Pola Warna Bicolor (Dua Warna) pada Kucing
10/10/2015 8059 Views

Pola Warna Bicolor (Dua Warna) pada Kucing

Kali ini cattery.co.id akan mencoba membahas pola warna bicolor pada kucing. Apakah bicolor itu? Bicolor adalah pola warna yang merujuk pada warna putih dan satu warna lainnya. Warna lainnya itu dapat berupa warna solid atau pola tabby. Pola Bicolor umumnya ditemui pada kucing ras campuran (mixed), namun pola warna ini juga diterima di banyak jenis kucing ras lainnya.

turkish vanTurkish Van adalah salah satu jenis kucing yang memiliki pola warna bicolor

Beberapa catlovers pasti ada yang pernah mendengar istilah Harlequin dan Van, apakah itu? Beberapa asosiasi kucing seperti ICA (Indonesian Cat Association) yang merujuk FIFe (The Fédération Internationale Féline), memecah warna bicolor menjadi tiga kategori, yaitu Harlequin, Bicolor dan Van.

Istilah Harlequin digunakan untuk mendeskripsikan pola warna kucing dimana warna putih mendominasi warna kucing dengan beberapa bercak warna berukuran besar. Bagian bulu yang berwarna tidak kurang dari 25% dan tidak lebih dari 50% dari keseluruhan tubuh kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

harlequin patterncontoh pola warna harlequin

Sedangkan istilah Van digunakan untuk mendeskripsikan pola warna kucing dimana seluruh warna putih hampir menutupi tubuh kucing, hanya menyisakan bercak atau percikan kecil warna diantara kuping dan pada ekornya. Tiga bercak warna kecil yang tidak teratur pada tubuhnya dapat ditoleransi. Sedangkan dada perut si kucing harus berwarna putih

van patterncontoh pola warna Van

Selanjutnya istilah Bicolor digunakan untuk mendeskripsikan warna kucing dimana warna lainnya lebih dominan dibandingkan warna putih. Warna lain harus dapat terlihat jelas terspisah dengan warna putih. Warna lainnya harus lah tidak kurang dari 50% dan tidak lebih dari 75%, sedangkan sisanya harus berwarna putih.

bicolour and mitted patterncontoh pola warna bicolor

Selain itu ada istilah lain yang digunakan untuk kategori bicolor lainnya, yaitu “… and white”. Biasanya digunakan pada kucing yang memiliki warna solid atau warna berpola dengan tambahan ‘white marking’. Biasanya warna putih tidak lebih dari 25% dari seluruh tubuhnya. Jika warna putih hanya sedikit saja (biasanya berada di hidung, dibagian bawah antara kaki depan dan pangkal ekor, serta di ujung kaki), disebut dengan sebutan White Mitted.

mittedcontoh pola warna mitted

Istilah lainnya yang mungkin catlovers pernah dengar adalah Tuxedo. Ya, kucing tuxedo adalah tipe bicolor yang terlihat seperti si kucing sedang menggunakan tuxedo. Biasanya kucing ini memiliki white mitted di bagian dada, perut dan hidung (beberapa juga memiliki white mitted di bagian ujung ekor).

Tuxedo pola warna Mitted dan Tuxedo

Gen yang Berpengaruh dalam Pola Warna Bicolor

Setelah mengetahui istilah dan berbagai macam contoh pola macam bicolor pada kucing, maka kita akan mulai memasuki pembahasan lebih dalam lagi, yaitu gen-gen yang berpengaruh dalam pembentukan pola warna bicolor. Untuk membentuk pola calico tentu saja dibutuhkan warna dasar merah dan hitam beserta warna solid lainnya dengan gen modifikasi dilute. Selain itu, kucing juga bisa memiliki gen modifikasi tabby.

bicolour-facespola marking pada muka kucing bicolor

Selanjutnya dibutuhkan gen yang paling peting dalam membentuk pola warna bicolor, yaitu gen modifikasi “White Spotting (S)” atau/dan “White Mittening (Sb)” yang keduanya bersifat dominan. Masih ingat kan catlovers bahwa gen modifikasi ini tidak berhubungan dengan kromosom seks, jadi baik pejantan dan betina bisa memiliki 2 pasang alel gen modifikasi ini di dalam tubuhnya.

S – White Spotting

Genotipe Deskripsi Fenotipe
S/S Homzigot – White Spotted White spotted kategori Harlequin dan Van dengan dominasi warna putih.
S/s Heterozigot – White spotted dengan carrier non-spotting White spotted dengan kategori bicolor. Warna putih tidak terlalu mendominasi bulu kucing.
s/s homozigot – Non White spotted Tidak ada pola white spotted pada bulu kucing.

black-and-white-spotted-kittengoldclan-n6y7mpjshasil gen modifikasi white spotted terhadap warna dasar hitam

Sb – White Mittening

Genotipe Deskripsi Fenotipe
Sb/Sb Homozigot – white mitted dominan white mitted dengan berbagai bentuk
Sb/sb Heterozigot – White mitted dengan carrier non-mitted White mitted dengan berbagai bentuk
sb/sb Homozigot – Non mitted Tidak ada white mitted pada bulu kucing

black-and-white-kitten-with-blue-eyes-gpdd2cq0hasil gen modifikasi white mitted terhadap warna hitam

Berdasarkan tabel diatas dapat dilihat bahwa gen modifikasi white spotting dan white mittening sebagai penyebab munculnya pola warna Bicolor bersifat dominan. Jika gen white spotting dan white mittening homozigot ada di dalam tubuh kucing, maka dapat dipastikan semua anaknya akan memiliki pola bicolor — kecuali jika dikawinkan dengan kucing berwarna putih homozigot. Masih ingat kan bahwa warna putih pada kucing bukan lah warna, namun gen masking yang akan mengalahkan semua warna dan pola.

Itu lah pembahasan cattery.co.id mengenai pola warna bicolor pada kucing. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah pengetahuan catlovers mengenai genetika dan pola warna pada kucing. Apakah catlovers memiliki kucing bicolor di rumah?

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pola Warna Kucing

Pola Warna Tortoiseshell (Tortie) dan Calico pada Kucing

Pada kali ini cattery.co.id akan membahas dua pola warna, yaitu Tortoiseshell (atau yang disebut dengan Torties) dan Tortoiseshell and white (atau yang disebut sebagai calico). Dinamakan Tortoiseshell karena warna ini

Pola Warna Kucing

Genetik Warna dan Pola Dasar pada Kucing

Banyak diantara catlovers yang sering bertanya, jika saya mengawinkan kucing warna A dengan warna B, maka akan menjadi warna apa bayi kucingnya. Pada pembahasan kali ini cattery.co.id akan membahas genetik

Pola Warna Kucing

Pola Warna Colorpoint atau Himalaya pada Kucing

Masih banyak diantara catlovers yang masih salah mengira bahwa Kucing Himalaya adalah jenis kucing. Anggapan ini tentu saja salah, Himalaya pada kucing bukan lah termasuk jenis kucing, tetapi adalah pola

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!