“Music for Cats” Album Klasik Khusus untuk Kucing!
21/10/2016 583 Views

“Music for Cats” Album Klasik Khusus untuk Kucing!

Kucing merupakan pendengar yang baik. Mereka cukup peka dengan keadaan sekitarnya dan terkadang tanpa harus melihat mereka dapat memastikan bahwa ada sesuatu di lingkungannya hanya dengan mendengar. Tapi kali ini ada seorang musisi berbakat dan hebat yang menciptakan sebuah album musik yang dibuat khusus untuk kucing dan di resmikan label-nya oleh salah satu perusahaan pencetak music terbesar dan terkenal di dunia.  Kira-kira komposisi music seperti apa ya yang dibuat oleh musisi ini sehingga dikhususkan olehnya untuk kucing? Lalu apa saja suara yang ada di dalam music yang ia buat? Daripada menebak-nebak dan penasaran lebih baik kita bahas saja topik ini hanya pada artikel cattery.co.id kali ini! Disimak ya!

music_for_catsKini ada album musik khusus untuk kucing dan bertajuk “Music for Cats”!

calico-250-250 kotak-250x250

Sekarang ada sebuah album music yang dibuat khusus hanya untuk kucing! Tentunya album music untuk kucing ini dibuat oleh musisi yang merupakan manusia ya catlovers! Lalu, album music ini juga sudah telah dirilis melalui label music ternama, yakni Universal Music pecan lalu. Selain itu belum lama terilis, album music khusus kucing yang bertajuk “Music for Cats” ini telah mengepalai 2 top chart untuk genre music klasik dunia. Hebat ya?

asdGenre dari album musik ini merupakan klasik dan dikomposisikan oleh pemain Cello (solois) klasik bernama David Teie yang sudah menggeluti dunia musik dalam waktu lama dan telah memiliki project musik khusus kucing sejak 2008 lalu.

Percaya tidak percaya bahwa musisi yang menjadi composer utama dari album “Music for Cats” adalah orang yang tidak terbiasa begitu dekat dengan kucing dan mengatakan bahwa dirinya merupakan orang yang alergi terhadap kucing. Composer ini bernama David Teie, ia merupakan solois Cello yang juga tergabung dengan America National Symphony Orchestra. Album besutannya yang berisikan lima komposisi instrumental didalamnya sangat penuh dengan permainan Cello yang mengalun, kicauan burung dan tentunya tidak lupa, suara dengkuran kucing. Unik ya? “Para kucing telah membangun rasa music melalui suara yang telah mereka dengar sejak lahir,” tertulis pada website “Music for Cats.”

BRITAIN-US-MUSIC-ANIMAL-CATDavid Teie, Cellist.

Ini adalah premis yang telah sengaja dibuat untuk´”Music for Cats”, “menggabungkan suara-suara khas kucing dan vokalisasi alami yang mereka punya untuk kemudian disamakan kepada rentang rekuensi pendengaran mereka.” Tukas David. “Jika kita membunyikan suara yang persis seperti suara dengkuran si kucing, tidak mungkin jika si kucing tidak menengok dan mendengar itu” tambah David pada Washington Post.

catmusicpicDavid merupakan komposer yang sangat kreatif sehingga merealisasikan ide yang out of the box seperti ini!

“Yang saya coba lakukan dan kerjakan disini adalah merangsang otak para kucing sehingga mereka akan berfikir seperti; ‘saya tidak tahu suara apa itu, tetapi suara itu dapat saya dengan dan itu membuat saya jadi lebih baik’.” Harap David. Lalu, sesuai dengan harapan David bahwa lagu-lagu tersebut mendapatkan respon positif dari kucing, studi telah menemukan dan mendukung fakta tersebut melauli percobaan ilmiah.

CATCOMPOSR002a1442456651Di dalam album Music for Cats juga terdapat suara-suara alam seperti kicauan burung dan tentunya, suara mendengkur khas seekor kucing yang sedang merasa nyaman dengan sekitarnya!

