Menghindari Bencana Saat Hari Raya Bagi Pemilik Kucing
24/12/2016 3773 Views

Menghindari Bencana Saat Hari Raya Bagi Pemilik Kucing

Ketika kita heboh menyambut hari raya lebaran, Natal, tahun baru, Nyepi, Waisak, kemerdekaan RI, Imlek, atau lainnya, kucing kita belum tentu merasakan hal yang sama. Bahkan beberapa cara kamu merayakannya bisa menyebabkan kucingmu ketakutan bahkan bisa jadi berujung bencana!  Sebagai pemelihara mpus, sebaiknya catlovers memperhatikan hal-hal berikut agar tidak hanya kamu yang bersuka ria, sedangkan kucingmu merasa stress atau menjadi sakit.

Dekorasi

Silakan catlovers membawa pohon Natal ke rumah, ornamen ketupat atau bedug bagi yang merayakan Ramadhan, bendera merah putih saat 17-an, atau lampion saat Imlek, tetapi kamu perlu ingat bahwa asesoris ini bisa berbahaya bagi kucingmu. Dekorasi dengan lem dan glitter misalnya. Kucingmu mungkin akan melihat ini sebagai mainan yang menarik dengan warna-warni yang memukau. Namun cara kucing bermain pastilah ada acara gigit-menggigit. Apa kamu bisa bayangkan ketika glitter itu terlepas lalu tertelan oleh si mpus? Kami menyarankan untuk selalu menggantung ornamen seperti ini di pohon Natal bagian atas, langit-langit rumahmu, atau tempat lainnya yang tidak bisa dijangkau kucing. Tentunya akan lebih baik jika tidak ada ornamen dengan glitter seperti ini sama sekali.

Banner perayaan Ramadhan bertabur glitter

Banner perayaan Ramadhan bertabur glitter

Jika kamu memiliki pohon Natal di rumah, kucingmu bisa jadi tertarik untuk mendakinya. Well ini memang sudah insting mereka, mau bagaimana lagi? Ketika si mpus memanjat pohon itu, hiasan-hiasan yang digantung tentu akan berjatuhan. Biasanya yang berjatuhan adalah ornamen yang digantung di dahan-dahan bagian bawah. Ornamen yang terbuat dari kaca tentu akan pecah dan bisa melukai siapapun, bahkan kucingmu. Sebaiknya hiasan yang bisa pecah seperti ini digantung di dahan bagian atas, atau agar lebih aman, hindari ornamen yang bisa pecah misalnya yang terbuat dari plastik.

Ornamen pohon natal dengan glitter

Ornamen pohon Natal dengan glitter berbahan kaca

Perayaan Natal biasanya juga dihiasi dengan tanaman Kastuba atau Poinsettia dan bunga Lili. Kedua tanaman ini adalah beberapa tanaman yang dianggap paling beracun apabila termakan oleh kucing. Jangan gunakan kedua tanaman ini sebagai hiasan apabila kamu memiliki kucing!

calico-250-250 kotak-250x250
Tanaman Poinsettia atau Kastuba

Tanaman Poinsettia atau Kastuba

Jika kamu menggunakan lilin sebagai dekorasi, kamu juga perlu ekstra hati-hati. Kucing selalu ingin mengenal benda baru dengan menciumnya. Selain itu mereka terkadang tidak berhati-hati ketika mengibaskan ekor atau berjalan mundur. Ini menyebabkan hidung dan buntut mereka bisa terluka akibat api atau lilin cair yang panas. Apabila mereka panik atau reflek bergerak menghindari lilin itu, bisa jadi lilin-lilin akan berjatuhan dan timbulah bencana. Kamu sebaiknya menghindari penggunaan lilin sebagai dekorasi atau kamu bisa mencoba lilin faux flame. Jenis lilin ini tidak memiliki api sungguhan, melainkan LED dengan efek visual sehingga terlihat seperti api yang menyala.

Lilin tanpa api beraneka warna

Lilin tanpa api beraneka warna

Sebagian pemiliki kucing suka mendandani kucingnya dengan memakaikan kostum saat hari raya. Sebenarnya sebagian besar kucing tidak suka dipakaikan baju. Jika dipaksakan, si mpus bisa merasa risih dan berujung stress. Kamu bisa mencoba memakaikan kostum ke kucingmu. Jika dia tidak suka, biarkanlah dia bergaya dengan bulu alaminya yang sudah tercipta dengan elegan.

 Pesta

Saat hari raya tentunya kita akan mengundang keluarga dan teman. Kucing bisa menjadi stress ketika bertemu dengan orang-orang baru, apalagi teritorinya dipenuhi olehnya. Selain orang asing, suara musik dan aroma yang dia tidak kenal akan menambah kecemasan si mpus. Tingkat stress si kucing akan berlipat ganda apabila di antara tamu ada yang membawa hewan peliharaannya.

