Nissan mengeluarkan Aksi #knockknockcats Untuk Menyelamatkan Kucing. Apa Artinya?
27/02/2016 998 Views

Nissan mengeluarkan Aksi #knockknockcats Untuk Menyelamatkan Kucing. Apa Artinya?

Alat transportasi memang memiliki berbagai macam kegunaan ya catlovers dan itu tergantung dari situasi dan kondisi si pengguna / pengendaranya. Seperti misalnya alat transportasi darat seperti sepeda, motor dan juga mobil. Alat transportasi darat ini memang sangat membantu kita dalam segala aspek, terutama dalam rangka mengefisiensi-kan waktu catlovers yang cukup padat tentunya. Mungkin ada yang menaiki transportasi umum dan ada juga yang memilih untuk membawa mobil / motor pribadi. Kedua pilihan tadi sama sekali tidak salah selama kita terus menaati regulasi yang berlaku dan ditetapkan oleh pihak yang berwenang. Akan tetapi kali ini akan ada satu aspek yang mungkin terlihat cukup jauh dari etika berkendara akan tetapi cukup penting untuk dilakukan, yakni mengetuk-ngetuk kap mobil sebelum menyalakan dan mengendarainya. Gunanya untuk apa? Apakah itu cara lain untuk ‘memanaskan’ mobil? Well, daripada mengira-ngira kali ini cattery.co.id akan membahasnya hanya untuk catlovers!

img_action1-1Untuk apa ya Nissan menghimbau kita untuk mengetuk-ngetuk kap mesin mobil kita sebelum menyalakan dan mengendarainya?

Kebiasaan mengetuk-ngetuk kap mobil sebelum menyalakan dan mengendarainya adalah sebuah kebiasaan / aksi yang disebut #knockknockcats. Ini merupakan cara Nissan untuk menyadarkan para pengendara mobil di Jepang untuk mengetuk-ngetuk kap mobil sebelum mengendarainya. Lalu apa alasannya? Alasannya adalah untuk mengecek apakah ada seekor kucing yang tertidur di dalam kap mobil dan diantara bagian dalam kap mesin lainnya. Mungkin kita merasa kaget, apa mungkin seekor kucing bisa tertidur di dalam kap mobil? Bagaimana cara mereka masuk dan apa keuntungan bagi mereka yang tertidur didalam kap mobil? Ya, seperti kita tahu bahwa pertama, kucing adalah hewan yang memiliki badan yang sangat elastis nan fleksibel. Tentu saja mereka tidak perlu membuka kap mesin tersebut untuk masuk kedalamnya (lagipula bagaimana cara mereka membuka kap mesin?) akan tetapi dengan melalui bagian bawah mesin mobil yang memiliki banyak rongga yang ‘cukup besar’ bagi si kucing untuk masuk dan sampai hingga ke bagian dalam kap mobil, khususnya diatas mesin utama.

107Ternyata inilah alasannya! Nissan menghindari kita untuk menyalakan dan mengendarai mobil sebelum mengecek apakah ada seekor kucing di dalam kap mesin!

calico-250-250 kotak-250x250

Keuntungan bagi si kucing yang tidur di dalam kap mobil adalah : kehangatan. Pengendara mobil di Jepang rata-rata adalah pegawai kantoran di bagian kerja lapangan. Otomatis bisa diestimasikan bahwa mobil yang mereka gunakan aktif dijalanan seharian. Nah, catlovers yang mungkin juga terbiasa mengendarai mobil, kami ingin bertanya satu hal. Apa yang terjadi dengan mesin mobil setelah kita gunakan seharian? Ya, mesinnya bersuhu panas. Bahkan terkadang panasnya dapat terasa hingga bagian permukaan kap mobil. Lalu, kita kembali kepada si kucing. Kita semua pasti tahu bahwa mamalia menggemaskan kita yang satu ini sangat senang dengan sesuatu yang bersuhu hangat dan panas. Mereka bahkan akan melakukan apapun agar berdekatan dengan sesuatu yang memiliki suhu seperti itu. So, disinilah si kucing akan melewati rongga-rongga bagian bawah mesin hingga akhirnya dapat tertidur dibagian dalam kap diatas mesin mobil kita yang masih terasa hangat setelah dikendarai seharian.

Nissan-marka-przyjazna-kotom_articleAlasan utama kucing-kucing liar masuk kedalam kap mesin mobil kita adalah karena mereka mencari kehangatan. Terutama jika sudah memasuki musim dingin.

Melihat banyaknya kejadian yang tidak mengenakkan karena ketidak-tahuan pengendara mobil akan hal ini seperti kucing yang akhirnya terlindas atau setidaknya terjebak di dalam kap mobil membuat Nissan Japan kemudian merilis sebuah video pendek yang berisi pesan tentang penyelamatan kucing. Tentu, kampanye video pendek dari #knockknockcats ini kemudian goes viral karena dirilis oleh salah satu perusahaan otomotif terbesar di Jepang ini dan sekarang telah di lihat oleh kurang lebih 1.000.000-an orang di seluruh dunia via youtube. Pencapaian yang cukup hebat untuk sebuah kampanye bukan? Apalagi kampanya ini untuk keamanan si kucing, tentunya Nissan memiliki peluang besar untuk mengambil hati para pengendara mobil untuk lebih melirik ke perusahaan otomotif ini. #knockknockcats di Jepang ditulis menjadi #NekoBanBan. Terdengar lebih lucu dan imut ya catlovers? Tentu kemungkinan kedepannya Nissan akan memberikan maskot atau sekedar mainan juga untuk meramaikan kampanye ini. Berbentuk kucing tentunya!

rescuedprincessBahkan pernah ada kasus di sebuah negara dimana seekor kucing terjebak selama hampir 2 minggu didalam kap mesin mobil tanpa diketahui pengendara mobilnya. Untungnya si kucing dalam keadaan sehat pada saat proses penyelamatan.

