Misteri dibalik Mata Kucing yang ‘Menyihir’!
01/10/2016 1599 Views

Misteri dibalik Mata Kucing yang ‘Menyihir’!

Hallo catlovers! Apa kabarnya? Cattery.co.id selalu berharap catlovers dan juga si kucing dirumah selalu di sehat, semangat dan selalu senang dimanapun kalian berada! Well, kali ini kita akan membahas hal terpenting dan tercantik dari si kucing, yakni mata-nya. Kita sudah tahu sebagai pecinta kucing mata dari si kucing adalah bagian yang paling cantik, penuh ‘mantra dan sangat menyihir. Jika kita menatap si kucing di saat si kucing juga menatap kita, sudah jelas kita berada di bawah ‘mantra’ mereka. Lalu sebenarnya, apakah benar mata si kucing ini punya sihir tersendiri didalamnya? Dan sebenarnya ada berapa jenis mata kucing? Ayo kita bahas di artikel cattery.co.id kali ini!

e5ebf127b37534d007a1000c02436606Pernahkah catlovers melihat kucing yang bermata biru?

Mata kucing. Siapa sih yang tidak menganggap mata kucing adalah salah satu hal yang cantik untuk dilihat? Tidak hanya cantik, mata ini sangat jeli dan mampu menangkap target yang bergerak cepat sekalipun, dan inilah salah satu radar terbaik si kucing untuk mangsanya. Kita sebagai pemeliharanya pun mengakui kan kalau mata kucing dapat ‘menyihir’ kita untuk terus lebih sayang kepada mereka?

why-do-cats-eyes-glow-in-the-dark-57486f2367087Bohong jika kita mengatakan mata kucing tidak indah dan cantik untuk dilihat.

calico-250-250 kotak-250x250

Mata si kucing juga seringkali terlihat begitu lucu disaat mereka melihat sekitarnya sebelum akhirnya meringkukan badannya untuk tidur siang. Tapi akuilah, jika kita melihat mata si kucing yang seperti ini tepat sebelum mereka tidur siang, sudah pasti kita menghampiri mereka dan terus mengelus si kucing hingga tidur bukan? Sebenarnya disaat inilah kita terkena ‘sihir’ si kucing! Lalu selain itu, mata si kucing juga seakan mewakili kata-kata dari si kucing kurang lebih seperti ini : “berilah aku makan”, “sepertinya kau belum mengelus ku hari ini?”,”eluslah perut saya! “,”bermainlah denganku!”,”kau pasti mengagumiku bukan?” dan tentunya kita tidak akan bisa menolak karena memang semuanya pasti akan ktia lakukan untuk si kucing!

Dua mata dengan beribu-ribu bahasa didalamnya.

Selain sangat mempesona, mata kucing adalah salah satu bagian eksternal dari si kucing yang paling penting. Terutama disaat mereka saling berkomunikasi dengan kucing lain dan tentunya disaat mereka mencoba untuk berinteraksi dengan kita. Pada pandangan pertama kita mungkin berpikir, “ok, saya tahu kinerja mata si kucing sama dengan mata yang manusia miliki. Mereka melirik, menutup, mengedip dan sebagainya. Ya, mata si kucing juga sangat cantik, cantik sekali”. Namun adakah hal lain yang kita perlu tahu dari si kucing? Mulailah kita melihat mata si kucing dengan seksama dan jawablah pertanyaan  dibawah ini:

Seperti Apakah mata Kucing yang Sehat?

112970lpr

  • Warna mata-nya jelas, tidak buram atau pucat, bening hingga ke bola mata dan tidak juling.
  • Mata-nya terlihat hidup, selalu waspada dan penuh dengan rasa penasaran.
  • Pandangannya terfokus pada satu titik (dengan kita menatap mereka, si kucing pasti menatap kita juga tidak menatap kearah lain), bebas dari peradangan, pembengkakan atau kemerahan (matanya tidak berkeruh, warnanya jelas).
  • Jika mata si kucing berair terus menerus, ini bisa mengindikasikan adanya penyakit saluran pernapasan pada si kucing (URI) dan segeralah ke dokter hewan.

Mengapa Mata si Kucing Pernah seperti Mata Reptil?

545183d17976ff9101ae35320b93836dTerkadang mata si kucing terlihat seperti mata reptil. Apa ini berarti si kucing memiliki gen yang sama dengan reptil?

Sebenarnya, ini bukan berarti si kucing merupakan bagian dari reptile, memiliki gen reptile atau hal yang diluar batas imajinasi kita ya catlovers! Sebenarnya mata si kucing yang memiliki bola mata lonjong melancip diatas dan dibawah ini merupakan hal special yang juga dimiliki oleh si kucing loh catlovers!

