Rusik: Kisah Kucing Polisi dari Rusia yang Berjasa Menggagalkan Penyelundupan
19/04/2016 1923 Views

Rusik: Kisah Kucing Polisi dari Rusia yang Berjasa Menggagalkan Penyelundupan

Kali ini Cattery.co.id akan membahas kisah seekor kucing di Rusia yang dilansir bahwa kucing tersebut merupakan kucing polisi bahkan kucing detektif pertama di Rusia dan sangat berjasa untuk Rusia, terutama bagian eksportir Caviar di Rusia. Kira-kira seperti apa ya kisahnya? Ayo kita bahas hanya di cattery.co.id kali ini!

Rusik-Russian-Police-CatIni merupakan satu-satunya foto yang dipercaya sebagai foto diri Rusik. Rusik tidak memiliki foto karena sejak awal pihak Stavropol tidak ingin khalayak ramai tahu Rusik secara fisik sebagai salah satu usaha perlindungan Rusik dari oknum-oknum yang berniat jahat kepada Rusik.

Rusik pada awalnya merupakan seekor kucing jalanan yang terlantar dan sama sekali tidak diperdulikan orang-orang di sekitarnya, akan tetapi pada satu hari ia diadopsi oleh seorang penjaga pos penanganan dan pemeriksaan keamanan di kawasan Stavropol, Laut Kaspia, Rusik kemudian menjadi seekor kucing yang sangat gagah, dapat diandalkan dan sangat dipercaya untuk mengemban sebuah tugas penting untuk keamanan barang eksport di Stavropol itu sendiri. Tentunya tugas tersebut merupakan sebuah hal baru untuk Rusik sendiri, bahkan di dalam sejarah kucing di Rusia karena Rusik disini ditugaskan layaknya seekor anjing yang dilatih untuk mengendus sesuatu terutama barang selundupan yang harganya sangat tinggi dan keberadaannya sangat langka. Rusik disini sangat disadari oleh para penjaga pos pengamanan dan keamanan di Stavropol sebagai seekor kucing yang sangat jenius dan dapat mengendus caviar (telur ikan sturgeon) selundupan di Stavropol. Bahkan kejeniusan dan kepekaan indra penciuman dari Rusik ini pada akhirnya menggeser posisi anjing polisi di pos pengamanan dan keamanan barang eksport / import di Stavropol, kawasan pinggir Laut Kaspia.

Caspian_Sea_Kazakhstan_MangistauLaut Kaspia merupakan laut penghasil Caviar terbesar di dunia.

calico-250-250 kotak-250x250

Lalu mengapa selundupan caviar amat sangat diperketat pengawasannya dan keamanannya di Stavropol, Rusia? Ini dikarenakan caviar merupakan sebuah barang yang memiliki komoditi sangat luar biasa dengan mayoritas caviar dari Stavropol sangat terkenal dengan hasil terbaiknya dan sangat berharga untuk Stavropol sendiri. Tentu dimana ada komoditas barang langka, disitu pula ada banyak para ‘pemain’ atau oknum yang sangat gencar berburu dan mencari caviar secara illegal dan mencoba menyelundupkannya keluar negeri untuk dijual di pasar gelap (black market) seluruh penjuru dunia. Rusik disini memiliki peran penting dimana seluruh percobaan penyelundupan caviar yang akan dikirim dari Stavropol keluar negeri secara illegal selalu digagalkan karena indera penciuman Rusik yang sangat tajam dan peka. Tentu saja hal ini sangat membuat Rusik dicintai, disayangi dan sangat diandalkan oleh banyak orang-orang Stavropol untuk mencegah penyelundupan illegal caviar Stavropol untuk dikirim keluar negeri, namun disisi lain banyak juga oknum yang tidak manusiawi merasa sangat membenci Rusik karena selalu sukses menggagalkan niat busuk dan jahat mereka.

f741e97b603fc59a7d700026be8e4444Caviar (telur ikan sturgeon)

Sayangnya indera penciuman Rusik yang sangat tajam dan juga peka dalam mencium caviar di Stavropol menjadikannya sebagai penyebab meninggalnya Rusik sendiri. Dikabarkan bahwa Rusik sekarang hanya berada di dalam kenangan para penjaga pos keamanan dan tentunya juga orang-orang di Stavropol, Rusia karena Rusik memang telah meninggal. Meninggalnya Rusik pada tahun 2003 silam memang sangat meninggalkan duka yang mendalam bagi orang-orang yang merasakan jasa dari Rusik dalam mencegah ekspor illegal caviar di Stavropol. Kronologis meninggalnya Rusik terjadi pada satu hari dimana Rusik sedang bertugas untuk memeriksa sebuah bus dan menemukan sebuah kardus yang penuh dengan caviar illegal yang akan dikirim keluar negeri, dan sesaat setelah Rusik turun dari bus pasca pemeriksaan yang telah ia lakukan, ada satu mobil yang berlari kencang ke arah Rusik dan menabrak Rusik sehingga Rusik tidak sadarkan diri dan meninggal. Kebetulan? Tentu tidak karena banyak dari pihak yang menganggap bahwa ini merupakan sebuah konspirasi yang dibuat oleh para oknum eksporter illegal caviar dan juga beberapa pihak dari petugas keamanan sekaligus para atasan pos pengamanan yang merasa Rusik adalah ancaman bagi ‘usaha’ mereka. Lalu tak lama setelah kejadian meninggalnya Rusik yang sangat ironis, seekor kucing detektif lainnya yang bertugas seperti Rusik kemudian meninggal setelah menelan seekor tikus yang ternyata merupakan tikus beracun.