Anjing memang lebih sering untuk muncul di tiap-tiap komersial milik perusahaan otomotif lainnya karena mengingat anjing yang memliki durabilitas berjalan kaki yang cukup kuat. Akan tetapi disini Nissan tidak memperdulikkan hal itu dan berniat untuk mengambil hati pemelihara hewan kebanyakan di seluruh dunia, tapi Nissan malah lebih mempertimbangkan pengadaan komersial sekaligus kampanye ini untuk keselamatan kucing-kucing, terutama kucing-kucing jalanan. Mengapa begitu? “Ini dikarenakan kucing-kucing jalanan adalah kucing-kucing yang pastinya tidak dipelihara di dalam rumah dan seringkali merasa kedinginan di luar rumah sehingga mereka mencari tempat terhangat diluar rumah dan pilihan terbaik adalah : mesin mobil anda yang telah dinyalakan dan dikendarai seharian. Mereka akan dapat mudah masuk ke dalam kap mesin anda melalui bagian bawah mesin anda. Apa ada cara kita untuk mencegah mereka masuk? Jangan biarkanlah mereka menghangatkan tubuh mereka di dalam. Akan tetapi ingat-ingatlah sebelum kita menyalakan mesin mobil ketuk-ketuk dulu kap mobil kita, dan jika kita mendengar meongan kucing bukalah kap dan keluarkan kucing tersebut atau tunggu hingga si kucing keluar dengan sendirinya melalui bagian bawah mesin” tukas seorang jubir dari Nissan Japan.

nissan-knock-knock-catsSelain dibawah kap mesin, pilihan para kucing liar untuk menghangatkan tubuh pada saat musim dingin adalah pada bagian atas ban depan (jika mobil kita memiliki dapur pacu di bagian depan) atau bagian atas ban belakang (jika mobil kita memiliki dapur pacu di bagian belakang). So, jangan lupa juga untuk mengecek ya!

Ternyata Nissan memang cukup cerdas dan pintar untuk mengemas video pendek ini sebagai kampanye dan juga komersial-nya. Bahkan video kampanye #KnockKnockCats atau #NekoBanBan ini viewers-nya mengalahkan video dari test drag Nissak Skyline GT-R besutan Nissan sendiri. Memang ya catlovers, setiap orang tanpa terkecuali pasti akan luluh dan lemah jika sudah berhadapan dengan seekor kucing, apalagi jika mereka masih kecil. Jepang memang memiliki jutaan kucing liar, seperti contoh adalah Pulau Tashirojima yang terletak di Pacific Coast. Pulau ini merupakan pulau yang diisi oleh banyak sekali kucing di jalanannya dan tentunya akan membuat kita terus merasa gemas jika sedang berada disana. Bahkan sebelumnya kita juga pernah membahas tentang kuil kucing yang sudah berumur ratusan tahun dan memiliki nama Neko-Jinja. Pada masa barter dimana kain sutra adalah nominal tertinggi sebagai alat tukar, kucing amat sangat bermanfaat dan dipelihara oleh setiap orang di Jepang karena mereka amat sangat berguna untuk mengusir tikus yang merupakan musuh utama bagi kain sutra. Ditambah lagi orang Jepang percaya bahwa perubahan sikap kucing-kucing di Jepang dapat menjadi penanda untuk pergantian arah angin dan juga musim. Hebat bukan?

knockknockcatsMengetuk-ngetuk kap mesin sebelum kita menyalakan dan mengendarai mobil adalah satu hal kecil yang dapat menyelamatkan nyawa yang berharga!

Memang ya, sepertinya kedua ibu jari kita tidak akan pernah turun untuk merasa bangga dengan dedikasi Jepang kepada mamalia berbulu nan menggemaskan kesayangan kita ini? Mungkin karena Jepang juga menganggap bahwa kucing adalah hewan yang ‘sakral’ ini menjadi alasan mereka untuk terus menghargai kucing setiap saat. Tentu ini bukan kali pertama kita mendengar Jepang memberikan kabar heboh seputar kucing kan catlovers? Well, pasti catlovers penasaran juga dengan video pendek kampanye sekaligus komersial Nissan Jepang dalam aksi penyelamatan kucing #KnockKnockCats itu bukan? Ini silakan disimak videonya jadi kita akan tahu mengapa Nissan membuat video yang amat menggemaskan ini!

#KnockKnockCats Nissan’s Campaign

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Lykoi: Kucing yang Memiliki DNA Werewolves!

Jenis kucing memang sudah banyak sejak dulu, dan tidak berarti tidak akan ada lagi jenis kucing yang baru! Hampir setiap tahunnya jenis kucing baru ditemukan, entah karena faktor alam, rekayasa

Cat News

Seekor Anak Kucing Liar Mengganggu Siaran Berita Live, Mengeong Untuk Meminta Bantuan

Seekor anak kucing liar ini mengganggu siaran langsung sebuah televisi. Ia pun mengeong untuk mencari perhatian dan segera awak acara pun segera membantunya. Yuk temui tamu tak terduga ini. Hihihi

Cat News

Grumpy Cat akan “Diabadikan”

 Kita sebagai catlovers pasti sedikit banyak tahu tentang kucing-kucing yang terkenal di sosial media Twitter dan Instagram. Seperti Nala the Cat yang sangat menggemaskan, Lil Bub yang selalj menjulurkan lidahnya,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!