anda bersama si kucing!

 

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Demi Alasan Keamanan, Kucing Dirantai Oleh Pemiliknya di Carolina Utara

Selama ini kita sebagai catlovers pasti menginginkan dan selalu mengusahakan agar si kucing tetap dalam keadaan aman. Pastinya juga cara kita membuat si kucing agar tetap aman tidak dengan memaksanya

Cat News

Kitty Literature, Program Berlatih Membaca dengan Media Kucing bagi Anak Tuna Rungu

Kucing memang hewan yang sangat mulia ya catlovers. Seakan tidak ada habisnya mereka memberikan hal-hal positif ditengah-tengah kita. Seperti kali ini kucing ikut membantu manusia dalam membantu penyandang tuna rungu

Cat News

Kucing Setia yang Menemani Istrinya Melahirkan

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang sangat penyayang. Tidak hanya kepada sang pemeliharanya bagi mereka kucing-kucing yang sudah dipelihara, namun juga terhadap sesamanya jika mereka telah memiliki satu hubungan yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!