Pelanggaran Hak Paten, Grumpy Cat Menjadi Benar-Benar “Marah”!
16/12/2015 1634 Views

Pelanggaran Hak Paten, Grumpy Cat Menjadi Benar-Benar “Marah”!

Catlovers semua masih ingat tidak dengan siapa itu “Tardar Sauce”? Oh, bagaimana jika kami sebut “Grumpy Cat”? Wah pasti masih ingat semuanya bukan? Ya nama asli dari Grumpy Cat memang Tardar Sauce, hanya saja semenjak ia menjadi trending topic worlwide nama Tardar Sauce diganti menjadi Grumppy Cat melihat raut wajahnya yang terlihat benar-benar seperti kucing yang sedang cemberut dan kesal. Namun, bukanlah nama dari Grumpy Cat yang sekarang sedang diperbincangkan nih catlovers, akan tetapi raut wajah “grumpy” dari si Grumpy Cat sepertinya menjadi lebih “grumpy” dikarenakan ada pihak yang membuat Grumpy Cat dan pemiliknya menjadi jengkel (bahkan saking jengkelnya pemilik dari Grumpy Cat juga menjadi “grumpy”!). Sekiranya, hal apa ya yang membuat mereka menjadi jengkel? Bukankah kehidupan dari Grumpy Cat sudah menjadi lebih menyenangkan pasca terkenalnya si Grumpy Cat itu sendiri? Jika penasaran, kali ini kita akan membahas habis perihal hal apa yang membuat Grumpy Cat dan juga pemiliknya menjadi benar-benar GRUMPY. So, scroll terus kebawah agar tahu kelanjutannya!

grumpy-cat-300Ada hal yang membuat Grumoy Cats dan pemeliharanya benar-benar “grumpy”!

Tardar Sauce a.k.a Grumpy Cat. Terakhir cattery.co.id membahas Grumpy Cat yang sedang mengambil sesi foto 3D dan 4D untuk menjadi contoh patung lilin replika dirinya yang akan di pajang di Madame Tussauds: San Francisco dan juga dipamerkan di beberapa tempat umum di San Francisco (bahkan beberapa artis papan atas sekelas Hollywood ada yang belum dibuat patung lilin-nya di Madame Tussauds loh! Selengkapnya baca di salah satu artikel cattery.co.id yang berjudul : Grumpy Cat akan “Diabadikan”). Namun, kali ini kita akan membahas Grumpy Cat atas perihal yang berbeda, bahkan sangat jauh berbeda karena kabar ini tidak termasuk kabar yang mengenakkan untuk Grumpy Cat, khususnya pemelihara dari Grumpy Cat.

grumpy-catPatung lilin “Grumpy Cat” yang akan dipamerkan juga di London sewaktu diperbincangkan oleh Jimmy Fallon pada Tonight Show

calico-250-250 kotak-250x250

Sebagai kucing penghasil multi-million dollar dalam tiap bentuk merchandise yang menggambarkan dirinya, wajar jika Grumpy Cat dan pemeliharanya merasa jengkel. Bagaimana tidak, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman menjual salah satu produk-nya yang berupa kopi tubruk dalam kemasan yang dinamakan “Grumpy Cat Coffee Beans”. Mungkin tidak ada masalah dengan nama daripada produk tersebut, hanya saja tidak ada izin secara legal dalam pemakaian nama dan sketsa “Grumpy Cat” pada kemasan kopi tubruk tersebut. “Ironisnya, disaat Grumpy Cat sebagai kucing yang paling terkenal hampir di seluruh penjuru dunia sekaligus juga dengan brand-brand merchandise-nya hanya terfokus pada fashion. Produk kopi yang keluar dengan menggunakan nama Grumpy Cat secara ilegal ini pada akhirnya membulatkan alasan kenapa Grumpy Cat harus “cemberut”” tukas pengacara daripada Grumpy Cat saat penggunaan nama Grumpy Cat dipakai untuk sebuah produk tanpa legalisme ini diangkat menjadi perkara hukum pada pengadilan lokal di California.

Grumpy-Cat-01Kasus penggunaan lisensi Gumpy Cat atas produk dari Grenade Beverages telah masuk di pengadilan lokal California

Kasus ini pada akhirnya juga melibatkan perselisihan antara Grumpy Cat Ltd. Yang merupakan sebuah perusahaan yang memiliki hak paten atas penggunaan sketsa Grumpy Cat, nama Grumpy Cat, dan beberapa trademark lainnya dan berlokasi di Ohio dengan Grenade Beverage, yakni perusahaan yang bergerak di bidang minuman kemasan dan mengeluarkan salah satu produknya yang berjenis Kopi Tubruk dan Bijih Kopi dalam kemasan dan dinamakan “Grumpy Cat Cofee Beans” lengkap dengan sketsa wajah si Grumpy Cat pada kemasannya. Kedua perusahaan ini berselisih atas penggunaan hak paten tanpa izin yang legal dan juga hasil royalti yang telah masing-masing dapatkan dari penjualan produk yang berlisensi “Grumpy Cat”.

gccoffee‘Grumpy Cat Coffee Beans’ merupakan produk dari Grenade Beverages yang digugat oleh Grumpy Cat Ltd.

