National Feral Cat Day, Ayo Sayangi Kucing Liar!
17/10/2015 1591 Views

National Feral Cat Day, Ayo Sayangi Kucing Liar!

Sebuah negara pasti memiliki hari nasional-nya masing-masing, seperti Indonesia yang hari nasionalnya antara lain jatuh pada tanggal 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan dan tanggal 10 November sebagai hari pahlawan. Lalu, ternyata si kucing yang kita pelihara memiliki hari nasional loh catlovers! Hari nasional kucing peliharaan (National Feral Cat Days) itu jatuh pada tanggal 16 Oktober! Tapi kira-kira apa saja ya yang dirayakan pada hari nasional kucing peliharaan ini? Dan siapa pula yang mencetuskannya? Ayo disimak artikelnya!

SF-Feral-Cat-Day-2015National Feral Cat Day tahun ini diadakan tanggal 16 Oktober lalu dan merupakan perayaang yang ke 15!

National Feral Cat day merupakan hari spesial untuk si kucing yang dicetuskan oleh Alley Cat Allies yang merupakan sebuah organisasi advokat kucing yang berdedikasi untuk melindungi kucing peliharaan dari penyikapan orang-orang disekitarnya. Banyak yang menganggap Alley Cat Allies sebagai sebuah organisasi advokasi yang bergerak hanya dalam perlindungan kucing-kucing besar seperti harimau, singa, macan, cheetah dan sebagainya. Namun sebenarnya Alley Cat Allies merupakan organisasi advokasi yang bergerak juga dalam perlindungan kucing-kucing liar dan peliharaan.

Logo-long tagine-cool11-medAlley Cat Allies merupakan tim perlindungan dan advokat kucing yang mencetuskan National Feral Cat Day pada tahun 2001

calico-250-250 kotak-250x250

Lalu pada tanggal 16 Oktober lalu National Feral Cat Day telah mencapai perayaan yang ke 15. Sekurang-kurangnya ada 700 acara yang diadakan dalam National Feral Cat Day ini. Benar, Alley Cat Allies membuat hari ini sebagai hari nasional kucing peliharaan pada tahun 2001. Pada perayaan kali ini, mereka memiliki tema: Evolution of the Cat Revolution (Evolusi dari Revolusi Kucing), tema ini dipercaya akan membuat TNR lebih terlihat lebih menarik! Tetapi pertanyaannya adalah “TNR itu apa?”

AlleyCatsTNR (Trap-Neuter-Return) kira-kira program apa ya?

TNR merupakan singkatan dari “trap-neuter-return” yang merupakan sebuah program dimana kucing-kucing liar “dijebak” secara manusiawi. Menjebak disini bukan berarti kakinya diikat dan diberlakukan secara tidak manusiawi, akan tetapi si kucing dijebak dengan kandang jebakan yang tidak melukai si kucing, lalu kucing yang terjebak dikandang tersebut akan diurus di Alley Cat Allies dengan diberi makan, nutrisi, sterilisasi dan diobati jika terluka. Lalu, jika si kucing telah sehat dan siap untuk dilepas kembali ke habitat alisnya mereka akan dilepas dan kembali ke alamnya. Hal ini juga sangat difokuskan untuk kucing-kucing liar yang masih kecil, mereka juga akan diberlakukan TNR dan diberikan penanganan khusus di Alley Cat Allies hingga umur mereka cukup untuk dilepas ke alam liar. Mulia sekali ya?

TNR-Infographic-PCI-page-001-1TNR merupakan sebuah program dimana kucing akan “dijebak” secara manusiawi, diberi makan yang bernutrisi, obat, vaksin, sterilisasi dan dikembalikan ke alamnya jika sudah kembali ke keadaan normal.

