Pemakaman Kucing Berusia 2000 Tahun Ditemukan di Mesir!
27/01/2017 5773 Views

Pemakaman Kucing Berusia 2000 Tahun Ditemukan di Mesir!

Kucing apakah sudah ada sejak zaman dahulu kala? Tentunya jawabannya iya, hanya saja ada beberapa perubahan ciri fisik mereka sejak dulu hingga saat ini. Namun jika dipertanyakan bahwa apakah kucing sejak dulu sudah dijadikan hewan peliharaan oleh manusia? Well, mungkin itu pertanyaan yang cukup membingungkan dan juga masih menimbulkan tanda tanya besar bagi banyak orang di dunia khususnya para pecinta kucing dan juga para peneliti hewan ataupun ahli purbakala. Nah, kali ini disebutkan bahwa telah ditemukan kuburan kucing di sebuah situs penelitian daerah Berenike yang merupakan salah satu kota di Mesir dan berada dekat dengan Laut Merah. Dikatakan juga bahwasannya kuburan kucing ini telah ada semenjak 2000 tahun yang lalu! Sudah lama banget ya catlovers? Ok, daripada kita dibuat penasaran oleh berita ini, lebih baik kita bahas saja yuk di artikel cattery.co.id kali ini!

Pet-cemetery_03Telah ditemukan pemakaman kucing yang telah berusia 2.000 tahun di Berenike, Mesir.

Kuburan kucing ini ditemukan di Berenike, Mesir – Laut Merah yang katanya sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Seperti juga yang dilaporkan IBTimes bahwa kucing yang dikuburkan disana tidaklah mummified (dikubur dengan dibuat menjadi mumi sebelum dimakamkan, yakni dilumuri balsam khusus dan juga dililitkan kain disekujur tubuhnya) seperti kebiasaan bangsa Mesir pada umumnya ataupun disertakan hiasan-hiasan yang mencolok. Walaupun ditemukan perhiasan, namun yang sederhana saja. Lalu, fakta lainnya adalah tidak adanya tanda-tanda bahwa kucing yang dikuburkan disitus tersebut adalah kucing yang dibunuh, disiksa atau dilukai sebelum kematiannya seperti beberapa adat penguburan disana. Dari sini banyak yang menyimpulkan bahwa ini kuburan kucing domestik yang memang meninggal secara alami.

636162030597089408-XXX-3874Kucing-kucing yang dimakamkan disini dipercaya bahwa semasa hidupnya adalah kucing peliharaan.

calico-250-250 kotak-250x250

Seorang arkeolog, Marta Osypińska juga menulis ulasan tentang penemuan kuburan kucing yang diperkirakan berusia 2.000 tahun ini ke dalam jurnal Antiquity. Dalam ulasannya Marta mengatakan bahwa kucing-kucing yang dikubur di Berenike – Mesir ini bukanlah kucing-kucing yang tersiksa dan dikubur karena sebuah ritual yang bersifat sacral ataupun magis, justru sebaliknya bahwa situs kuburan kucing ini harus dipertimbangkan sebagai salah satu pemakaman kucing peliharaan tertua yang pernah ada karena semuanya terjadi secara alami dan wajar.

640px-british_museum-_egypt_mummies_of_animals_-4423733728-700xYang unik-nya lagi kucing-kucing yang terkubur tersebut tidak dikubur dengan dibuat menjadi mumi sebelumnya. Semuanya terjadi secara alami dan manusiawi!

Dulu selama ribuan tahun kucing memang dianggap sebagai dewa dan disembah oleh mayoritas penduduk Mesir Kuno, dan nyatanya memang Mesir pula-lah yang menjadi salah satu tempat paling awal dimana para kucing dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan. Namun pada awal Masehi kultus kucing mulai jauh dari hidup nyaman dan tenang karena adanya pembantaian membabi buta yang terjadi secara besar-besaran pada saat itu. Tapi sepertinya kerangka dari jasad kucing yang ditemukan terkubur di Berenike ini seakan mengatakan bahwa mereka adalah korban daripada kekejaman peperangan yang sempat terjadi disana. Itu terlihat dari cara mereka dimakamkan yang manusiawi, bahkan beberapa ada yang disertakan perhiasan dan kalung dari tulang unta.

Pet-cemetery_02Hingga saat ini pencarian jasad-jasad lainnya masih dalam proses yang berlanjut.

Pada kuburan yang ada di situs Berenike ini sudah ditemukan sedikitnya 86 jasad kucing yang terkubur di dalamnya dan kebanyakan dari jasad tersebut dikuburkan secara tunggal dan tidak saling tumpang tindih. Lalu, pada area yang sama juga ditemukan beberapa makam manusia yang juga berusia sama, kerangka jasad dari 9 ekor anjing dan juga kerangka dari empat jasad monyet. Semakin diyakini bahwa ini merupakan situs pemakaman yang manusiawi dan juga tempat penguburan hewan-hewan kesayangan yang terpelihara pada zaman Mesir Kuno dulu.

Egypt06Tidak hanya makam kucing yang ditemukan disini, melainkan makam anjing dan juga monyet.

So, magnificent! Ternyata kucing memang terpelihara dan disayangi sejak zaman dahulu ya catlovers? Tidak heran deh jika para kucing pada saat ini semakin disayangi!

Source :

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Mojo dan Max: 2 Kucing yang Bersahabat di Penangkaran Akhirnya Bersatu Kembali

Catlovers, kita sebagai manusia pasti memiliki seorang kerabat dekat atau yang sering juga disebut sebagai sahabat sejati bukan? Mungkin sebagian dari kita sudah memiliki seorang atau beberapa orang sahabat sejati

Cat News

Seorang Guru Mendapatkan Kejutan Mengharukan Setelah Kucingnya Meninggal

Beberapa siswa memutuskan untuk memberikan guru mereka kejutan mengharukan setelah kucingnya kemarin meninggal. Ketika Rachel Hanhart dan teman-teman sekelasnya mengetahui betapa sedih dan bingungnya guru mereka, Bu Andrews, ketika kucingnya

Cat News

Pokey, Si Jantan Pengasuh Anak Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara di dunia. Bagaimana tidak, nyatanya memang kucing merupakan hewan yang sangat menggemaskan, bersahabat dan sangat mudah untuk dijinakkan. Tentu hampir setiap

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!