Nitama, Kucing Penerus Kepala Stasiun Kereta Api di Jepang!
01/09/2015 2086 Views

Nitama, Kucing Penerus Kepala Stasiun Kereta Api di Jepang!

Kucing kali ini tidak hanya berperan sebagai hewan peliharaan yang disayang oleh manusia, tetapi juga memerankan peran yang biasanya dijalankan oleh manusia. Seperti halnya yang dilakukan Nitama, di Jepang. Jenis kucing calico ini menjadi kepala stasiun kereta api di Jepang. Bagaimana bisa ya?

f_12022711_1Nitama, jenis kucing calico yang diangkat menjadi kepala stasiun kereta api di Jepang

Nitama baru saja ditunjuk sebagai kepala stasiun kereta api se-Jepang setelah kucing yang sebelumnya menjabat telah meninggal. (lihat: Kisah Tama, Kucing Lucu yang Menjabat sebagai Kepala Stasiun Pertama di Dunia). Sebelumnya Nitama adalah kepala stasiun kereta api di Idakiso dan sempat menjadi asisten dibawah kepemimpinan seorang kepala stasiun di sebuah stasiun kereta api di Kishi kawasan Kinokawa.

catu-150824125848-_3418149bNitama ditugaskan di stasiun kereta api Idakisho

calico-250-250 kotak-250x250

Nitama dalam perjalanannya hingga menjadi kepala stasiun kereta api se-Jepang tidaklah selalu lancar, karena ia juga diseleksi dari beberapa kucing lain yang juga merupakan kepala stasiun rel kereta api di tiap-tiap wilayah di Jepang. Tentunya tidak hanya 1- 2 kucing yang menjadi kandidat dalam pemilihan ini, melainkan lebih dari 100-an kucing.

48017904.cachedNitama diangkat setelah Tama meninggal

Ya, Nitama adalah kucing dan ternyata ini bukan kali pertama Jepang menjadkan seekor kucing sebagai kepala stasiun kereta api. Sebelumnya ada seekor kucing yang mengawali trend ini dan ia bernama Tama. Ia merupakan kucing pertama yang menjadi kepala stasiun kereta api se-Jepang. Tama sangatlah terkenal seantero jepang, tetapi Tama meninggal pada bulan juni pada umurnya yang ke 16 (jika pada umur manusia itu sama saja seperti sudah berumur 80 tahun), lalu setelah itu Nitama-lah yang ditunjuk sebagai kepala stasiun kereta api se-Jepang. Nitama diangkat pada hari Nasional Jepang.

station-master-tama-the-catTama merupakan kucing pertama yang menjadi kepala stasiun kereta api di Jepang

Tradisi menjadikan kucing sebagai kepala stasiun rel kereta api di Jepang sudah berlangsung sejak bulan Januari tahun 2008 pada saat Wakayama Electric Railway mempromosikan Tama sebagai kepala stasiun rel kereta api yang super untuk Stasiun Kishi. Presiden beserta jajarannya juga mendatangi peresmian Tama menjadi stasiun rel kerta api di Kishi tersebut. Promosi ini juga membuat Tama menjadi satu-satunya “perempuan” yang berada pada posisi petinggi di rel kereta api (ini dikarenakan Tama merupakan kucing betina)

tumblr_m6cd4dCuDl1rpi7qio1_500Tama merupakan kucing betina

Tetapi sepak terjang Tama sebagai satu-satunya “perempuan” dalam jajaran petinggi pada stasiun rel kereta api di Jepang bukanlah satu-satunya hal unik yang ia lakukan. Pada tahun 2010 stasiun rel kereta api tempat Tama bekerja mengangkat ia menjadi opsir utama dan menjadikan ia sebagai kucing pertama yang memiliki anak buah dalam jajaran jabatan stasiun rel kereta api di Jepang.

Wearing a stationmaster's cap of the WakTama juga merupakan kucing pertama yang memiliki anak buah dan memiliki posisi tertinggi dalam sejarah dunia per-kereta api-an

Tama selalu diberi kepercayaan sebagai kepala stasiun rel kereta api di Jepang karena ia telah “menyelamatkan” Kishigawa Line dari kebangkrutan dengan keimutannya sebagai kepala stasiun rel kereta api. Hal ini menarik antusiasme para turis menuju Kishigawa Line untuk melihat dirinya yang sangat menggemaskan. Japan Times mengklaim bahwa keuntungan yang didapat oleh stasiun yang hampir bangkrut tersebut adalah sekitar 1.1 milyar yen (sekitar USD$8.9 juta dalam dolar) pada tahun pertamanya di Kishigawa Line.

