Penyebab Hilangnya Nafsu Makan pada Kucing
30/10/2016 1015 Views

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan pada Kucing

Kucing dan kebiasaan rewel mereka dalam memilih makanan terkadang menjadi hal sepele bagi beberapa orang, tapi jangan salah Catlovers itu sebenarnya bisa menjadi masalah serius bagi kucing. Meskipun banyak hewan peliharaan juga biasanya rewel mengenai makanannya, tetapi untuk kucing itu bisa sangat berbahaya ya.

Pada umumnya ketika hewan tidak cukup makan, mereka akan bergantung pada cadangan lemak mereka untuk mendapatkan energinya. Sebelum lemak yang tersimpan dalam tubuh dapat digunakan menjadi bahan bakar atau energi untuk tubuhnya, lemak tersebut haruslah diproses terlebih dahulu oleh hati. Proses ini ternyata membutuhkan kecukupan pasokan protein dan ini mengapa menjadi hal serius bagi kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

980x

Dengan penurunan berat badan yang cepat pada kucing yang berhenti makan, maka pasokan protein akan segera habis dan hati pun kewalahan dalam mengolah lemak tubuhnya. Hal ini menyebabkan kondisi berbahaya yang dikenal sebagai lipidosis hati dan dapat menyebabkan gagal fungsi hati.

Mengapa kucing kamu tidak mau makan

Sakit. Kehilangan nafsu makan adalah indikasi telah terjadi suatu masalah dengan kucing kamu. Jadi coba perhatikan kucing kamu jika tiba-tiba saja berhenti makan. Bisa jadi sejumlah kondisi mungkin menjadi penyebabnya, termasuk infeksi, gagal ginjal, pankreatitis, masalah usus, dan kanker. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti sakit gigi pun bisa membuat kucing kamu berhenti makan.

Masa setelah vaksinasi. Apakah kamu merasakan jika kucing kamu menurun nafsu makannya tak lama setelah membawanya ke dokter hewan untuk vaksinasi rutin? Jika demikian, memang ini bisa jadi efek tambahan setelah proses vaksin. Meskipun vaksin memang penyelamat bagi jutaan hewan, tetapi mereka bisa menyebabkan efek samping pada beberapa hewan. Hilangnya nafsu makan adalah adalah reaksi umum dari efek samping ini, dan biasanya bersifat sementara dan ringan.

kitttt

Perjalanan dan lingkungan yang tidak dikenalnya. Seperti kebanyakan orang, kucing adalah makhluk kebiasaan. Jadi perubahan dalam rutinitas dapat berakibat pada hilangnya nafsu makan lho. Selain itu, beberapa hewan mengalami mabuk perjalanan ketika bepergian dengan mobil atau pesawat terbang, dan dapat menyebabkan mual dan penolakan makan.

cara-merawat-kucing-sakit-1

Rewel atau Psikologis. Jika dokter hewan telah menetapkan bahwa kucing Catlovers tidak sakit secara fisik, maka kecemasan atau depresi bisa menjadi alasan kucing kamu tidak akan makan. Perubahan dalam lingkungan (rumah pemilik) dapat mengganggu pada kucing yang sensitif, dan kadang-kadang orang baru atau perubahan jadwal rutin saja dapat mempengaruhi prilaku dan emosional kucing. Jika bukan karena alasan tadi, berarti kucing kamu hanya pemakan yang rewel saja. Perlu diingat, bahwa kucing pada umumnya butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan jenis makanan baru, sehingga perubahan terbaru dalam diet pun bisa menjadi pemicu kehilangan nafsu makannya.

 

Apa yang bisa kamu lakukan

Apakah kucing kamu sakit, cemas, atau sekadar pilih-pilih, ingat bahwa penolakan makanan dapat menyebabkan hal buruk bagi kucing. Bahkan, jika kamu sedang mencoba program diet untuk kucing kamu – sesuai resep dokter, jangan pernah membuat kucing kamu kelaparan (termasuk makanan kesukaannya).

Jika sakit adalah alasan kucing kamu tidak akan makan, berkonsultasilah dengan dokter hewan kamu untuk merancang kombinasi pola hidup yang baik untuk peliharaan kamu. Ini mungkin termasuk perubahan jenis makanan; kucing mungkin tertarik untuk makan dari makanan kaleng ketika mereka tidak sehat. Dalam kasus yang lebih ekstrim, dokter hewan dapat meresepkan obat-obatan sebagai stimulan nafsu makan atau makanan melalui alat suntik sebagai diet cair.

Ketika sakit bukanlah masalahnya, ada hal-hal yang dapat kamu coba untuk mendorong kucing kamu nafsu makan.

Bisa saja kamu telah menemukan bahwa makanan tertentu, seperti hati atau tuna kaleng, adalah stimulan nafsu makan untuk kucing tertentu. Tetapi Catlovers hanya perlu memberikan makanan ini dalam jumlah kecil saja, karena jika dalam jumlah besar dapat membahayakan hewan kucing kamu yaitu menyebabkan kekurangan atau kelebihan dari vitamin bahakan nutrisi tertentu yang dibutuhkan tubuh kucing.

Senior-cat-with-food

Daripada memberikan makan sajian kita, coba untuk membiasakan kucing kamu makan dari makanan produk komersial. Atau coba teknik lain seperti penambahan aroma minyak ikan, kaldu, atau telur yang dimasak bisa saja merayu kucing kamu untuk makan. Jika kucing kamu tetap tidak mau makan, coba ganti makanan dengan menyediakan makanan segar di kemudian hari.

Jika kucing kamu telah terbiasa makan makanan manusia secara eksklusif, pastikan untuk masa transisi cukup beberapa minggu saja dengan mencampur bersama-sama makanan orang favoritnya dengan makanan kucing. Seiring waktu, ubahlah rasio porsimakanan kucing hingga kucing kamu hanya makan makanan kucing.

Woman feeding hungry pet cat

Banyak ahli merekomendasikan peralihan makanan komersial antar berbagai merek, bisa dua sampai empat kali setahun dengan menggunakan teknik yang sama. Praktek ini dapat membantu mengurangi sikap rewel dan juga meminimalkan perkembangan alergi makanan dan masalah usus.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

15 Tips Membuat Kucing Menjadi Gemuk dari Prabu Cattery

Pertanyaan yang paling sering masuk ke inbox prabu cattery adalah bagaimana cara membuat kucing menjadi gemuk. Topik ini memang membuat para cat owner harus banyak sabar. Bagaimana tidak, beruntung bagi

Cara Merawat Kucing

Kenali Gejala Penyakit si Kucing Sebelum Terlambat!

Kucing merupakan hewan perliharaan paling menyenangkan di dunia, dan kita semua pasti setuju dengan hal itu bukan? Meongan mereka, tingkah laku mereka, cara mereka tertidur, cara mereka meminta makan dan

Cara Merawat Kucing

9 Cara Mudah Merawat Kucing Persia Untuk Pemula

Kucing persia adalah salah satu kucing favorit bagi para pecinta kucing. Ketika memutuskan membawa kucing persia ke rumah, tentu harus di iringi dengan komitmen untuk merawatnya secara rutin setiap hari.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!