Dalam kondisi normal, kucing tidak akan berpikir untuk meninggalkan teritorinya, yaitu rumahmu. Namun apabila tingkat stress  sudah memuncak maka si mpus bisa saja melakukan itu. Kucing dikenal bisa berperilaku dengan tidak terduga ketika merasa tertekan. Dengan pintu rumahmu yang sering terbuka dengan lalu-lalangnya tamu, kucingmu bisa melihat ini sebagai kesempatan untuk melarikan diri lalu menghilang.

Jika kamu mengadakan pesta maka tempatkan kucingmu di ruang terpisah, jauh dari keramaian.  Pastikan kamu letakan tempat tidur, makanan favorit, dan musik lembut yang menenangkannya. Pastikan kamu letakan tanda “Dilarang Masuk!” atau “Awas Kucing Galak!” 😀 di pintu. Kamu juga bisa menyewa jasa cat sitter untuk menemani kucingmu selama ditempatkan di ruang ini.

Cat sitter in action

Cat sitter in action

Kotak dan Kertas Kado

Kotak dan kertas kado mungkin bukan sesuatu yang buruk untuk kucingmu, tetapi buruk untuk perayaan hari rayamu. Kucing sangat suka dengan kotak bingkisan. Mereka akan mencoba bermain dengan cakarnya dan tidur di atasnya. Bisa jadi si mpus akan mencoba membuka kotak-kotak itu. Apa kamu bisa bayangkan apa yang terjadi dengan kado-kado itu? Bencana! Walau begitu, kamu bisa membolehkan kucing-kucingmu bermain dengan kotak kado yang tidak terpakai atau setelah isinya digunakan agar mereka merasa bagian dari perayaan ini.

Catovers juga perlu memperhatikan bahan yang digunakan dalam membungkus bingkisan. Pita, benang, dan tali pasti akan menarik perhatian kucingmu. Mereka akan bermain dengannya dan mulai mengigitnya. Jika tertelan, asesoris ini bisa kusut dan menyumbat saluran pencernaanya. Ini bisa mematikan bagi kucing.

Pita seperti ini sudah pasti jadi mainan kucing

Pita seperti ini sudah pasti jadi mainan kucing

Makanan Hari Raya

Tidak lengkap perayaan hari besar tanpa makanan spesial. Tentunya makanan ini akan menarik bagi kucingmu dengan aromanya yang kuat. Namun catlovers perlu berhati-hati. Tidak semua makanan yang biasa dimakan manusia aman dikonsumsi kucing. Sebagian bahan makanan itu bisa membuat kucing sakit atau bahkan berakibat fatal.

Tidak semua makanan manusia baik untuk kucingmu, walau si mpus menyukainya.

Tidak semua makanan manusia baik untuk kucingmu, walau si mpus menyukainya.

Jika kamu mau memberikan sedikit treat pada kucingmu dengan makanan yang disajikan untuk tamu, kamu bisa memberikan sedikit ayam atau daging panggang dengan bumbu yang ringan. Jangan berikan kucingmu daging atau telur mentah karena bisa sakit karena bakteri Salmonella. Hindari si mpus dari memakan bawang putih, susu, coklat, anggur, kismis, dan kafein. Tentunya alkohol is a big no, bahkan juga untuk kamu lho catlovers! Semua bahan yang tadi disebutkan bisa berbahaya bagi saluran pencernaan kucing dan bisa berujung kematian. Makanan mengandung gula tertunya buruk bagi kucing karena bisa menyebabkan obesitas, masalah gigi, dan diabetes. Kamu juga bisa membaca artikel mengenai makanan yang terlarang bagi kucing sebagai refensi yang lebih lengkap.

Semoga tips tadi bisa menjadikan perayaan hari besarmu lancar tanpa adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya tidak seru apabila setelah kamu merayakannya, kucingmu jatuh sakit atau pergi dari rumah. Jika catlovers selalu waspada, hari raya akan berjalan dengan suka ria, baik untukmu atau si mpus.

(hss)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Temperatur Sebagai Pengukur Kesehatan Kucing

Semua fungsi tubuh kita (seperti pencernaan, gerakan, otak, syaraf dan lainnya) merupakan hasil dari reaksi kimia yang dikendalikan oleh enzim. Untuk bekerja dengan baik, enzim harus berada pada suhu tubuh.

Cara Merawat Kucing

5 Alasan Kenapa Kita Harus Sering Mengelus si Kucing!

Catlovers semuanya pasti senang sekali jika sudah memasuki waktu luang catlovers dan pulang kerumah bukan? Pastinya catlovers akan lebih senang lagi jika kedatangan catlovers kerumah juga disambut oleh si kucing.

Cara Merawat Kucing

Kucing Akan Mengalami Obesitas jika Terlalu Disayang

Solusi untuk mengatasi obesitas adalah pemikiran yang kreatif. Ahli tingkah laku Jon Bowen menjelaskan semuanya. Para ahli fitness akan dengan senang hati memberitahu kamu bahwa obesitas disebabkan oleh terlalu banyak

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!