Hal-Hal Kecil yang Diperhatikan Ketika Membersihkan Kucing
11/11/2016 958 Views

Hal-Hal Kecil yang Diperhatikan Ketika Membersihkan Kucing

Di balik bulu tebalnya, kucing sebenarnya mempunyai kulit yang berlipat-lipat. Selain itu banyak bagian tubuhnya yang sulit dijangkau dengan peralatan mandi alami si mpus, yaitu lidahnya. Catlovers harus memperhatikan bagian-bagian tubuh ini ketika merawat dan membersihkan kucingmu secara berkala. Kali ini Cattery.co.id akan memberikan tips agar kucingmu selalu terlihat bersih, bahkan ke bagian yang tersembunyi.

Mata

Kotoran yang terakumulasi pada bagian ujung mata dapat dibersihkan dengan tangan kamu secara hati-hati. Kucing berwajah pendek (short-faced) cenderung terlihat noda air mata dibawah matanya yang dapat dibersihkan dengan alat-alat pembersih yang tersedia di pet store. Cara yang paling mudah adalah menggunakan kapas yang dibasahkan dengan air. Pastikan airnya tidak dicampur dengan sampo ya catlovers untuk menghindari masuknya campuran sampo ke mata.

calico-250-250 kotak-250x250

Bersihkan noda di sekitar mata agar si mpus tidak terlihat seperti pakai maskara

Bersihkan noda di sekitar mata agar si mpus tidak terlihat seperti pakai maskara

Mulut dan Hidung

Keluarnya cairan seperti getah  berwarna coklat tua pada dagu kucing menandakan adanya kelebihan produksi minyak dari folikel rambut. Minyak ini diproduksi alami oleh tubuh yang digunakan sebagai tanda aroma wanginya. Kondisi yang sama, dikenal dengan stud tail, dapat terjadi di sekitar pangkal ekor. Biasanya dibutuhkan perawatan oleh dokter hewan untuk menghilangkannya. Untuk mencegah terjadinya lagi bersihkan dengan sampo yang mengandung anti bakteri yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

Produksi minyak berlebih akan menyebabkan noda di dagu

Produksi minyak berlebih akan menyebabkan noda di dagu

Stud tail pada kucing

Stud tail pada kucing

Gigi dan Gusi

Menjaga gigi kucing kamu tetap bersih akan mengurangi resiko penyakit gusi yang disebabkan oleh makanan kucing modern. Jika kondisi karang gigi terkontrol, maka resiko pun berkurang. Beberapa dokter hewan melakukan general check up satu atau dua kali dalam setahun. Jika diperlukan mereka juga akan menyarankan untuk melakukan pembersihan karang gigi dan pemolesan gigi dengan bius total. Alternatif lain bagi pemilik kucing adalah bersihkan gigi kucing satu atau dua kali dalam seminggu. Sikat gigi khusus yang dipakai di jari kamu dan pasta gigi yang memiliki rasa makanan kucing akan mempermudah proses ini. Tapi bukan berarti ini adalah pekerjaan mudah. Si mpus mungkin akan berusahan memberontak pada awalnya. Sebelum waktu makan, cobalah bungkus jari telunjuk kamu dengan sikat gigi ini. Olesi dengan sedikit makanan kucing basah, dan cobalah gosok perlahan giginya dengan kepala dipegang.

Sikat gigi kucing

Sikat gigi kucing

Telinga

Jika telinga bagian dalam terlihat kotor, usap perlahan dengan menggunakan tisu penyerap yang lembut di jari kamu, lembabkan dengan minyak zaitun, parafin cair atau pembersih telinga dari pet shop. Jangan membersihkan lebih kedalam  jika tidak terlihat, dan jangan gunakan cotton bud. Serumen berwarna coklat tua yang berlebihan dapat menandakan adanya tungau telinga, dalam hal ini dibutuhkan perawatan oleh dokter hewan.

Kuku

Beberapa kucing Siam, Balinese, Oriental Shorthair, dan Oriental Longhair tidak dapat menarik kembali kukunya secara sempurna oleh sebab itu mereka akan merasa tidak nyaman pada lantai keras tanpa karpet. Kucing usia tua dari berbagai ras juga memiliki masalah yang ini. Memotong kuku akan sangat membantu. Kucing outdoor bisa saja hanya kuku bagian depannya saja yang dipotong sehingga masih memiliki senjata ketika bertemu musuh dan masih dapat memanjat jika melarikan diri. Jika memang potong kuku diperlukan, mintalah dokter hewan untuk melakukannya. Ini karena jika terjadi kesalahan akan berbahaya. Pada kuku yang berwarna terang, pembuluh darah dapat terlihat. Memotong bagian ini (disebut cutting to the quick) akan menyebabkan sakit dan pendarahan.

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang paling rentan terjadi penumpukan kotoran

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang paling rentan terjadi penumpukan kotoran

Lakukan semua tips ini secara teratur apabila sudah perlu dilakukan untuk menjaga agar mpus kamu terlihat cantik dan tentunya sehat. Kecuali pada pemotongan kuku, semua ini mudah dilakukan sendiri oleh kamu. Kucingmu pun akan terhindar dari stress karena tahu dirawat dengan baik oleh teman manusianya.

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

5 Alasan Kenapa Kita Harus Sering Mengelus si Kucing!

Catlovers semuanya pasti senang sekali jika sudah memasuki waktu luang catlovers dan pulang kerumah bukan? Pastinya catlovers akan lebih senang lagi jika kedatangan catlovers kerumah juga disambut oleh si kucing.

Cara Merawat Kucing

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Kucing kepada Kucingnya

Sebagai catlovers pastinya kita hanya ingin yang terbaik untuk si kucing. Tidak ada satupun dari kita yang ingin memperlakukan si kucing dengan cara yang salah. Tetapi meskipun begitu, ternyata kadang

Cara Merawat Kucing

9 Cara Mudah Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing persia adalah salah satu kucing favorit bagi para pecinta kucing. Ketika memutuskan membawa kucing persia ke rumah, tentu harus di iringi dengan komitmen untuk merawatnya secara rutin setiap hari.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!