Pola Warna Tortoiseshell (Tortie) dan Calico pada Kucing
20/10/2015 10560 Views

Pola Warna Tortoiseshell (Tortie) dan Calico pada Kucing

Pada kali ini cattery.co.id akan membahas dua pola warna, yaitu Tortoiseshell (atau yang disebut dengan Torties) dan Tortoiseshell and white (atau yang disebut sebagai calico). Dinamakan Tortoiseshell karena warna ini mirip dengan warna cangkang kura-kura, yaitu perpaduan warna orange dan hitam. Sedangkan Calico adalah pola warna Tortie dengan penambahan gen modifikasi white spotted. Tahukah catlovers jika warna Tortie dan Calico hanya dapat dimiliki oleh kucing betina saja? Jikalau ada kucing jantan yang memiliki pola Tortie dan Calico pada umumnya memiliki gangguan daya tahan dan hampir selalu steril tidak bisa memiliki keturunan. Kenapa bisa seperti itu ya?

Bagaimana Pola Warna Tortie Terbentuk?

Untuk memahami pola warna Tortie, maka kita harus memahami dahulu genetik warna dasar pada kucing. Masih ingat kah catlovers bahwa kucing hanya memiliki 2 warna dasar dan warna dasar ini berkaitan erat dengan kromosom seks pada kucing? (lihat: Genetik Warna dan Pola Dasar pada Kucing).

effie-sunshine-center_1contoh kucing berwarna Tortoiseshell atau Tortie

Warna merah/orange pada kucing disebabkan oleh gen “O”, gen ini lah yang mengubah pigmen hitam menjadi pigmen berwarna kemerahan. Gen O ini berada di kromosom X. Kucing jantan normal memiliki genetik XY; ia hanya perlu mewarisi satu gen O untuk berubah menjadi warna merah. Sedangkan pada kucing betina yang normal memiliki genetik XX. Ia harus mewarisi dua gen O untuk menjadi kucing merah, jika ia hanya mewarisi satu gen O maka warnanya akan menjadi Tortie.

calico-250-250 kotak-250x250

MamBio_img039pewarisan pola warna tortoiseshell pada kucing

Untuk lebih akuratnya, O = warna orange dan o = “non-orange”, itu berarti bahwa o memungkinkan warna apa saja yang terdapat pada kromosom lainnya untuk muncul (hitam, biru, coklat dll). Sedangkan gen O mengkonversi warna hitam/chocolate/cinnamon dll menjadi pigmen merah. Untuk menyederhanakan, artikel ini mengacu o sebagai “hitam” karena itu adalah warna non-orange yang paling sering terlihat pada warna tortie dan calico.

Kucing Tortoiseshell and White (Calico)

Bercak putih pada kucing tortie-and-white (calico) disebabkan oleh gen modifikasi white spotted (lihat: Pola Warna Bicolor (Dua Warna) pada Kucing). Kucing Calico adalah gen semi-dominan dengan berbagai bentuk pola dari hampir seluruhnya putih hingga hampir seluruhnya berwarna dengan beberapa corak putih pada bulunya. Biasanya warna putih ini berada pada daerah terjauh dari tulang punggung kucing – seperti pada cakar, perut, dada dan dagu – daerah ini yang biasanya memiliki corak putih.

l-Did-you-know-all-calico-cats-are-femalekucing berwarna tortoiseshell and white atau yang dikenal sebagai calico

Salah satu efek dari white spotting pada kucing tortie adalah mengubah pola belang menjadi “patched/tambalan”. Kucing tortie dengan sedikit atau tanpa warna putih cenderung memiliki bulu belang-belang bercampur. Namun, semakin banyak warna putih, maka semakin terpisah warna hitam dan merahnya dan tidak bercampur.

tortie-white-spottingsemakin banyak gen putih pada kucing, maka warna hitam-merah pada kucing semakin terpisah dan tidak bercampur

Modifikasi Pola Warna Tortie dan Calico

Setelah kita mengetahui bahwa untuk membentuk warna tortie dibutuhkan dua warna hitam dan merah, lalu dengan penambahan gen modifikasi white mitted dan white spotted maka warna tortie akan berubah menjadi calico/tortoiseshell and white. Lalu apakah gen modifikasi lainnya bisa berpengaruh? Jawabannya adalah iya.

