Produk-Produk Pembersih ini Bisa Meracuni Kucing Kamu!
14/09/2016 7710 Views

Produk-Produk Pembersih ini Bisa Meracuni Kucing Kamu!

Apakah terdapat racun tersembunyi dalam produk-produk pembersih yang kamu miliki?

Kita semua tentu menginginkan rumah yang bersih dan wangi, akan tetapi apakah produk-produk pembersih tersebut berpotensial meracuni kucing kita? Kali ini Cattery.co.id akan membahas beberapa bahan kimia yang biasa terkandung dalam produk-produk pembersih rumah tangga

Poisoning

Fenol

calico-250-250 kotak-250x250

Biasanya terkandung di dalam produk pembersih beraroma cemara atau beberapa produk dengan nama yang mengikutsertakan kata “sol”. Produk pembersih yang mengandung fenol biasanya pembersih lantai dan pembasmi serangga. Fenol juga terdapat pada cat dan penghilang noda, getah sintetis dan bahan perekat yang terbuat dari karet. Bahan-bahan kimia ini dapat terhirup, tersentuh bahkan dapat tertelan oleh kucing saat kucing menjilati kakinya yang baru saja berjalan diatas lantai yang dibersihkan. Fenol dapat menyebabkan rasa panas dan terbakar, sesak napas, dan bahkan merusak protein dalam sel kucing yang berujung pada kerusakan hati, jantung dan ginjal. Serem ya!

slide_66

Aroma Buatan

Hampir semua produk pembersih, sabun cuci, pelembut pakaian, pengering baju, penghilang bau karpet, penghilang bau udara, bahkan penghilang bau hewan mengandung aroma buatan. Beberapa kucing yang terpapar bahan kimia ini dapat mengalami alergi pada kulit atau pernapasannya.

Fragrance-Chemicals-The-New-Secondhand-Smoke

Amoniak

Amoniak biasa ditemukan dalam pembersih oven dan jendela. Cairan ini dapat menyebabkan iritasi pada membran selaput lendir pada mulut, hidung dan mata. Jika klorin dan amoniak digabungkan akan membuat reaksi kimia berupa gas klorin, asam hidroklorida, dan beberapa bahan kimia berbahaya lainnya. Gas klorin lebih berat dari udara dan akan menempati tempat yang lebih rendah (seperti dekat dengan lantai) yang membuat kucing lebih mudah terpapar.

formation-and-fate-of-ammonia-18-638

Klorin

Ditemukan dalam cairan pemutih, pembersih toilet, sabun pencuci piring otomatis, penyeka yang mengandung antibakteri, pembersih multi fungsi, dan pembersih jamur. Saat terpapar kucing, akan menyebabkan masalah pernapasan, iritasi kulit dan mata, dan apabila klorin terhirup dalam jumlah yang cukup, mulut dan kerongkongan akan terbakar.

chlorine-hazards-2009-17-728

Permethrin

Permethrin/insectisida terdapat pada shampo perawatan kutu untuk anjing, juga beberapa produk untuk rumah tangga seperti semprotan serangga atau kapur semut. Kucing yang terpapar permethrin dapat mengalami kejang otot, kehilangan kesadaran, mengeluarkan air liur berlebihan, demam, dilatasi pupil, dan berkurangnya koordinasi gerak.

01-permethrin

Naphtalin

Terkandung dalam kapur barus dan bisa menyebabkan muntah, diare, meningkatkan kuantitas minum dan buang air kecil, kehilangan kesadaran. Apabila terpapar dalam jumlah yang sangat banyak dapat membahayakan nyawa kucing.

TIPS_The-Laundress-on-Mothballs-DESC

Bersih yang aman

  • Gunakan pembersih yang aman untuk hewan, jadi kamu dan hewan peliharaan kamu dapat bernapas dengan mudah.
  • Gunakan pembersih yang non-toxic, berbahan dasar tumbuhan, tidak mengandung aroma buatan dan bisa di daur ulang. Banyak produk bagus dengan kategori ini.
  • Gantilah pembersih kaca yang mengandung ammoniak dengan cuka dan air.
  • Gunakan kayu cedar untuk lemari baju daripada menggunakan kapur barus, dan bonusnya, aroma akan lebih segar dengan kayu cedar.
  • Untuk bau tidak sedap, bukalah satu atau dua jendela untuk sirkulasi udara bersih. Beberapa pemurni udara juga dapat menghilangkan bau.
  • Gunakan produk-produk alami seperti jagung, aromanya yang ringan dan alami membuat orang dan kebanyakan kucing menyukainya.
Cute cat enjoying himself outdoors.

Kucing sehat

Sebagai pemilik kucing, mulai sekarang kita harus selektif ya catlovers dalam menggunakan bahan-bahan rumah tangga. Ternyata bisa berakibat fatal buat kucing atau bahkan untuk ke kita sendiri sebagai pemiliknya.

(nes)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Merebut Kembali Tempat Tidur

Seekor anak anjing French Bulldog berumur 10 minggu berusaha merebut kembali tempat tidurnya yang diklaim oleh si kucing. Namun si kucing tetap bersikukuh tidak mau pindah dari tempat tidur si

Dunia Kucing

Steve dan Sahabat-Sahabat Domba-nya!

Kucing merupakan hewan peliharaan yang dapat dikategorikan sebagai hewan yang soliter. Mereka mungkin lebih sering menghabiskan waktunya berdiam diri, tidur dan bersantai. Mereka mungkin hanya akan bermain dengan kita sebagai

Dunia Kucing

Ternyata Tidur Bersama si Kucing Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Kita!

Hallo catlovers! Apa kabar catlovers dan si kucing hari ini? Pasti selalu baik dan tetap bersemangat bukan? Tapi sebesar apapun semangat kita, jangan pernah kita melupakan satu hal penting yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!