Mengenal Lebih Dekat Jackson Galaxy, sang “Ayah” dari Semua Kucing
03/08/2015 2285 Views

Mengenal Lebih Dekat Jackson Galaxy, sang “Ayah” dari Semua Kucing

Catlovers semua pasti memiliki kucing peliharaannya masing-masing. Pastinya tiap jenis kucing memiliki habit dan karakteristiknya masing-masing yang paling menonjol. Nah, karena itu ada kalanya si kucing memiliki tempramental yang buruk seperti contoh sangat penakut atau bahkan galak dan sering mencakar sampai-sampai pemeliharanya kesulitan untuk mengatasi hal ini. Tapi apa mungkin hal ini dapat diatasi? Tentu bisa. Seperti kegiatan yang dilakukan Jackson Galaxy dalam mengatasi kucing-kucing galak yang ia temui di jalan atau milik seseorang yang memintanya untuk mengatasi hal ini. Kali ini kita akan mengenal lebih dekat Jackson Galaxy yang layaknya ayah untuk semua jenis kucing.

Jackson Galaxy (nama sebelumnya Richard Kirschner) lahir di Manhattan, Amerika Serikat pada tahun 1966. Ia memiliki perawakan layaknya rockstar dengan tattoo yang melekat di tubuhnya dan juga piercing yang menempel di telinganya yang sangat jauh dari citra pecinta kucing. Pada awalnya ia memang memiliki cita-cita menjadi rockstar yang hebat seperti band pada eranya Metallica, Van Halen dan AC/DC. Tetapi karena hidup tidak selalu memberikan apa yang diinginkan, akhirnya ia menjadi seorang behaviorist (ahli dalam mengenal perilaku) untuk kucing.

 

Jackson-Galaxy-w-guitar-200x300Jackson bercita-cita menjadi rockstar sebelum akhirnya menjadi behaviorist kucing

calico-250-250 kotak-250x250

Tetapi apa ini merupakan keterpaksaan untuk Jackson? Tidak sama sekali. Ia ternyata sudah dekat dengan kucing sejak awal karirnya sebagai petugas penyelamat kucing dalam sebuah organisasi kemanusiaan bernama Humane Society di Boulder Valley, Colorado dan pada waktu itu pula Jackson mulai mempelajari tingkah laku kucing secara mendalam.

 GalaxyMeski tidak menjadi rockstar, Jackson tidak merasa terpaksa menjalani tugasnya sebagai behaviorist kucing

Mesikupun pernah menjadi musisi rock, ia juga sempat menjadi konsultan untuk para pemelihara kucing bersama seorang dokter hewan bernama Dr, Jean Holfve pada tahun 2002 pada sebuah instansi bernama Little Big Cat Inc. Hal ini terus berlanjut hingga ia pindah ke Los Angeles pada tahun 2007 dan meneruskan profesinya sebagai konsultan untuk kucing. Ia melaksanakan kegiatannya berdasarkan panggilan pemelihara kucing yang kesulitan mengatur perilaku kucingnya, disini Jackson akan datang ketempat klien dan akan merubah pola tingkah laku si kucing agar lebih baik bersama pemeliharanya.

 

JGBertattoo, memakai anting dan berpakaian layaknya musisi rock tidak menunjukan bahwa Jackson adalah pecinta kucing dari nuraninya

 Di Los Angeles karir Jackson kian cemerlang dan makin membulatkan tekadnya untuk menjadi behaviorist kucing. Ia telah menjadi narasumber utama untuk beberapa acara di stasiun TV luar negeri Animal Planets dengan programnya Cats 101. Menjadi behaviorist utama dalam acara Think Like A Cat besutan program TV Game Show Network.

JacksonGalaxySemenjak tahun 2007 Jackson seringkali menjadi behaviorist untuk beberapa acara dalam program tv yang membahas seputar kucing

Semenjak tahun 2011 ia menjadi presenter untuk acaranya sendiri yang berjudul My Cat From Hell besutan Animal Planets yang mungkin sering catlovers tunggu-tunggu tayangannya. Acara ini memiliki program dimana Jackson sebagai presenter sekaligus behaviorist kucing akan memberikan solusi untuk mengatasi tingkah laku kucing yang sangat susah diatur dari klien-kliennya.

