Program “Working Cats” Menjadi Solusi Terbaik untuk Para Kucing Terlantar
10/04/2016 1416 Views

Program “Working Cats” Menjadi Solusi Terbaik untuk Para Kucing Terlantar

Holla catlovers! Apa kabarnya hari ini? Tentu kami selalu mengharapkan keadaan yang sehat dan selalu bersemangat untuk catlovers dan juga kucing-kucing peliharaan dirumah! Anyway, kami juga tidak akan lupa untuk memberikan kabar berita, tips dan hal apapun yang menyangkut tentang si kucing yang selalu menggemaskan ini. Lalu kira-kira apa ya bahasan cattery.co.id untuk bahasan kali ini? Apakah tentang kisah menyentuh seekor kucing? Atau mungkin hal-hal yang memotivasi kita? Daripada menebak-nebak, lebih baik kita segera masuk ke topic kali ini ya catlovers? So stay tuned dan jangan berpindah web karena berita menarik sudah ada didepan catlovers semuanya!

Lilly-3Seekor kucing terlantar kini bukanlah menjadi masalah setelah Working Cats dibentuk oleh Humane Society.

Semua orang pada zaman dahulu yang memiliki rumah tua dan cukup using namun seringkali tidak dihuni pasti memilih untuk memelihara seekor kucing atau beberapa ekor kucing di dalam rumahnya. Apa tujuannya? Untuk membuat rumah yang kosong tersebut bebas dari hama tikus. Lalu apakah kebiasaan tersebut masih dijalankan oleh banyak orang di masa modern seperti ini? Sepertinya iya catlovers, karena Humane Society sekarang telah membuat sebuah program yang dinamakan Working Cats, dimana Working Cats ini merupakan sebuah tim yang dibentuk untuk dapat disewa atau bahkan dipelihara oleh tiap-tiap orang yang membutuhkan. Tentu kucing-kucing yang tergabung di Working Cats adalah kucing-kucing terlatih yang sudah terbiasa untuk memburu hama tikus. Apakah ide ini merupakan sebuah ide yang cemerlang sebagai jalan keluar penanganan dan pemberdayaan kucing mengingat populasinya yang semakin meningkat? Tentu saja iya, karena dengan adanya Working Cats ini dikatakan bahwa program pembunuhan massal untuk kucing-kucing terlantar yang tidak terpelihara di tiap-tiap penangkaran kucing (swasta) tidak lagi dianjurkan bahkan akan dilarang agar diganti dengan adanya program Working Cats ini. Hebat bukan?

iStock_000005544349XSmallKucing yang ‘bekerja’ di Working Cats tidaklah dipaksa untuk bekerja melainkan melalui proses pelatihan terlebih dahulu dan dibuat terbiasa kembali untuk berburu tikus sebelum dilepas ke lapangan.

calico-250-250 kotak-250x250

Namun hingga saat ini program Working Cats dari Humane Society masih bergerak dibidang part-time (belum bias dipelihara langsung pada hari pertama bertugas) mengingat tim yang dibentuk dari Working Cats dari setiap penyewaan adalah 3-4 ekor kucing yang akan ditugaskan. “Jadi dari setiap orang yang ingin menyewa jasa dari Working Cats, kami akan memberikan klien kami 3-4 ekor kucing yang ditugaskan untuk memburu tikus di rumahnya, gudangnya atau tempat manapun yang mereka ingin bebaskan dari hama tikus. Akan tetapi setiap kucing pasti akan merasa kurang biasa menjelajah rumah yang memiliki banyak ruangan dan merupakan tempat  baru bagi mereka. Mereka tetap bias melaksanakan tugasnya di dalam rumah meskipun lebih efektif apabila mereka ditugaskan di gudang atau halaman yang luas dan tidak terkotak-kotak (terdiri dari banyak ruangan” tukas salah seorang petugas Humane Society yang bertanggung jawab dari program Working Cat.

Fritz+0404.00_00_30_09.Still001+copyUang yang dihasilkan oleh si kucing atas pekerjaannya berburu tikus tidak diambil sepeserpun oleh pihak Humane Society, akan tetapi diberikan kepada si kucing untuk mengelola makanan sehari-harinya.

Di Minnesota dimana masih banyak perumahan yang menggunakan sumur katrol untuk menimba air, peternakan / perkebunan kecil dan gudang masih terlihat banyak dan jauh lebih besar dari rumah para pemiliknya adalah target tempat yang dituju oleh program Working Cats. Fritz dan Nutmeg adalah 2 ‘ekor’ karyawan yang sudah mulai ditugaskan di Minnesota oleh Working Cats. Mereka berdua ditugaskan di sebuah perusahaan yang dinamakan Ramy Turf Products dan di pimpin oleh Jim Trenter. Jim pada awalnya terbiasa dengan membasmi hama tikus tersebut dengan menebarkan racun tikus di dalam ruangan-ruangan yang sekiranya terdapat banyak tikus bersembunyi. Namun semakin kesini, populasi tikus tersebut semakin banyak dan membuat Jim frustasi lalu kehilangan akal untuk membasmi tikus di Ramy Turf Products. “Saya merasa frustasi disaat tikus jumlahnya semakin banyak disini dan kuota bibit rumput kami semakin menurun dan habis karena dimakan oleh tikus-tikus tersebut” tukas Jim. “Bahkan jujur saja, saya dapat kehilangan (merugi) hingga $10.000 per tahunnya semenjak populasi tikus tidak dapat saya hilangkan dari Ramy Turf Products. Untung saja Humane Society memiliki program yang brilliant seperti Working Cats ini sehingga niat saya untuk mengadopsi kucing liar di dalam perusahaan saya semakin dimudahkan jalannya. Dilain hal dengan saya menggunakan jasa Working Cats ini, saya telah menyelamatkan hidup Fritz dan Nutmeg yang hamper disuntik mati di penangkarannya karena telah lama tidak ada yang berniat memelihara mereka. Saya tidak habis fikir dengan adanya peraturan tidak manusiawi seperti itu” tambah Jim.

