Pallas Cat yang Hampir Punah Harus di Lestarikan!
09/10/2016 636 Views

Pallas Cat yang Hampir Punah Harus di Lestarikan!

Kucing yang catlovers pelihara dirumah kira-kira termasuk jenis kucing langka atau tidak ya? Jika iya, tapi pasti bukan jenis dari kucing yang paling langka di dunia seperti Pallas Cat yang akan kita bahas kali ini kan? Nah, catlovers tahu atau tidak tentang Pallas Cat? Kucing jenis Pallas ini sebenarnya adalah kucing yang paling menggemaskan dengan bulu yang lebat nan tebal dan juga cantik disekujur tubuhnya. Hanya saja kucing jenis Pallas ini sekarang telah diambang kepunahan karena selalu diburu oleh oknum yang egois dan tidak bertanggung jawab. Walau cattery.co.id sudah pernah membahasnya sebagai kucing hantu disini, ternyata masih banyak catlover yang menginginkan cerita lainnya lho. Penasaran perkembangan berita dari upaya dunia untuk melestarikan Pallas Cat? Atau bahkan penasaran dengan fisik dari Pallas Cat? Ayo simak kelanjutan artikel kucing Pallas hanya di cattery.co.id!

pallas-cat-animals-and-birdsMenggemaskan? Ya, tentu. Namun hal ini juga yang membuat Pallas Cat diburu secara ilegal!

Kucing yang dinobatkan sebagai kucing terlangka dan berbulu paling lebat sekaligus menggemaskan di dunia ini sekarang sedang diusahakan oleh beberapa negara yang peduli perihal kepunahannya agar mereka memiliki suaka margasatwa tersendiri dengan system pengamanan dan perawatan yang ketat. 12-14 mil persegi area di Rusia dan dinamakan Sailyugemsky Nature Park (tepatnya di Pegunungan Altai Siberia) dikatakan akan menjadi suaka margasatwa khusus untuk Pallas Cat agar dapat dilestarikan, dipelajari dan juga dilindungi.

150216006Disatu tempat di Pegunungan Altai, Siberia sudah dibuat tempat sekitar 12-14 mil persegi untuk tempat konservasi khusus Pallas Cat yang terancam punah.

calico-250-250 kotak-250x250

Pallas Cat juga dikenal sebagai ‘Manul Wildcat’. Mereka merupakan spesies kucing yang paling dilindungi di Rusia, akan tetapi meskipun telah jelas hukumnya jika ada yang terbukti memburu Pallas Cat dan memeliharanya secara perseorangan atau terlihat memanfaatkan berbagai macam keuntungan dari Pallas Cat, masih banyak sekali orang-orang / sindikat yang memburu Pallas Cat untuk dijadikan peliharaan dirumah, dijual keluar negeri atau bahkan diambil bulunya yang cantik untuk dijadikan koleksi secara illegal sehingga saat ini jumlah Pallas Cat di dunia terutama di Siberia, Rusia semakin menipis dan menuju kepunahan. Jahat ya catlovers?

MTywYPwAnak-anak dari Pallas Cat

Tapi memang, hewan langka ini sangat menarik jika dijadikan hewan peliharaan. Lihat saja bentuk dari tubuhnya yang memang gemuk, bulunya yang lebat dan tebal, motif dari bulunya adalah bulatan seperti cincin atau bintik hitam dan satu hal lagi, ukuran Pallas Cat meskipun ia termasuk kucing liar tetaplah hanya sebesar kucing peliharaan kita dirumah. Menggemaskan sih ya catlovers? Tetapi tetap saja, kita sebagai manusia tidak bisa se-egois itu terhadap binatang peliharaan karena memang pada dasarnya setiap makhluk hidup ada yang memang bisa disandingkan dengan manusia, ada juga yang memang lebih baik jika mereka tetap  berada di alamnya yang sangat beba.s sehingga itu akan terus membuat mereka dapat berkembang biak dan hidup dengan tenang. Lalu Pallas cat ini memang terkenal sebagai kucing yang paling soliter, tidak mudah didekati dan sangat sulit untuk diamati karena mereka sangat sigap dengan keadaan disekitar mereka. Hal ini juga yang membuat para peneliti sulit untuk mendapatkan info lebih dari Pallas Cat. Mungkin Pallas Cat juga mengira para peneliti tadi sebagai pemburu mereka?

pallas-39-cat-animal-15906Pallas Cat juga terkenal sebagai binatang yang tidak mudah didekati karena sikap mereka yang sangat hati-hati dan cukup agresif jika bertemu dengan makhluk lainnya selain sejenisnya.

The International Union for Conservation of Nature telah resmi mengklasifikasikan bahwa Pallas Cat sudah termasuk di dalam spesies hewan yang Hampir Terancam Punah karena ditiap tempat yang telah didatangi oleh para peneliti keberadaan Pallas Cat kian menipis dan banyak sekali tanda-tanda perburuan disekitar habitat Pallas Cat. Jumlah pasti dari Pallas Cat sendiri belum dapat terbilang dengan jelas karena sifat pemalu mereka yang tidak bisa didekati sama sekali. Namun, para peneliti mengatakan bahwa mereka akan mengusahakan dan berjuang agar dapat memperkirakan jumlah pasti dari Pallas Cat ini dibulan November mendatang.

pallas_cat_by_emjwriter-d5573g1Pallas Cat juga termasuk ke dalam kategori hewan liar yang hidup secara soliter dan tidak berkelompok.