Mengacu kepada komplain yang dilayangkan oleh Grumpy Cat Ltd. Kepada Grenade Beverages atas produksi “Grumpy Coffee Beans” tanpa seizin Grumpy Cat Ltd. Memang benar adanya. Sebenarnya, sebelum ini pihak Grumpy Cat Ltd. Memang pernah melegalkan sebuah merk produksi dari Grenade Beverages yang juga menggunakan lisensi “Grumpy Cat” untuk produk yang berjenis es kopi cappuccino dan dinamakan “Grumpy Cat Grumppuccino”. “Pada barang ‘Grumpy Cat Grumppuccino’ kami telah mengizinkan secara keseluruhan pihak Grenade Beverages untuk menggunakan lisensi Grumpy Cat dalam produknya. Tapi HANYA untuk satu jenis produk dan itu merupakan produk Grenade Beverages yang berjenis es kopi cappuccino yang telah kami ketahui sebelumnya” tukas seorang juru bicara dari pihak Grumpy Cat Ltd. “Dan jika pihak Grenade Beverages ingin membuat produk baru lagi dengan lisensi Grumpy Cat, kami sebagai pihak Grumpy Cat Ltd. Grumpy Cat Ltd. Yang memiliki lisensi dan hak paten atas sketsa gambar dan juga nama Grumpy Cat harus mengetahui secara SEKSAMA. Maka dari itu, sebagai pihak dari Grumpy Cat Ltd. Grumpy Cat Ltd. yang telah mengetahui bahwa Grenade Beverages telah mengeluarkan produk baru yang jenisnya berbeda dari ‘Grumpy Cat Grumppuccino’ dan dinamakan dengan ‘Grumpy Cat Coffee Beans’, kami dengan ini memutuskan untuk mengangkat kasus penggunaan nama / lisensi / logo dari Grumpy Cat Ltd. tanpa izin oleh Grenade Beverages untuk diangkat ke meja hijau” tambah juru bicara dari Grumpy Cat Ltd.

drinkgrumpycat-620x320‘Grumpy Cat Grumpuccino’ merupakan produk dari Grenade Beverages yang telah disetujui penggunaan lisensinya oleh Grumpy Cat Ltd.

Sebuah e-mail juga datang kepada pihak Grenade Beverages sehubungan dengan masalah hukum yang membelit mereka atas produk yang mereka edarkan dan menggunakan lisensi Grumpy Cat. E-mail yang datang ke mailbox resmi Grenade Beverages pada tanggal 24 November lalu itu kurang lebih memiliki isi: “Anda tidak diizinkan untuk melanjutkan produksi kopi tubruk atau bijih kopi anda sehubungan dengan posting­ anda yang menjual produk atas lisensi Grumpy Cat secara ilegal. Dan jika anda masih menjual produk ini pada khalayak ramai, kami akan menganggap ini sebagai pelanggaran yang sangat jelas atas perjanjian subyek lisensi sebelumnya (perjanjian lisensi ‘Grumpy Cat Grumppuccino)”. E-mail tersebut datang dari pihak pengacara dan kuasa hukum Grumpy Cat Ltd. yang mana secara jelas melarang pihak Grenade Beverages untuk melanjutkan produksi ‘Grumpy Cat Coffee Beans’ mereka atas pelanggaran awal yang telah mereka perbuat. Well, krusial ya catlovers?

85c2a4540f50105c237d8315f4a0ca9aGrumpy Cat yang sedang diundang untuk menaiki sebuah wahana bianglala di Amerika

Tetapi, meskipun telah menjadi pihak yang tergugat di meja hijau dan terancam untuk berhenti produksi ‘Grumpy Cat Coffee Beans’, Grenade Beverages masih terus mengiklankan produk ‘Grumpy Cat Coffee Beans’-nya yang dipermasalahkan oleh Grumpy Cat Ltd.Pada akun resmi Instagram-nya pihak Grenade Beverages menuliskan : “Bijih kopi Panama yang terpanggang secara mantap dan tumbuh di lereng volcano ‘Baru’ yang merupakan hutan yang sangat lembab. Seberapa enak-kah kopi tubruk ini? Telah dijual secara resmi di situs drinkgrumpycat.com”.