  • Ingat, kucing adalah hewan yang termasuk di dalam hewan pemburu mangsa. Mereka biasanya lebih aktif di senja di malam hari (cenderung nocturnal) sehingga dengan mata dan bola mata yang berbentuk seperti itu akan sangat berguna dan berfungsi dengan baik pada sore dan malam hari dimana pencahayaan sangat rendah.
  • Di mata kucing ada sesuatu yang berwarna mencolok antara lain warna hijau, emas, oranye atau biru. Ini adalah iris si kucing.
  • Lalu bulatan kecil berwarna hitam yang ada di tengah-tengah mata-nya adalah pupil si kucing.
  • Dalam iris si kucing terdapat dua otot siliaris. Otot-otot ini memungkinkan pupil si kucing untuk merespon cahaya yang tersedia. Jika cahaya kurang maka pupil akan terbuka lebar dan didalam cahaya rendah pupil si kucing akan mengecil dikarenakan kedua otot siliaris ini.
  • Dalam cahaya terang pupil si kucing bertugas untuk melindungi retina yang sangat sensitif. Ini menyebabkan pupil menyempit dan membentuk vertikal yang akhirnya kita kira adalah mata reptile.

Seberapa Baik sih Penglihatan si Kucing?

imgKucing lebih jelas melihat objek yang bergerak yang berjarak cukup jauh dari dirinya

Pernah berikan makan kepada si kucing persis didepan matanya atau dibawah mulutnya? Lalu si kucing malah tidak menggubris makanan tersebut dan tidak memakannya. Ini bukan karena si kucing kenyang atau sombong, tetapi ini karena penglihatan si kucing memiliki jarak terbaik pandang yang khusus.

  • Penglihatan seekor kucing tidak memungkinkan untuk melihat sesuatu pada jarak yang sangat dekat ataupun dekat dengan jelas seperti manusia. Mereka justru dapat melihat sesuatu dengan jelas dan baik apabila objek tersebut berada sekitar 2 sampai 6 meter dari pandangannya.
  • Kucing memiliki jarak pandang yang besar dan dapat dengan mudah melihat target-nya yang bergerak sekalipun berada di ujung pandannya (Bahkan pergerakkan kecil sekalipun)
  • Dalam otak kucing terdapat sel-sel saraf yang unik dan memungkinkan si kucing untuk menangkap gerakan yang sangat cepat yang bahkan manusia sudah pasti tidak dapat melihat gerakan tersebut.
  • Ya tentu karena penglihatan yang spesial tadi jangan kaget jika si kucing yang tadinya terlihat tenang mendadak menghilang dengan kecepatan penuh untuk menerkam mangsa-nya yang bergerak di halaman.

Kenapa Mata si Kucing Menyala?

maxresdefaultWarna menyala-nya keren ya catlovers?

  • Mata si kucing sebenarnya tidak benar-benar bersinar ataupun menyala. Mata si kucing sebenarnya memantulkan cahaya dari sel-sel kecil yang bertindak seperti cermin didalamnya.
  • Di belakang retina kucing terdapat lapisan sel yang disebut tapetum lucidum. Sel-sel ini membantu kucing untuk melihat dalam kondisi yang benar-benar gelap (rendah-cahaya) dengan memantulkan cahaya kembali ke retina. Juga, sel seperti cermin ini memperkuat cahaya apa pun yang ada, tidak peduli seberapa samara tau redup cahaya yang masuk sehingga dari sinilah si kucing dapat melihat benar-benar jelas di dalam kegelapan.
  • Jika catlovers senang membandingkan sesuatu dengan angka, maka catlovers mungkin akan tercengang jika mengetahui bahwa sel tapetum lucidum yang ada pada mata si kucing dapat mencerminkan 130 kali lebih ringan dan jelas daripada mata manusia.
  • Berkat desain mata si kucing yang luar biasa, mereka dapat menggunakan cahaya hampir 50 persen lebih efektif daripada mata manusia. Ditambah lagi, mereka dapat melihat objek dengan bantuan cahaya yang 6 kali lebih redup daripada manusia.
  • Tahukah catlovers bahwa mata kucing Siam akan bersinar merah seperti beberapa bara api? Rupanya ada beberapa jenis perbedaan dari keturunan kucing lainnya yang terletak pada tapetum lucidum. Kebanyakan mata kucing lainnya bahkan akan menyala hijau seperti Kryptonite Superman!

Benarkah Kucing dapat Melihat dalam Kegelapan?

Gegenlicht1Kucing bukan dapat melihat dalam gelap total, akan tetapi dengan bantuan sedikit cahaya seekor kucing dapat melihat lebih baik daripada manusia di dalam ruangan gelap yang hanya memiliki sedikit cahaya didalamnya.

Nyatanya kucing tidak dapat melihat apapun didalam kegelapan! Jika ruangan itu tidak memiliki cahaya sama sekali siapapun itu pasti tidak akan bisa melihat karena untuk melihat sesuatu si kucing sangat memerlukan cahaya layaknya manusia. Hanya saja si kucing hanya membutuhkan sedikit cahaya dan penglihatannya akan jauh lebih baik di dalam gelap dibanding manusia. (Intinya adalah adanya cahaya yang masuk ke retina!).

