Mitos Kucing: Kucing adalah Hewan Penyendiri, Acuh Tak Acuh dan Independen
01/09/2015 6041 Views

Mitos Kucing: Kucing adalah Hewan Penyendiri, Acuh Tak Acuh dan Independen

Sejak dahulu kucing dikenal sebagai hewan penyendiri dan independen. Tapi benarkah kucing seperti itu? Pam Johnson-Bennett, seorang cat behaviorist, salah satu orang yang berusaha meneliti perilaku kucing sejak 1982. Pada saat itu hampir tidak ada orang yang mau meneliti dan bekerja sama dengan para pemilik kucing, karena banyak mitos yang beredar bahwa hampir semua pemilik kucing adalah orang-orang yang memiliki masalah dalam tingkah laku dan bersosialisasi. Dan banyak orang yang merasa tidak perlu untuk membuktikan karena semua orang tahu bahwa kucing adalah hewan penyendiri, independen, tidak memiliki kasih sayang dan tidak bisa dilatih.

Namun mitos hanyalah mitos, banyak orang yang tidak memiliki informasih memadai tentang kucing. Padahal banyak video Youtube yang membuktikan bahwa kucing adalah makhluk sosial, dapat dilatih dan yang pasti ia bukan hewan penyendiri. Lalu banyak orang yang berusaha membandingkan kucing dan anjing, mereka mencoba untuk menunjukkan bahwa salah satu spesies tersebut lebih baik dibanding yang lainnya. Namun jika kita perhatikan lebih jauh, kucing dan anjing adalah hewan yang berbeda dan tidak bisa dibandingkan secara apple to apple. Oleh karena itu, saat ini Cattery.co.id akan mencoba untuk mematahkan mitos ini. Silakan disimak catlovers!

Tell me again how aloof and independent cats are.

Kucing Bukan Hewan Acuh Tak Acuh

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing telah diprogram oleh alam untuk menjadi predator hebat. Indera mereka sangat tajam, terutama pada penglihatan, suara dan bau potensi mangsa. Jadi apa yang kita tafsirkan sebagai hewan penyendiri sebenarnya adalah kucing telah dirancang untuk siap dalam keadaan apapun. Hanya karena kucing kita mungkin tidak memperhatikan ketika kita memanggil namanya, bukan berarti dia bersikap acuh tak acuh, tapi dia fokus.

Kucing adalah Hewan yang Memiliki Kasih Sayang

Kucing menunjukkan kasih sayang mereka dalam banyak hal yang mungkin tidak kita sadari karena sangat tersirat. Kucing kita mungkin tidak harus duduk dipangkuan kita untuk menunjukkan kasih sayangnya. Mungkin si kucing menikmati duduk di samping atau di dekat kita, itu lah cara ia menunjukkan kasih sayangnya. Lalu pikirkan pula berapa kali si kucing akan mengusap kepalanya ke kita (menyundul kepalanya pada kita), menggosokan badannya pada kita, mendengkur atau memberikan jilatan lidahnya. Itu semua adalah cara kucing menunjukkan kasih sayangnya.

7-great-ways-a-cat-shows-their-affection-53f3404fba150

Kebanyakan kucing menikmati belaian dari pemiliknya, namun bukan belaian yang sama yang diberikan pada anjing. Jangan berikan belaian pada perutnya, kebanyakan kucing akan langsung bersikap defensif. Beberapa kucing juga mungkin memiliki preferensi lokasi tempat yang senang untuk dielus-elus oleh kita. (lihat: Tempat Terbaik untuk Mengelus Kucing http://www.cattery.co.id/tempat-terbaik-untuk-mengelus-kucing/). Beberapa kucing menikmati elusan dalam waktu yang lama dan beberapa lainnya lebih memilih satu atau dua kali elusan saja. Kucing kita akan menghabiskan banyak upaya untuk mengenal kita sebagai pendampingnya, seperti apa yang kita suka dan apa yang tidak kita suka. Jadi kita melakukan hal yang sama untuk kucing kita, maka akan sangat mungkin untuk terjalin hubungan yang sangat erat dengan kucing kita.