Feral catsPeraturan untuk membunuh / menyuntik kucing yang terlantar / liar dan tidak terurus di sebuah penangkaran merupakan sebuah peraturan yang tidak manusiawi dan menjadi salah satu alasan utama mengapa Humane Society membentuk program Working Cats.

Jim sangat merasa puas dengan kinerja kedua sahabat sekaligus ‘karyawan’ barunya di Ramy Turf Products sekarang. Jim juga merasa sangat terkagum dan bersyukur dengan pengeluaran yang sangat minim dan juga tenaga yang tidak perlu diperas sedemikian rupa, ia mendapatkan hasil yang sangat maksimal dan tidak diekspektasikan sebelumnya. Nutmeg memang tidak begitu dekat dengan para manusia yang berada disana dan seringkali bersembunyi jika ada yang lewat, namun untuk masalah kinerja mengejar tikus, ia adalah jagonya! Disini Fritz agak sedikit berbeda dengan Nutmeg dimana Fritz dapat dengan mudah merasa dekat dengan para orang-orang yang bekerja disana, bermain-main disiang hari dan menyender ke kaki-kaki tiap karyawan yang sering mengelusnya. Lalu untuk kinerja? Fritz juga tidak kalah dengan Nutmeg tentunya!

29939Semenjak adanya program Working Cats besutan Humane Society, angka pembunuhan / penyuntikkan mati untuk menekan populasi kucing sangat menurun drastis.

Lalu 6 Jam perjalanan yang harus ditempuh ke Chicago, dilaporkan ada sebuah konstruksi area yang amat sangat dirajai oleh tikus dan susah sekali untuk dibasmi oleh manusia sekalipun. Bahkan dengan racun tikus, mereka juga terlihat seperti kebal. Lebih tepatnya permasalahan hama tikus yang membandel ini berada di sebuah rumah tua sekitaran Lincoln Park, Chicago. Seorang pemilik rumah yang bernama Victoria Thomas yang tinggal di sekitaran rumah tua di Lincoln Park tersebut menyebutkan bahwa ada sekurang-kurangnya 400 ekor hama tikus didalam rumah tua tersebut hingga akhirnya ia merasa tidak dapat tinggal diam dan menyewa jasa Working Cats dan membawa satu koloni kucing liar yang disebar di dalam rumah dan juga sekitaran rumah tua tadi. Hasilnya? Rumah tersebut kini telah bebas dari tikus dan banyak sekali bangkai tikus yang akhirnya berserakkan karena telah berhasil diburu oleh si kucing. “Tentu ini merupakan sebuah pencapaian dimana kami merasa sangat terganggu dengan hama tikus dan akhirnya gangguan itu berakhir total” tukas Victoria. “Tentu saja sebelumnya saya menebar racun yang amat sangat banyak untuk tikus-tikus disana namun mereka seperti sudah kebal dan tidak ada tanda-tanda tikus yang sudah mati. Saya sudah memasang ratusan jebakan tikus namun tetap saja jumlah mereka bertambah. Namun sekarang, dengan biaya yang jauh lebih sedikit saya dapat membasmi seluruh tikus. Ditambah lagi kucing-kucing tersebut sekarang telah menjadi peliharaan saya. Saya merasa sangat senang dengan adanya mereka” tambah Victoria.

56b11897efdac.imageNeed help?

Apa yang sekarang dibutuhkan oleh oleh Humane Society justru adalah lebih banyak karyawan dan relawan yang ingin terjun juga didalam program Working Cats ini karena tidak diekspektasikan akan meledak seperti sekarang. Karyawan yang mereka butuhkan adalah orang dan juga kucing yang akan mejnadi petugas lapangannya. Tentu saja banyak pihak (terutama perusahaan yang bergerak di bidang agrobisnis) mulai menengok dan menaruh perhatian penuh untuk Working Cats ini sebagai sebuah asset pada tiap bisnis. Mungkin kah catlovers dirumah terfikir untuk menggunakan jasa ini dirumah atau tempat catlovers bekerja? Well, kita cukup berharap semoga saja kelak Humane Society membangun cabang Working Cats di Indonesia ya catlovers!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Penyelamatan Kucing yang Terperangkap dalam Salju

Cuaca ekstrem mungkin menjadi hal biasa di negara-negara yang dekat dengan kutub utara maupun selatan, contohnya Zlatoust, salah satu kota di Rusia. Sering kali suhu di kota tersebut mencapai titik beku 0 derajat Celcius,

Cat News

“Cats” Drama Musikal Klasik Bertema Kucing yang Diangkat kembali ke Broadway!

Kucing. Mereka seringkali diangkat menjadi sebuah topik dalam berbagai bidang. Banyak sekali contohnya, seperti tema film, tema lagu, tema fotografi bahkan drama musikal klasik pun menggunakan kucing sebagai dasar idenya.

Cat News

Anjing Ini Kehilangan Kucing Sahabatnya Akibat Kanker, Kini Ia Mendapatkan Teman Baru

Forsberg, seekor anjing Golden Retriever memiliki sahabat terbaik seekor kucing. Kucing berwarna ginger ini juga sangat sayang pada Forsberg. Dua sahabat ini memiliki ikatan yang sangat kuat. Si kucing ginger

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!