Nutrisi Bagi Kucing Hamil
21/05/2015 18747 Views

Nutrisi Bagi Kucing Hamil

Masa kehamilan dan masa menyusui merupakan fase yang paling berat bagi induk kucing, sehingga dibutuhkan asupan nutrisi yang tinggi. Nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan untuk keselematan si induk dan anak-anaknya kelak.

Pra Breeding
Perlu diperhatikan induk kucing pada saat sebelum breeding. Pemberian makan pada calon induk harus optimal untuk menjaga berat dan badan yang sehat. Karena jika induk kucing tidak dalam kondisi fisik yang bagus sebelum kawin, maka si kucing akan mengalami kesulitan mengkonsumsi cukup makanan saat hamil untuk mendukung kebutuhan nutrisi si induk dan anaknya nanti.
Jika si induk kucing kurus, tambahkan makanan yang berkalori tinggi dengan memberikannya makanan yang berkualitas. Jika induk kucing pemilih makanan, kita bisa memberikannya makanan yang lezat, seperti Royal Canin Exigent, untuk mendorong si induk agar lebih banyak makan. Jangan mengawinkan induk kucing hingga berat badannya ideal. Karena sangat sulit bagi kucing untuk cukup makan agar bertambah berat badannya ketika dia sedang hamil. Makanan yang buruk dapat menyebabkan masalah pada perkembangan janin dan induk kucing. Selain itu kita juga dapat menambahkan vitamin penyubur kandungan, seperti Equafortan, agar proses breeding bisa lebih berhasil.

calico-250-250 kotak-250x250

Feeding-your-Pregnant-Cat4

Makanan Khusus
Seperti kita ketahui, nutrisi yang baik adalah salah satu kunci agar si induk kucing dan anaknya tetap sehat. Ada beberapa makanan kucing yang dibuat khusus untuk induk kucing yang sedang hamil, salah satunya adalah Royal Canin Pro Queen. Makanan tersebut didesain dengan kandungan kalori, lemak dan protein yang tinggi agar si induk tetap sehat dan dapat menghasilkan banyak susu ketika masa menyusui.

Nutrisi Saat Mengandung
Kucing hamil biasanya dapat melahirkan tiga sampai lima kucing, bahkan terkadang bisa lebih banyak. Pertumbuhan dan perkembangan semua anak kucing saat hamil didukung seluruhnya melalui nutrisi yang diberikan tubuh induk kucing.
Selera makan kucing seperti manusia, semakin meningkat ketika masa hamil sehingga bertambah berat badannya. Energi yang dibutuhkan kucing hamil juga meningkat sehingga pada masa akhir kehamilan kucing bisa memakan 25-50% makanan lebih banyak daripada porsi makan biasanya. Ini semua dibutuhkan untuk memelihara asupan kalori, protein dan nutrisi penting lainnya.
Pada masa seminggu atau dua minggu menjelang kelahiran, perut induk kucing akan semakin besar karena sang bayi juga semakin besar. Induk kucing mungkin membutuhkan lebih banyak makanan kecil sepanjang hari karena perutnya tidak cukup ruang untuk makanan dengan porsi normalnya. Oleh karena itu dibutuhkan suplemen vitamin khusus kucing sebagai penambah tenaga, salah satu produk vitamin kucing yang bagus adalah Virbac Nutri-plus Gel. Sehari atau dua menjelang kelahiran, induk kucing akan berhenti makan. Namun jika induk kucing berhenti makan selama beberapa hari, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter hewan kita.

Kucing hamil membutuhkan magnesium dan kalsium
Pada saat hamil, induk kucing akan mengalami stres. Magnesium gluconate dibutuhkan untuk mengurangi stres pada saat induk kucing hamil dan melahirkan. Selain itu magnesium dibutuhkan untuk menormalisasi denyut jantung dan fungsi hati dan mengharmonisasi metabolisme.
Seperti manusia, kalsium sangat dibutuhkan oleh kucing hamil, karena pada masa ini kandungan kalsium induk kucing akan berkurang secara drastis. Memberikan suplemen tambahan kalsium gluconate disarankan agar kucing tidak mengalami kekurangan kalsium.
Namun perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak memberikan magnesium dan kalsium pada kucing, beberapa merk vitamin seperti Fortan Calcium-Gluconat dan Fortan Magnesium Gluconat bisa menjadi pertimbangan karena memiliki dosis yang jelas dan tepat.

pregnant_cat_care_healthy_pregnant_cat

Jangan lupa latihan
Kucing hamil seharusnya terus latihan bergerak juga untuk membantu memelihara ototnya dan menjaga dari penambahan berat badan yang terlalu tinggi.

Semoga informasi ini berguna bagi catlovers. Dan bagi catlovers yang kucingnya sedang hamil, selamat menunggu kedatangan keluarga barunya.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Kucing Hamil

Tips Merawat Kucing Hamil

Kucing hamil , bisa menjadi masalah yang serius bagi sebagian catlovers. Ketika memasuki usia dewasa, kucing betina akan memiliki siklus masa kawin. Beberapa catlovers menyebutnya dengan kucing beger . Pada tahapan

Kucing Hamil

Baguskah Mengandangkan Kucing Hamil?

Cukup banyak pro kontra mengenai menaruh kucing di dalam kandang, namun Cattery.co.id kali ini akan membahas tentang mengandangkan kucing hamil. Mengapa kita harus menaruh kucing hamil di dalam kandang? Kucing

Kucing Hamil

Berapa Lama Kucing Hamil? Berikut Masa Hamil Kucing

Catlovers semua pasti tahu bahwa rata-rata masa kehamilan pada manusia adalah selama 9 bulan. Namun apakah catlovers tahu berapa lama kucing hamil? Kali ini cattery.co.id akan membahas tentang rata-rata masa

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!