Kembali ke National Feral Cat Day. Secara jelas pada perayaannya yang ke 15 mereka akan memfokuskan National Feral Cat Day dengan menyuluhkan kepada masyarakat tentang TNR agar tidak hanya Alley Cat Allies yang melakukan program TNR tetapi catlovers juga melakukan ini. Kedepannya acara ini juga akan diadakan diluar Amerika sebagai tempat kedudukan Alley Cat Allies. Di NationalFeralCatDay.org mendaftar ratusan penduduk lokal agar menjadi relawan dalam acara tersebut dan bergabung dalam komunitas Alley Cat Allies. Acara di National Feral Cat Day juga menertakan sebuah klinik untuk mensterilisasi si kucing, penyuluhan tentang edukasi memelihara kucing dan pastinya menggalang dana untuk mendukung program TNR yang dicetuskan oleh Alley Cat Allies, karena dalam program TNR mereka juga membutuhkan kandang, obat-obatan dan juga makanan yang bernutrisi untuk si kucing.

imagesTNR merupakan sebuah program yang sangat efektif untuk menekan populasi kucing

Alley Cat Allies juga mempromosikan pengontrolan populasi melalui TNR. Sebuah grup relawan yang tergabung di Alley Cat Allies mengatakan bahwa selama kucing liar dalam masa TNR, kucing-kucing liar tersebut layaknya dikurung secara manusiawi dan dibawa ke dokter hewan untuk di vaksin dan diberi obat jika perlu. Setelah mereka kembali normal pasca TNR dan telah disterilisasi, mereka akan dikembalikan ke habitat awal. Dan memang hingga saat ini TNR merupakan cara paling efektif untuk menstabilkan populasi kucing-kucing liar di Amerika. “1 dekade terakhir beberapa kawasan di Amerika secara resmi mendonasikan dan mendukung program TNR sehingga populasi kucing liar di kawasan-kawasan tersebut sukses mengadakan program TNR itu sendiri” tukas petinggi sebuah grup relawan dari Alley Cat Allies.

october_special_facebook_2015Alley Cat Allies juga menjual kandang untuk TNR jika ada relawan yang juga ikut dalam program mereka.

National Feral Cat Day juga mulai mendapatkan atensi dari beberapa petinggi negara di Amerika, akan tetapi karena organisasi ini masih bersifat swasta dan terlihat tidak resmi. Padahal mereka telah banyak sekali melakukan gerakan yang sangat mulia untuk memberlakukan kucing secara manusiawi. Alley Cat Allies sebagai National Feral Cat Day juga akan terus melakukan segala usaha terbaik agar hukum terhadap orang-orang yang memberlakukan kucing secara tidak manusiawi dan melakukan tindak kejahatan terhadap si kucing. Melihat kehidupan dewasa ini yang sangat menomor terakhir-kan keselamatan dan penghargaan terhadap binatang, petinggi dari Alley Cat Allies angkat bicara “kami sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang kemanusiaan untuk binatang khususnya kucing yang seringkali diberlakukan secara tidak baik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, maka untuk ini kami akan memprjuangkan hak kucing untuk diakui dimata negara dan hukum”

B9315190086Z.1_20141213220432_002_GUA981GRQ.1-0Kucing yang sedang di karantina di Alley Cat Allies dalam program TNR

(ibr)

 

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Fakta Menyedihkan Bagi Kucing Hitam di Tengah Perayaan Halloween

Trick o’ Treat! Ya, jargon ini akan selalu terdengar di jalanan Amerika Serikat bahkan terpampang di mall-mall besar disana pada hari Halloween. Pastinya catlovers semua tahu sedikit banyak tentang Halloween

Cat News

Sekelompok Kucing Besar yang Dianggap telah Punah akhirnya Ditemukan di Ethiopia!

Catlovers semua pasti tahu bahwa binatang yang ada di bumi ini dimasukkan ke dalam beberapa kategori. Antara lain kategori hewan yang populasinya masih meluas, langka dan juga punah. Tugas kita

Cat News

Brian alias Captain Kirk, Kucing Unik Bertelinga 3 dari Norfolk

Kucing merupakan hewan yang lucu dan selalu saja ada hal lain yang membuat mereka unik. Entah karena ‘kelakuannya’ yang selalu membuat kita berkata ‘wah, ada-ada saja deh!’, atau bahkan bentuk

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!