Independen

Secara fakta, kucing dapat ditinggal di rumah sendirian dalam waktu yang lebih lama dibandingkan anjing. Namun kucing juga bergantung pada kita sebagai sahabat sekaligus orang yang membantu merawatnya. Sangat salah mitos yang mengatakan bahwa kucing adalah hewan independen dan memerlukan sedikit perawatan saja. Kucing juga membutuhkan kita agar tidak menderita secara fisik dan emosional.

6a00d8347a49a469e2017c34d56a73970b-500wi

Kucing membutuhkan persahabatan dengan kita dan pada kenyataannya, beberapa kucing akan mengalami kecemasan jika ia sering ditinggalkan sendirian atau terlalu lama – sama seperti anjing. Kucing mungkin tidak akan menunjukkan ekspresi kecemasan mereka (tidak seperti anjing yang akan mengekspresikannya), sehingga kita agak sedikit bingung mengartikannya.

Kucing adalah hewan soliter atau sosial?

Kucing seringkali disebut sebagai makhluk soliter dan itu tidak lah tepat. Kucing adalah hewan sosial. Struktur sosial mereka berbeda dibandingkan dengan anjing. Kesalahpahaman itu mungkin berasal dari kenyataan bahwa mereka adalah predator kecil yang sering berburu mangsa sendirian dan mereka akan memangsa hewan yang hanya cukup dimakan bagi kucing itu sendiri. Kucing juga unik karena mereka adalah predator dan juga sebagai mangsa, karena ukuran mereka yang kecil. Jadi mereka akan selalu berhati-hati dalam setiap situasi.

6ac63729c5684648fb0a31b6b1cb6442_1274132618

Faktor lainnya yang sering membuat orang lain bingung tentang struktur sosial kucing adalah bahwa kucing adalah hewan teritorial sehingga interaksi antar kucing harus melalui proses halus untuk mengidentifikasi dan negosiasi. Kita mungkin memiliki anjing yang akan langsung menjadi teman dengan hampir anjing lain yang ia temui, dan mungkin kita akan menjadi frustasi ketika kita menyadari perkenalan antar kucing tidak bisa dilakukan dengan cepat. Perkenalan pada kucing memerlukan siasat dan negosiasi teritorial.

Jika kita melihat dunia kucing dari sudut pandang kucing itu sendiri, kita akan melihat bagaimana kucing akan berusaha untuk menjadi sahabat yang siap untuk memberi kasih sayangnya pada kita. Jangan bandingkan kucing dengan anjing  – lihat lah kecantikan dan kasih sayangnya sebagai kucing. Dogs are great at being dogs and Cats are great at being cats!

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

2 Kucing Penjaga ketika si Bayi sedang Tidur

Bayi bernama Abbie tertidur setelah bermain dengan kucingnya. Selanjutnya kedua kucing tersebut terlihat sedang menjaga Abbie ketika tertidur. Memastikan agar Abbie aman dan tidak merasa kesepian.   Artikel ini disponsori

Dunia Kucing

10 Hal yang Pasti Kamu Belum tahu Tentang si Kucing

Kita sebagai pecinta kucing tapi akan terus menggali apa saja yang perlu kita tahu tentang si kucing dari mulai mood-nya, bahasa tubuhnya, gejala-gelaja penyakitnya sampai makanan dan mainan favoritnya! Lalu

Dunia Kucing

Apakah si Kucing Merasa Senang Jika Kita Cium?

Jika catlovers sedang merasakan ‘jatuh cinta’ kepada seseorang mungkin banyak sekali hal yang dapat catlovers ekspresikan kepadanya agar ia tahu apa yang kita maksudkan. Bahkan terkadang (mungkin) tidak perlu berkata-kata

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!