Pola Makan Seimbang Bagi Kucing
09/11/2016 727 Views

Pola Makan Seimbang Bagi Kucing

Pola makan kucing membutuhkan keseimbangan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Jika kamu memberikan makan secara teratur, berikan variasi antara yang segar dan makanan kucing dalam kemasan dengan mengikuti panduan-panduan dibawah ini, ini harus mencangkup semua kebutuhan tanpa penabahan suplemen seperti pil vitamin. Bacalah label pada kemasan makanan kucing untuk melihat kandungan nutrisinya.

Protein untuk Pertumbuhan dan Daya Tahan

Must... eat... fish...!

Must... eat... fish...!

Protein terbuat dari asam amino yang merupakan komponen dasar tubuh. Mereka tidak hanya berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan, tetapi dapat juga diproses oleh metabolisme untuk menghasilkan energi. Jumlah protein yang dibutuhkan kucing tergantung dari umurnya. Tingkat keaktifan kucing akan berkurang sering dengan bertambahnya usia kucing, sehingga membutuhkan jumlah protein yang lebih sedikit dalam pola makannya. Sebagai tambahan, dengan berkurangnya efisiensi hati dan ginjal sejalan dengan bertambah tuanya umur kucing, maka berkurang juga kemampuan untuk mengeluarkan racun yang dihasilkan dari penguraian protein. Seekor anak kucing, karena dalam masa pertumbuhan dan sedang membangun massa otot, membutuhkan sekitar 50 persen protein dalam pola makannya, dan 30 persen untuk kucing dewasa muda. Pada level ini 20 persen lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan anjing di usia yang sama. Sistem pencernaan kucing memproses protein dengan efisien sehingga hanya tersisa 5 persen protein yang tidak terserap dan dikeluarkan sebagai kotoran. Proses pencernaan protein harus terjadi secara teratur atau kucing akan kehilangan berat badannya dan kondisinya lemah. Di alam bebas, kucing mendapatkan asam amino esensial dari berbagai jenis hewan yang dimangsanya. Makanan yang mengandung protein tinggi adalah daging, ikan, telur, susu dan keju. Saat ini, semua kebutuhan nutrisi telah tersedia dalam kemasan, yang telah teruji dan diformulasikan untuk makanan kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

Lemak untuk Energi dan Pelarut Vitamin

Fish oil adalah sumber lemak terbaik

Fish oil adalah sumber lemak terbaik

Lemak adalah sumber energi nomor dua untuk kucing dan membentuk minimal 9 persen dari pola makan. Kucing dapat mencerna 95 persen dari total lemak yang dikonsumsinya; dan kelebihannya akan disimpan dibawah kulit untuk melindungi organ bagian dalam. Bagaimanapun, ketidakseimbangan antara lemak yang dikonsumsi dan yang digunakan akan mengakibatkan penumpukan lemak dan obesitas. Lemak akan diurai didalam tubuh menjadi asam lemak, yang sangat penting dalam pembentukan dan perbaikan membran sel seluruh tubuh. Sebagai tambahan, lemak juga berfungsi sebagai media pelarut vitamin kepada kucing, termasuk vitamin A, D, E dan K. Beberapa asam lemak sangat penting dalam pola makan kucing yang tidak bisa didapatkan dari sayuran, melainkan dari lemak hewan.

Karbohidrat Sebagai Sumber Energi Utama

Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk kebanyakan hewan, tetapi kucing dapat bertahan walaupun tanpa mengkomsi karbohidrat. Sumber makanan alami kucing adalah burung dan tikus dan secara relatif mengandung karbohidrat yang rendah, diluar dari nutrisi yang ada dalam perut mangsa. Bagaimanapun, karbohidrat adalah sumber energi yang lebih mudah dipakai tubuh dibandingkan dengan daging dan ikan yang mengandung protein tinggi. Itulah sebabnya biasanya komponen-komponen tersebut digabungkan dalam kebanyakan makanan kucing kemasan.

Karbohidrat dapat memberikan tambahan energi yang bermanfaat pada masa pertumbuhan, kehamilan, menyusui atau saat stress. Karbohidrat juga sumber serat yang berguna, yang tidak dapat dicerna kucing, dan dikeluarkan melalui kotorannya. Kucing liar mendapatkan serat dari bulu atau isi perut mangsanya, tetapi kucing domestik mendapatkannya dari kebanyakan makanan kucing kemasan yang berbentuk selulosa atau serat tumbuhan. Karbohidrat tidak boleh melebihi dari 40 persen dari pola makannya.