Apakah Kucing dapat Melihat Warna?

most-colorful-bird-parrot-birdwallpaperKarena sensor warna yang lebih banyak dan peka, manusia dapat melihat warna dengan jelas, seimbang dan cerah. Namun kucing malah sebaliknya.

Ya, kucing dapat melihat warna, tetapi dalam hal ini manusia dapat melihat warna lebih jelas, cerah dan banyak. Mengapa begitu?

  • Pertama-tama, manusia melihat warna lebih banyak dari kucing karena jumlah sensor warna pada mata manusia lebih banyak daripada kucing.
  • Kucing memiliki sejumlah kecil sel-sel khusus yang sama dengan manusia dan bekerja sebagai sensor warna dan ini terletak di bagian belakang retina.
  • Sensor cahaya, atau rods, memungkinkan si kucing untuk melihat berbagai nuansa warna hitam, abu-abu dan putih. Karena kucing memiliki rods yang lebih baik dari manusia, mereka lebih mampu melihat dalam cahaya redup.
  • Kucing diyakini dapat melihat beberapa variasi warna antara warna merah, hijau, biru dan kuning. Hanya saja kucing memiliki sensor warna yang sensitive terhadap warna merah sehingga warna biru dan hijau terlihat lebih terang daripada kuning dan merah

Berapa Banyak Bentuk dari Mata Kucing?

Dari sekian banyaknya ras kucing sebenarnya hanya ada 3 bentuk mata kucing yang mendasari seluruh bentuk matanya, yakni:

  • Mata berbentuk Almond (Almond Shaped)

cat-pregnancy-a-week-by-week-pregnancy-calendar-568e4b25593b9Almond Shaped Eyes

Bentuk dari mata kucing yang seperti ini memang mirip sekali seperti almond, kedua ujungnya lancip dan sedikit miring. Biasanya almond shaped eyes ini dimiliki oleh kucing ras oriental seperti kucing siam.

  • Mata berbentuk Bulat (Round Shaped)

whiskers-black-cat-yellow-eyes-animal-pictures-cute-hd-wallpaperRound Shaped Eyes

Tidak perlu penjelasan lebih lanjut. Mata kucing yang round shaped ini amat sangat lucu dan menggemaskan! Ya, kucing Persia rata-rata memiliki mata berbentuk bulat penuh seperti ini.

  • Mata berbentuk Oval (Oval Shaped)

c1da3a73d77d2359f5b2613fbbd9eb58Oval Shaped Eyes

Ya, dapat dikatakan ini adalah perpaduan bentuk mata dari almond shaped dan round shaped sehingga melahirkan oval shaped. Sebenarnya bentuk mata kucing yang seperti ini cenderung bulat, akan tetapi memiliki ujung melancip seperti almon shaped dan sedikit miring (tidak bulat penuh). Bentuk mata seperti ini banyak dimiliki oleh kucing-kucing yang berada disekitar kita loh catlovers!

goodwp.com_31840Dengan kemampuan mata yang spesial, wajar saja jika kucing termasuk hewan pemburu.

                Nah, bagaimana pengetahuan tentang mata si kucing menjadi cukup meluas kan catlovers? Selama ini kita mungkin hanya tahu bahwa mata kucing indah, cantik dan benar-benar menggemaskan. Tetapi nyatanya, banyak sekali ‘misteri’ yang belum terungkap di balik mata si kucing ya catlovers? Lalu, karena ini juga merupakan bagian vital untuk si kucing, alangkah baiknya apabila kita juga menjaga kesehatan mata si kucing setiap hari!

Sources:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Anatomi Kucing

Siapa yang Lebih Unggul, Indra Kucing atau Indra Manusia?

Kucing adalah hewan yang memiliki insting alami sebagai pemburu, mengungtit mangsanya, melacak bau benda asing dan memahami kelemahannya sehingga kucing akan mempersiapkan diri dan selalu awas terhadap bahaya. Indra kucing sangat

Anatomi Kucing

6 Fakta dan Fungsi Kumis Pada Kucing

Pernahkah catlovers memerhatikan kumis pada kucing dan berpikir apakah fungsi kumis pada kucing? Kali ini cattery.co.id akan mencoba membahas kumis kucing tersebut. Kumis pada kucing, atau yang dikenal sebagai vibrissae,

Anatomi Kucing

Bentuk Muka Kucing Berpengaruh pada Sifatnya?

Kucing memang hewan yang lucu. Apakah catlovers sering memperhatikan bentuk muka pada berbagai jenis kucing? Secara umum bentuk muka pada kucing terbagi menjadi tiga, yaitu berbentuk bulat, persegi, dan segitiga.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!