67b907a3f5316bdd9737cc86a67186d5Rusik sangat dikenal sebagai kucing yang pemberani, mengemban tugasnya dengan baik dan merupakan kucing yang sangat bersahabat sekaligus diandalkan semasa hidupnya.

“Rusik selalu melakukan tugasnya dengan baik, ia merupakan petugas pengecekan terbaik yang kami punya, bahkan jajaran kami pun tidak ada apa-apanya disbanding kepekaan indera penciuamannya yang ia miliki dan telah menggagalkan banyak niat jahat eksporter illegal caviar di Stavropol” tukas seorang juru bicara dari polisi keamanan di Stavropol. “Ia tidak akan pernah kami lupakan dan hingga saat ini belum ada yang bisa mengemban tugas sebaik dirinya bahkan seekor anjing polisi yang sudah terlatih” tambah-nya sambil menangis. Rusik yang memang sangat baik dalam bertugas dan selalu menggagalkan niat jahat para eksporter illegal, memang cepat juga untuk membuat banyak musuh disekitar-nya yang ingin menghentikan aksi-nya. Penyelidik yang memeriksa dan turun ke lapangan atas meninggalnya Rusik mengatakan bahwa mobil yang menabrak Rusik merupakan mobil yang sama dan pernah dihentikan beberapa kali oleh kucing detektif lainnya (selain Rusik) di Stavropol pada hari-hari sebelumnya dan terbukti menyelundupkan sturgeon (sejenis ikan yang sangat langka dan memiliki tulang yang terlihat dari sisi kulitnya. Ikan inilah yang menghasilkan caviar) dan dari sini polisi menduga bahwa kasus penabrakan Rusik memang sangat terorganisir, terencana dan aksi balas dendam. Laut Kaspia sendiri yang merupakan laut penghasil caviar di Stavropol dan terletak di perbatasan selatan – timur Rusia dan menghasilkan 90% jumlah caviar untuk dunia. Perdagangan illegal yang terjadi di Stavropol juga merupakan factor pendorong terbesar ikan sturgeon berada di ambang kepunahan. Kaviar terbaik yang dihasilkan di Laut Kaspia sendiri dapat dihargai sekitar 2.000 poundsterling per-kilogramnya pada pasat terbuka di seluruh dunia terutama di Amerika Serikat dan juga Inggris.

sunset_by_marustagram-d7gb56hRusik dapat dikatakan sebagai pelopor kucing polisi di dunia.

Mendengar kisah dari Rusik si kucing pengendus pertama di Rusia (bahkan mungkin di dunia) memang sangat ironis ya catlovers. Kebaikan yang ia perbuat dan dapat dikatakan sangat berpengaruh pada perdagangan hasil laut di dunia ini ternyata menjadi factor terbesar penyebab meninggal-nya Rusik sendiri. Memang para pengusaha, terutama eksporter illegal merupakan oknum-oknum yang sangat egois dan kejam. Bahkan dapat dikatakan pula bahwa merekalah yang sangat tidak manusiawi dalam mengusahakan segala sesuatunya hanya untuk dirinya sendiri. Mungkin memang, keadilan seperti yang dilakukan Rusik amat sangat sulit untuk ditegakkan karena pasti akan selalu ada oknum yang bergerak di dalam instansi keamanan itu sendiri sehingga tidak akan pernah ada instansi keamanan yang diisi penuh dengan orang-orang yang berhati baik ya catlovers? Jika saja keegoisan dan kepedulian terhadap sesama sudah tumbuh sejak awal pada diri tiap manusia, kami yakin kasus ironis seperti yang dialami Rusik tidak akan pernah terjadi.

big_thumb_4eee920d4bb89a69dbff73468c8a4bf3Semoga Rusik tenang di alam sana. Kami yakin seluruh warga Stavropol termasuk catlovers yang membaca artikel ini dapat merasakan seberapa besarnya rasa tanggung jawab Rusik sebagai kucing detektif semasa hidupnya dan menjadikan kisahnya sebagai satu pelajaran hidup yang baru bahwasannya kita memang harus selalu berbuat baik dan mengatakan salah jika ada sesuatu yang salah.

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Terpisah Jarak 2000 Mil, Keluarga Irak Dipertemukan Kembali dengan Kucing Peliharaannya!

Apa catlovers pernah membayangkan jika catlovers terjebak di sebuah negara atau mungkin di sebuah daerah yang sedang dilanda peperangan? Mungkin catlovers akan dilanda dengan perasaan panik, resah, takut dan putus

Cat News

Unik, Pola Warna Kucing Ini Berubah Drastis Selama Bertahun-tahun

Kucing senior yang cantik ini memiliki beberapa marking yang tidak biasa, namun ketika ia lahir, ia tampak sangat berbeda. Lebih dari satu dekade lalu, bulu kucing ini berwarna charcoal, namun

Cat News

Arthur si Kucing Subway Telah Hilang dari Rumahnya di Brooklyn!

Catlovers semua apa pernah mendengar berita yang cukup menggemparkan dunia kucing pada tahun 2013 tentang 2 kucing yang bernama Arthur dan August? Ya, artikel ini ada kaitannya dengan mereka! Namun,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!