Mineral dan Vitamin

Protein, lemak, dan karbohidrat adalah nutrisi makro, dimana vitamin dan mineral adalah nutrisi mikro-mereka dibutuhkan dalam jumlah kecil. Seekor kucing dapat memproduksi vitamin C sendiri, oleh sebab itu tidak diperlukan vitamin C tambahan. Vitamin A, D, E dan K bekerja bersama-sama untuk menyempurnakan fungsi-fungsi tubuh, dan sudah sebaiknya ada dalam pola makan sehat dan seimbang bersama dengan vitamin B kompleks.

Kelebihan vitamin dapat berbahaya bagi tubuh. Kucing yang diberi makan hati terus menerus, contohnya (karena menyukai makanan yang mengandung banyak lemak), kemungkinan akan terjadi kelebihan vitamin A yang akan mengendap di dalam hati nya. Ini dapat menyebabkan masalah radang sendi termasuk, kaki, dan tulang punggung, bahkan bisa juga terjadi pada usia muda.

Terlalu banyak vitamin akan merusak kesehatan kucing, misalnya penyakit ginjal

Terlalu banyak vitamin akan merusak kesehatan kucing, misalnya penyakit ginjal

Mineral harus tersedia dalam jumlah yang cukup dan pada saatnya akan berhubungan antara satu dengan lainnya. Kebutuhan harian akan mineral makro (termasuk fosfor, kalsium, sodium, potassium dan magnesium) biasanya dalam beberapa milligram. Sebagai perbandingan, mineral mikro juga penting, tetapi kebutuhannya hanya beberapa mickogram  per hari. Seekor kucing yang memiliki pola makan yang seimbang dan teratur tidak mungkin menderita kekurangan mineral dan tidak membutuhkan suplemen.

Kalsium dan fosfor, contohnya terdapat pada susu dan sangat penting untuk pertumbuhan anak kucing. Anak kucing yang diberi pola makan daging terus menerus dan tidak cukup konsumsi susu akan menyebabkan masalah tulang yang serius karena makan terlalu banyak kandungan fosfor (terdapat dalam protein daging) akan tetapi kekurangan kalsium. Kesalahan ini suka dilakukan oleh beberapa breeder, biasanya yang mempeternakan kucing Siam. Mereka selama beberapa tahun menyapih anak-anak kucingnya dengan pola makan hanya daging dan air karena mereka percaya susu menyebabkan diare. Hasilnya, masalah tulang sering terjadi.

Sumber Makanan

Kamu bisa memberikan kucing kamu makanan yang dikalengkan atau makanan kering dalam kemasan untuk variasi. Sangat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari makanan tertentu, serta bahayanya pola makan yang tidak seimbang seperti terlalu banyak konsumsi hati dan vitamin A. Jika kamu ingin memberi makan kucing kamu secara khusus dengan makanan rumahan, diskusikanlah dengan dokter hewan khususnya pertimbangan tipe, variasi dan jumlah makanannya.

Daging Segar

cat-raw-food-diet

Dahulu kucing rumahan biasanya hidup dari sisa makanan diatas meja, atau sisa daging dan ikan yang dilemparkan kepadanya-yang kemungkinan mengandung nutrisi yang sempurna. Kucing liar akan memakan seekor hewan pengerat secara utuh, termasuk tulang, jeroan, dan otot, juga mendapatkan manfaat dari nutrisi yang terkandung didalamnya.

Jika kamu ingin memberikan daging mentah kepada kucing kamu, harus diberikan juga makanan pendamping lain seperti pasta dan sayuran untuk karbohidrat, mineral dan serat, yang akan memberikan kandungan nutrisi yang setara dengan nutrisi yang didapat dari tulang dan jeroan dari hewan pengerat yang dimangsa.

Daging memiliki kandungan protein sebesar 20 persen. Paling bagus disajikan mentah atau dimasak sebentar agar vitamin tidak rusak dan tidak terjadi perubahan sifat protein pada proses memasak. Daging potongan yang lebih murah biasanya memiliki kandungan protein rendah dan kandungan lemak yang tinggi. Lemak tidak menjadi masalah, karena kucing dapat mencerna dengan baik dan mengubahnya menjadi energi.

