Pola Warna Colorpoint atau Himalaya pada Kucing
30/11/2015 3889 Views

Pola Warna Colorpoint atau Himalaya pada Kucing

Masih banyak diantara catlovers yang masih salah mengira bahwa Kucing Himalaya adalah jenis kucing. Anggapan ini tentu saja salah, Himalaya pada kucing bukan lah termasuk jenis kucing, tetapi adalah pola warna. Pola warna Himalaya atau yang disebut dengan colorpoint adalah salah satu bentuk albinism pada hewan. Selain pada kucing, pola Himalaya banyak juga ditemukan pada beberapa jenis mamalia seperti kelinci dan kambing di daerah Himalaya.

development point colour

calico-250-250 kotak-250x250

Terdapat sedikit perbedaan corak colorpointed pada hewan yang lahir di daerah beriklim hangat, yaitu warnanya tidak begitu kontras terlihat. Anak kucing yang berwarna colorpointed dilahirkan dengan bulu yang hampir berwarna putih solid dengan warna kulit berwarna merah muda, baru setelah bayi lahir pola warna pointed akan berkembang. Karakteristik mata biru pada kucing colorpointed akan merefleksikan warna kemerahan pada malam hari karena efek gen albinisme yang mempengaruhi tapetum (lapisan reflektif) pada mata, sedangkan mata kucing yang non-albino akan merefleksikan warna kehijauan.

albino seriesvariasi pola warna colorpoint

mata colorpointwarna mata kucing colorpoint

Kucing yang paling kita kenal memiliki pola colorpointed adalah kucing Siamese, Kucing Birman, Kucing British Shorthair, Kuicng Ragdoll, Kucing Exotic dan Kucing Persia. Kebanyakan, walaupun tidak semuanya, kucing yang memiliki pola colorpoint memiliki leluhur Kucing Siamese diantara garis keturunannya, atau paling tidak ia memiliki keturunan kucing Thailand, Asia atau Jepang di cabang keturunannya. Pola colorpointed pun terbagi menjadi tiga kategori, pola Sepia yang memiliki kontras yang rendah (biasanya dimiliki oleh ras kucing burmese); pola himalayan dengan kontras yang paling tinggi; dan pola mink yang berada di tengah-tengah antara sepia dan himalayan.

himalayan patternmink patternsepia pattern

Kucing Siamese terkenal dengan pola colorpoint

Kucing Siamese terkenal dengan pola colorpoint

 

Pola Pewarisan Pola Colorpoint

Jika catlovers sudah membaca artikel (Genetik Warna dan Pola Dasar pada Kucing) maka catlovers sudah mengetahui bahwa colorpointed adalah Gen Modifikasi yang tidak terkait dengan kromosom seks. Gen Colorpointed pada kucing adalah gen yang resesif, jika gen ini bertemu dengan warna gen yang solid maka dapat dipastikan keturunannya akan berwarna solid namun menjadi carrier gen colorpoint. Berikut adalah gambar pola penurunan gen colorpoint pada kucing.

colourpoint keturunan

Lalu bagaimana jika terjadi pola perkawinan diantara pola himalaya, mink atau sepia. Pola apa yang akan dimiliki oleh keturunannya? Kali ini cattery.co.id akan mencoba menjelaskannya pada catlovers. Selalu ingat simbol genetik yang dimiliki masing-masing pola colorpoint: pola himalaya (cs/cs); sepia (cb/cb) dan mink (cb/cs). Berikut ini adalah ilustrasi agar catlovers bisa memahaminya lebih lanjut.keturunan ragam colourpoint copy

Gen Colorpoint dengan Gen Modifikasi Lainnya

Bisakah gen colorpoint berkolaborasi dengan gen modifikasi lainnya? Jawabannya tentu bisa. Berikut beberapa contoh kolaborasi gen colorpoint dengan gen modifikasi lainnya.

colorpoint dilute

contoh gabungan gen colorpoint dengan gen dilute

 

contoh gabungan gen colorpoint dengan tabby atau tortie

other point patterns

contoh gabungan gen colorpoint dengan lainnya

 

Jadi bisa dikatakan bahwa banyak sekali pola warna yang bisa bercampur dengan gen colorpoint pada kucing. Namun yang perlu diingat oleh catlovers adalah beberapa asosiasi kucing seperti TICA, FIFe, dan CFA membuat restriksi pola warna terhadap beberapa ras kucing tertentu. Jadi tidak semua kucing ras boleh memiliki pola colorpoint, semua itu demi menjaga standarisasi kemurnian ras kucing tersebut. So, jangan sembarang melakukan kawin campur atau mixed diantara kucing ras jika kita belum memiliki pengetahuan tentang standarisasi kucing ras dan genetika ya.

WP31949-large

Selain dimiliki kucing, pola himalay juga bisa dimiliki oleh kelinci lho!

Itu adalah penjelasan dari Cattery.co.id mengenai pola colorpoint. Jadi jangan sampai salah lagi ya catlovers menyebut kucingnya sebagai kucing ras himalaya, karena himalaya adalah pola warna pada kucing. Semoga informasi ini menambah pengetahuan catlovers!

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pola Warna Kucing

Mengenal Pola Tabby pada Kucing

Salah satu yang menarik dari pola warna kucing adalah Tabby.  Kita sering menyebut kucing kita dengan panggilan “si Belang” karena pola Tabby ini. Ada berbagai macam pola Tabby pada kucing.

Pola Warna Kucing

Warna Solid dan Gen Dilute pada Kucing

Pada artikel sebelumnya cattery.co.id telah membahas mengenai tentang Genetik Warna dan Pola Dasar pada Kucing. Jika sudah membaca artikel sebelumnya, catlovers pasti sudah mengetahui bahwa kucing memiliki 2 warna saja,

Pola Warna Kucing

Genetik Warna dan Pola Dasar pada Kucing

Banyak diantara catlovers yang sering bertanya, jika saya mengawinkan kucing warna A dengan warna B, maka akan menjadi warna apa bayi kucingnya. Pada pembahasan kali ini cattery.co.id akan membahas genetik

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!