150625115430-japan-station-cat-tama-exlarge-169Karena dirinya yang menggemaskan, Tama berhasil menghindarkan Kishigawa Line dari kebangkrutan

Dalam perjalanan hidupnya hingga menjadi kepala stasiun rel kereta api se-Jepang Nitama dan Tama melewati jalan yang tidaklah lancar. Mereka sama-sama terlhair di jalanan sekitar Kishi Station dan bukanlah kucing yang dirawat. Mereka terlantar dan tidak ada yang memperdulikan mereka sedikitpun, hingga akhirnya mereka diadopsi oleh seorang penjaga stasiun dan sedikit demi sedikit titik cahaya mulai terlihat. Tama mengawali karirnya sebagai official manager di Kishi Station sedangkan Nitama menjadi seorang official manager di Idikasho Station. Lalu disaat Tama mati banyak sekali orang yang mendatangi upacara pemakamannya yang menggunakan keyakinan Shinto (sebuah keyakinan yang dianut oleh orang Jepang).

1ddc430687da9e48a02ee4f80d3cb4fePada saat upacara pemakaman Tama, banyak sekali orang yang datang dan berbelasungkawa atas kepergiannya

Alasan dipilihnya Nitama sebagai pengganti Tama juga dijelaskan oleh Railway President (Presiden dari seluruh rel kereta api di Jepang), Mitsunobu Kojima. “Nitama adalah kucing yang sangat dekat oleh Tama, dan Tama juga menjadi guru langsung untuk Nitama” tukas Kojima. “Alasan dipilihnya Nitama sebagai pengganti Tama adalah karena ia juga telah diluluskan oleh Training School for Cat Stationmaster” tambah Kojima.

jepang_Tama-and-NitamaTama dan Nitama telah memiliki chemistry sejak dulu

Meskipun Nitama masih berumur 5 tahun pada satt menjadi opsir utama dari seluruh stasiun rel kereta api di Jepang, Kojima sangat mempercayakannya sebgagai pengganti Tama karena melihat kedekatan antara Nitama dan Tama itu sendiri. “Tama adalah kucing yang sangat pendiam, anggun dan jarang marah. Tetapi ia akan menjadi sangat tegas apabila sedang memberi contoh kepada Nitama” tukas Kojima.

japan-station-cat-_3357180bTama merupakan guru langsung untuk Nitama

Wah, wah, wah. Kali ini ada lagi ya polah si kucing yang membuat kita tercengang. Sebelumnya menjadi pahlawan untuk manusia seperti yang dilakukan Nala hingga kini Tama dan Nitama yang sangat berjasa dalam dunia transportasi umum khususnya kereta api di Jepang. Sepertinya kita juga dapat mengambil pelajaran berharga dari perjuangan mereka ya catlovers!

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Choupette Lagerfeld, Kucing Terkaya di Dunia!

Pernahkah terlintas dibenak catlovers untuk menjadi orang terkaya, terkenal dan sangat fashionable? Mungkin banyak contohnya seperti Paris Hilton, Kate Winslet, Drew Barrymore, Johny Depp dan artis Hollywood lainnya. Tapi apakah

Cat News

‘Coby’ si Kucing Memiliki Mata terindah SEDUNIA!

Catlovers pasti pernah mendengar rekor-rekor kucing di dunia ini, seperti misalnya kucing terpanjang di dunia, kucing tergendut di dunia, kucing tertua di dunia, kucing paling terkenal sedunia dan masih banyak

Cat News

Perusahaan Ini Mengadopsi Kucing Rescue Agar Karyawannya Bersantai dan Meningkatkan Produktivitas

Sebuah perusahaan di Tokyo, Jepang memiliki ide unik untuk membantu karyawannya bersantai dan meningkatkan produktivitasnya, yaitu dengan mengadopsi kucing rescue di kantor mereka. Di kota yang sempit dan sibuk seperti

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!