Hewan unggas dapat diberikan, baik berupa potongan atau secara utuh, tapi pastikan tulangnya sudah tidak ada, karena bisa menjadi rapuh saat dimasak dan berbahaya. Daging besar atau tulang akan membuatnya berlama-lama menikmati setiap gigitannya dan ini dapat membantu menguatkan rahang, membuat gigi tetap bersih, dan mengurangi resiko masalah gigi di hari tuanya. Secara umum, hindari daging yang mengandung zat aditif dan yang memiliki kandungan garam yang tinggi seperti ham, bacon, dan sosis. Jeroan seperti hati dan jantung, kaya akan mineral seperti zat besi, tetapi juga kaya akan vitamin A, yang apabila berlebihan dapat menyebabkan radang sendi yang serius.

Ikan

Ikan mentah mengandung level protein lebih dari 10 persen, sedangkan telur ikan memiliki kandungan protein yang tinggi sekitar 20-25 persen. Sebaiknya jangan terlalu sering memberikan ikan mentah, karena mengandung enzim yang dapat merusak beberapa vitamin B esensial. Ini dapat menyebabkan beberapa gejala seperti rasa tidak nyaman pada system pencernaan perut dan kulit.

oily_fish_box

Ikan dengan kadar lemak tinggi (oily fish) seperti ikan haring atau sardine memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, tetapi juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik daripada ikan berdaging putih. Pemberian oily fish tiap minggu akan membantu kucing mengatasi hairball yang terkumpul diperutnya, sama dengan memberikan vitamin larut lemak (fat soluble vitamin)

Sayuran

Pola makan dengan makanan kucing kemasan tidak memerlukan sayuran. Terkadang mereka memakan rumput, yang merupakan obat alami yang menyebabkan muntah dan merupakan sumber mineral dan vitamin. Sayuran sering kali ditambahkan dalam makanan kemasan atau makanan rumahan sebagai sumber protein dan serat yang murah.

Produk Susu

Ananda Ku cing (2)

Susu memiliki kandungan lemak dan protein yang sangat bermanfaat, seperti laktosa (gula susu) yang semuanya sangat berguna selama masa pertumbuhan, kehamilan, menyusui atau stress. Keju dan susu juga mengandung mineral-mineral yang bermanfaat seperti kalsium dan fosfor, tapi bukan bagian dari pola makan alami kucing dan diberikan sebagai rekreasional. Terlalu banyak konsumsi susu dapat menyebabkan diare, khususnya pada kucing yang lebih tua. Telur banyak mengandung protein dan vitamin A, tapi jangan pernah disajikan mentah karena mengandung enzim yang dapat merusak vitamin B esensial.

Bagimana cat lovers? Cukup mudah bukan untuk menjaga diet kucing kamu agar tetap sehat? Untungnya semua kebutuhan nutrisi ini sudah tercakup dalam makanan kucing olahan yang kualitasnya baik dan sangat mudah ditemukan di pet shop manapun. Kamu hanya perlu kejelian dalam memilihnya.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Khasiat Labu untuk Kucing?

Kucing kamu sedang sakit? Frustasi dengan segala macam pengobatan kucing yang tidak membuatnya sembuh? Kali ini Cattery.co.id akan mengupas makanan kucing alternatif yang konon membantu penyembuhan berbagai penyakit kucing. Satu jenis

Nutrisi dan Makanan Kucing

Bolehkah Diet Vegetarian pada Kucing?

Mungkin banyak diantara catlovers yang memberi makan kucingnya dari sayuran dan turunannya, seperti tempe, tahu, nasi, kentang dan sebagainya. Apakah kucing benar-benar hewan karnivora? Atau omnivora seperti anjing, dimana anjing

Nutrisi dan Makanan Kucing

Apakah Cara Kita Memberi Makan Kucing Sudah Benar? Perhatikan 7 Hal Berikut

Memberi makan kucing memang susah-susah gampang. Terkadang teman kucing kita sedikit pemilih makanan dan mungkin juga ia memiliki kebiasaan makan yang aneh. Atau mungkin sebaliknya, kucing kita sangat rakus makannya

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!