enhanced-17601-1418049100-6Grumpy Cat yang sedang photoshoot untuk perayaan natal tahun ini

Yang semakin membuat kita bingung adalah bahwa produk ‘Grumpy Cat Coffee Beans’ ini juga telah terjual secara resmi pada website resmi Grumpy Cat yang bernama Grumpycat.com , yang pasti kita pikir bahwa website tersebut adalah kepemilikan dari Grumpy Cat Ltd. Namun, mengacu kepada perkara hukum yang telah diangkat ke meja hijau, disitu tertulis bahwasannya pihak Grenade Beverages memiliki hak paten dan juga kepemilikkan keseluruhan atas website www.grumpycat.com . Namun penggunaan atas website tersebut tidaklah tepat guna menurut Grumpy Cat Ltd. dikarenakan website tersebut hanya digunakan semata-mata untuk mencari keuntungan dengan menggunakan lisensi yang tidak berizin dari Grumpy Cat Ltd atau dari pihak Grumpy Cat dan pemeliharanya secara langsung. Bahkan pihak Grumpy Cat Ltd. telah merasa bahwa Grenade Beverages telah mengeksploitasi Hak Cipta Grumpy Cat dan juga Merek Dagang Grumpy Cat. Sebenarnya pihak Grumpy Cat Ltd. telah menggugat hal ini kepada pihak kehakiman setempat,namun selalu saja pihak Grenade Beverages sebagai tergugat berhasil menolak gugatan tersebut. Tidak hanya sampai disitu, pihak Grumpy Cat Ltd. juga menggugat bahwasannya pihak Grenade Beverages perihal akuntansi yang tidak akurat atas hasil penjualan dan royalti yang didapatkan Grenade Beverages selama menggunakan lisensi Grumpy Cat (tanpa izin ataupun yang seizin Grumpy Cat Ltd), lalu penjualan Grenade Beverages atas T-Shirt yang tidak berizin dengan menggunakan Grumpy Cat sebagai sketsa pada T-Shirt tersebut. Jika dirunutkan, hal yang digugat oleh pihak Grumpy Cat Ltd. kepada pihak Grenade Beverages adalah meliputi penggunaan hak cipta tanpa izin,penggunaan merk dagang tanpa izin, dilusi, cybersquatting dan juga pelanggaran kontrak.

urlGrumpy Cat yang sedang berada di suaka margasatwa Afrika dalam sebuah acara amal

Well, sepertinya hal ini benar-benar meruncing kepada 2 perusahaan yang sebenarnya tidak memelihara Grumpy Cat secara langsung akan tetapi menggunakan hak cipta atas nama Grumpy Cat yang memang terkenal pada saat ini. Memang sangat krusial ya catlovers apabila dalam bisnis ada sedikit miss-komunikasi atau kesalah pahaman yang segera diluruskan, pastinya jika didiamkan terlalu lama, kasusnya akan berakhir persis seperti yang dialami oleh Grumpy Cat Ltd. dan Grenade Beverages atas kepemilikan hak cipta dan merk dagang Grumpy Cat. Jika seperti ini, kami rasa Grumpy Cat bukan merasa tidak senang atas penggunaan nama-nya pada kedua perusahaan tersebut, hanya saja ia merasa kesal karena adanya kasus ini Grumpy Cat a.k.a Tardar Sauce sendiri menjadi teracuhkan sebagai pemilik nama sesungguhnya!

post-10220-Smiling-Grumpy-Cat-o0aJAyo, senyum dong Grumpy Cat!

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Kucing Penjaga Toko Ini Sangat mencintai Marmut Dalam Foto-foto yang Menggemaskan

Kucing penjaga toko ini sangat senang mengasuh hewan-hewan lainnya. Setiap kali dia berada di toko, dia meminta untuk memeluk dan grooming marmut seolah ia adalah induknya. Namanya adalah Nala. Kucing

Cat News

Anak Kucing Berhasil Diselamatkan di Clayton Berkat Anak 4 Tahun

Dapat dikatakan bahwa manusia dan kuncing memiliki ikatan erat sejak dulu, dan hal itu pula yang memunculkan banyak sekali cerita tentang kucing dan manusia. Mungkin tentang seseorang yang memiliki kucing

Cat News

Nitama, Kucing Penerus Kepala Stasiun Kereta Api di Jepang!

Kucing kali ini tidak hanya berperan sebagai hewan peliharaan yang disayang oleh manusia, tetapi juga memerankan peran yang biasanya dijalankan oleh manusia. Seperti halnya yang dilakukan Nitama, di Jepang. Jenis

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!