Modifikasi Gen Dilute. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang gen dilute (lihat: Warna Solid dan Gen Dilute pada Kucing), gen dilute tersebut bisa merubah warna dasar hitam dan merah pada kucing menjadi versi warna dilute. Warna hitam bisa berubah menjadi blue/abu-abu dan warna merah menjadi cream.

tortie-varietiescontoh pengaruh gen dilute pada tortie dan calico

Modifikasi Gen Tabby. Selanjutnya gen modifikasi tabby juga bisa mengubah pola warna tortie dan calico pada kucing lho catlovers. Pola warna ini disebut tortoiseshell-tabbies, atau biasa disebut dengan patched tabbies atau torbies.

tabby-tortiescontoh pengaruh gen tabby pada tortie dan calico

Bagaimana Menghasilkan Kucing Tortoiseshells?

Untuk menghasilkan anakan kucing tortoiseshell, setidaknya salah satu indukan kucingnya harus memiliki gen O (warna merah). Jantan merah dan betina merah hanya akan menghasilkan anakan kucing berwarna merah. Kombinasi yang dibutuhkan untuk menghasilkan anak kucing tortoiseshell adalah jantan merah dan betina non-merah (hitam), atau betina merah dan jantan non-merah (hitam). Selain itu hanya kucing betina saja lah yang bisa memiliki warna tortie ini, sedangkan anakan jantan hanya akan memiliki warna merah atau hitam saja.

inheritance-tortiepola pewarisan warna tortie pada kucing

Berikut ini adalah pola warna yang dihasilkan ketika betina tortoiseshell dikawinkan dengan pejantan merah ataupun hitam. Karena betina tortie heterozigot, ia dapat menurunkan baik gen warna merah ataupun gen non-merah (hitam). Warna yang muncul pada anak kucing juga bergantung pada jenis kelaminnya.

Gen dari Pejantan Warna Merah Gen dari Betina Tortoiseshell
O (merah) o (non-merah/hitam)
O (merah) Kromosom X OO (Betina Merah) Oo (Betina Tortie)
Tak ada Gen (Kromosom Y) O– (Jantan Merah) o– (Jantan Hitam)

———————————————

Gen dari Pejantan Warna Hitam Gen dari Betina Tortoiseshell
O (merah) o (non-merah/hitam)
o (non-merah/hitam) Kromosom X Oo (Betina Tortie) oo (Betina Hitam)
Tak ada Gen (Kromosom Y) o– (Jantan Hitam) o– (Jantan Hitam)

Itulah penjelasan dari cattery.co.id mengenai pola warna tortoiseshell dan calico. Semoga artikel ini menambah pengetahuan catlovers mengenai pola warna pada kucing. Apakah catlovers memiliki kucing tortie dan calico di rumah?

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pola Warna Kucing

Genetik Warna dan Pola Dasar pada Kucing

Banyak diantara catlovers yang sering bertanya, jika saya mengawinkan kucing warna A dengan warna B, maka akan menjadi warna apa bayi kucingnya. Pada pembahasan kali ini cattery.co.id akan membahas genetik

Pola Warna Kucing

Mengenal Pola Tabby pada Kucing

Salah satu yang menarik dari pola warna kucing adalah Tabby.  Kita sering menyebut kucing kita dengan panggilan “si Belang” karena pola Tabby ini. Ada berbagai macam pola Tabby pada kucing.

Pola Warna Kucing

Pola Warna Colorpoint atau Himalaya pada Kucing

Masih banyak diantara catlovers yang masih salah mengira bahwa Kucing Himalaya adalah jenis kucing. Anggapan ini tentu saja salah, Himalaya pada kucing bukan lah termasuk jenis kucing, tetapi adalah pola

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!