Sebuah studi pada tahun 2015 yang dilakukan oleh para peneliti di University of Wisconsin yang telah diterbitkan dalam sebuah jurnal Applied Animal Behaviour Science menemukan bahwasannya lagu menimbulkan reaksi positif dari 77% sample kucing yang mendengar. Para peneliti juga menuliskan bahwa “kucing telah menunjukkan preferensi yang signifikan untuk minat di dalam music.” Hebat ya catlovers? Jadi karya David Teie ini memiliki kesempatan yang cukup besar agar diterima oleh kucing, apalagi album Music for Cats ini dibuat khusus untuk kucing.

press-02David Teie dan beberapa teman komposernya.

Ketua dari Program Pengenalan dan Pendalaman Perilaku Hewan (Director of Animal Behaviour Program) di Tufts University Cummings School of Veterinary Medicine, Nick Dodman, mengatakan bahwa sejauh yang ia tahu “Studi pertama yang telah dilakukan kepada kucing memang telah menunjukkan bahwa kucing menanggapi music dengan baik dan dalam. Kemungkinan besar kucing akan lebih baik merespon music jika itu dirancang dan disampaikan kedalam idiom yang biasa mereka pergunakan (suara dan bahasa khas mereka seperti dengkuran dan meongan).” Tukas Nick kepada Washington Post.

Music-for-catsDikatakan bahwa para kucing senang mendengar album Music for Cats dan ini membuat peringkat album Music for Cats pada chart musik klasik menduduki nomor satu!

Lebih baiknya lagi bahwa album Music for Cats tersedia gratis khusus untuk permintaan penampungan hewan. Universal Music sendiri menggaet David setelah melihat dan tertarik dengan tawaran dan juga kickstarter yang telah dibuat oleh David yang akhirnya telah mengumpulkan lebih dari $ US200,000 dan berhasil terjual lebih dari 10.000 eksemplar album. Kampanye juga dibuat oleh David sebagai bentuk penggalangan dana untuk para kucing yang ada di dalam penampungan hewan. Video terseebut juga menampilkan beberapa kucing yang terkenal di social media seperti, City the Kitty, Nala dan Bacon, crowdfunding viral yang dibantu oleh video yang menampilkan sekelompok kucing Instagram terkenal, termasuk Kota yang Kitty, Nala, dan Bacon yang merupakan seekor kucing Scottish Fold yang hidup di Skotlandia.

0511bca45f0d93c15086ea3e3b6ba8fa_originalAlbum Music for Cats juga disediakan khusus dan gratis untuk permintaan penampungan hewan yang tertarik.

David Teie akhirnya telah sukses merangsang banyak dengkuran dari para kucing hampir di seluruh dunia ditandai dengan album Music for Cats telah berhasil menduduki peringkat satu di iTunes Classical Music Chart dan juga Amazon UK’s Classical Orchestral Music Chart. “Banyak pemilik kucing telah mengatakan kepada saya bahwa mereka juga merasa senang untuk mendengar album Music for Cats. Jadi, ini merupakan pengalaman baru yang menyenangkan untuk para kucing peliharaan sekaligus juga para pemeliharanya.” Tukas Daivd setelah melakukan live performance pada sebuah kafe kucing di London. “Album ini juga tersedia secara gratis khusus untuk tempat penampungan hewan, rumah sakit dan klinik hewan yang tidak memberlakukan pemutusan kuku pada kucing.” Tutup David.

Sources:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Louis Wain, Pelukis yang Selalu Bertemakan Kucing

Kucing dapat menjadi apapun yang mereka inginkan. Mereka sangat pintar memposisikan dirinya sebagai apapun dalam kehidupan kita. Sebagai boneka kesayangan, teman tidur, sahabat dekat bahkan sumber inspirasi seperti untuk Louis

Cat News

Seekor Kucing Dibuang di Seattle Beserta Surat yang Menyentuh

Kita sebagai manusia pasti memiliki rasa sentimentil yang sangat tinggi terhadap segala sesuatu disekitar kita. Meskipun banyak yang merasa dirinya kuat. Namun diantara kita, pasti ada orang yang merasa tidak

Cat News

(Video) Dua Sahabat Kucing dan Marmut Mencoba Mengajak Seekor Tupai dalam Kelempok Mereka

Seekor kucing dan marmut ini adalah sahabat baik yang tinggal di Florida, Amerika Serikat. Mereka sudah terbiasa tinggal dan bermain bersama. Suatu siang ketika dua sahabat ini sedang bersantai di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!