Seorang peneliti Pallas Cat, Alexey Kuzhlekov mengatakan kepada Siberian Times. ”Data terbaru dan terakhir tentang jumlah, ciri-ciri, karakteristik, habitat dan info lainnya dari Pallas Cat yang saintifik sebenarnya sudah sangat using. Data tersebut kurang lebih didapat sejak 3 bahkan 4 dekade yang lalu.” “Pallas Cat juga merupakan salah satu kucing paling berbulu tebal di dunia. Ukurannya memang hanya sebesar kucing rumah, namun lebih gemuk dan mereka sangat langka” tambah Kuzhlekov. Ya, tentu saja karena status yang sudah terancam punah maka para peneliti dari Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Tazhkistan, Kazakhstan, Swedia, Mongolia dan Ukraina sangat sepakat jika mereka akan memberdayakan Sailyugemsky Nature Park di Siberia, Rusia sebagai tempat untuk melestarikan Pallas Cat. Selain itu mereka juga menyetujui bahwa harus ada penelitian lebih lanjut perihal Pallas Cat dan memperkuat upaya perlindungan Pallas Cat dari perburuan illegal di dunia.

maxresdefaultSaat ini kepedulian para peneliti hewan liar yang langka di dunia sedang tertuju kepada Pallas Cat yang keberadaannya makin terancam karena perburuan liar. Nyatanya di Rusia sendiri Pallas Cat dijadikan hewan peliharaan dan diperjual belikan dengan harga tinggi. Di Mongolia, Pallas Cat diburu dengan anjing terlatih agar dapat dijual bulu-nya.

Denis Malikov, wakil direktur Sailyugemsky Nature Park kepada Siberian Times juga ikut angkat bicara mengenai upaya pelestarian Pallas Cat yang merupakan kucing asli dari Siberia bagian selatan, Asia bagian tengah dan juga Cina ini. “Benar-benar tidak adil dan tidak manusiawi jika Pallas Cat yang merupakan spesies langka saat ini telah dilupakan oleh banyak orang. Terlebih lagi jika yang melupakan itu adalah kaum-kaum peneliti hewan yang selalu meneliti hewan langka. Yang saya tahu bahwa sampai sekarang hanya ada segelintir ilmuwan dan peneliti yang menelaah tentang Pallas Cat di Rusia”

manul10Pallas Cat juga dikenal sebagai Manul Wildcat

Pasca Konferensi tersebut Kuzhlekov juga mengatakan bahwasannya sekarang para peneliti tim Pallas Cat sedang fokus pada pemastian jumlah Pallas Cat, habitat Pallas Cat dan juga meningkatkan perlindungan bagi Pallas Cat.

manul7Bahkan hampir seluruh foto dari Pallas Cat diambil secara diam-diam atau menggunakan trap camera dimana pada saat Pallas Cat mendekati kamera tersebut, gambar dari Pallas Cat akan terambil dan tersimpan.

Well, catlovers. Setiap kali kita mendengar berita tentang adanya hewan yang diambang kepunahan, diburu secara illegal bahkan dijual bagian tubuhnya secara illegal, pasti kita merasa sedih dan merasa tega sekali orang-orang yang melakukan hal keji seperti itu hanya untuk kepentingan pribadi atau sindikat. Mungkin memang, di Indonesia belum ada berita jelas perihal keberadaan Pallas Cat dan dari segi iklim sepertinya Pallas Cat adalah kucing yang hidup di iklim dingin, namun perburuan hewan liar yang illegal di Indonesia juga sangat banyak terjadi loh catlovers dan ini merupakan hal yang tidak dapat dibiarkan. Ya, semoga saja para pelaku perburuan liar dan illegal tadi akan mendapatkan ganjarannya dikemudian hari yang setimpal.

Pallas-Cat-pallas-cats-27745375-1600-1067Pallas Cat yang sedang tidur. Benar-benar sangat menggemaskan!

Dan semoga saja hukum di Indonesia perihal perburuan hewan langka yang illegal memiliki landasan hukum yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan!

Sources:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

10 Mitologi Kucing yang Terkenal! (Bagian 1)

Hallo catlovers! Apa kabarnya hari ini? Semoga tetap semangat dan terus menjaga si kucing agar selalu sehat dan menggemaskan ya! Nah catlovers kami memiliki satu pertanyaan untuk catlovers sebelumnya. Apa

Dunia Kucing

Steve dan Sahabat-Sahabat Domba-nya!

Kucing merupakan hewan peliharaan yang dapat dikategorikan sebagai hewan yang soliter. Mereka mungkin lebih sering menghabiskan waktunya berdiam diri, tidur dan bersantai. Mereka mungkin hanya akan bermain dengan kita sebagai

Dunia Kucing

11 Tips Mendapatkan Foto Kucing Layaknya Fotografer Profesional

Saat memotret kucing, tentu kita sangat berharap hasilnya akan bagus dan indah layaknya foto-foto kucing yang ada di tumblr atau instagram. Tetapi, karena si kucing tidak mau diam, tidak berpose

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!