 51tL7ZU3SNL._SX940_Program My Cat From Hell yang merupakan acara Jackson di Animal Planets sangat menjadi sorotan pecinta kucing semenjak 2011

Pada tahun 2013 ia juga memiliki program Cat Mojo di Animalist. Disini ia selalu memberikan tanggapannya mengenai semua isu yang ada tentang kucing sekaligus menceritakan pengalamannya sebagai behaviorist kucing, dari hal yang serius hingga hal yang konyol.

 Jackson-Galaxy-Cat-Mojo

Cat Mojo. Salah satu program Jackson yang membahas seputar kucing, tanya-jawab seputar kucing dan pengalamannya selama 20 tahun berkecimpung dalam dunia behaviorist kucing

Jackson sangat menekankan bahwa pekerjaan sebagai tim penyelamat kucing sangatlah berbeda dengan petugas penangkaran kucing. Tim penyelamat kucing adalah kelompok yang tidak akan pernah meninggalkan satu kucing pun yang terlantar dijalanan dalam keadaan yang memprihatinkan, sakit dan kelaparan. Mereka selalu memberi makan kucing yang kelaparan di jalanan dan mengobati kucing yang sakit. Kucing yang mereka temukan tidak selalu dibawa ke tempat mereka bekerja, melainkan dibiarkan dijalanan tetapi tetap dalam pengawasan mereka setiap harinya.

Animal-Planets-Jackson-GalaxyJackson dan Salah satu kucing temuannya: “Tim penyelamat kucing dan petugas penangkaran kucing adalah 2 hal yang berbeda” (Jackson Galaxy)

Lain halnya dengan petugas penangkaran kucing, kebanyakan mereka membawa kucing ke tempat penangkaran dan jika dalam waktu lama tidak ada yang menjemput atau berminat pada kucing-kucing yang mereka angkut dari jalanan maka mereka akan memusnahkan kucing-kucing itu dengan cara membunuhnya. Jackson menambahkan “jika kita ada dalam penangkaran, kita akan merasakan situasi dimana kucing-kucing yang tidak dipelihara akan dimusnahkan. Bukankah akan lebih baik jika kucing-kucing itu diadopsi oleh kita? Marilah kita membuat kucing tidak lagi merasa takut dan membiarkan mereka hidup. Kita hidup tidak dengan sendirinya, maka manfaatkan dan hargailah apa-apa yang hidup juga disekitar kita” well-said!

600-feral-mom-and-kittens“Kucing rumah, kucing jalanan, kucing terlantar ataupun kucing lainnya tetaplah kucing yang harus kita pedulikan karena mereka sangat bergantung kepada kita manusia” (Jackson Galaxy)

Pengalamannya selama 20 tahun sebagai behaviorist kucing tentu memiliki beberapa moment yang tidak terlupakan seperti halnya penanganan kucing bernama Lux yang sangat tempramental bahkan pemelihara Lux pernah menelpon bala bantuan 911 disaat Lux mencakar seorang bayi dirumah itu dan menjadi sangat agresif kepada anggota keluarga pemeliharanya.

“Kasus Lux sangat melibatkan perasaan sentimentil dan emosional saya sebagai behaviorist kucing. Tiap pemeliharanya selalu menyerah atas perilaku Lux. Bahkan sering saya mendapatkan berita tentang Lux dari pemeliharanya dan saya yakin itu adalah kabar yang buruk. Sikap Lux sangatlah tidak mudah ditebak, disaat kita merasa Lux telah memperlihatkan perkembangan perilakunya, esok harinya Lux kembali agresif” dan kini setelah seluruh usaha Jackson dikerahkan untuk kasus ini, Lux telah memiliki pemelihara baru sekaligus sesekali melakukan check-up ke rumah sakit hewan untuk mendapatkan perawatan profesional.

LuxLux: “Kasus Lux merupakan kasus yang sangat melibatkan perasaan sentimentil dan emosional” (Jackson Galaxy)

 “Kita harus peka terhadap kucing disekitar kita, mereka tetaplah hewan yang sangat dekat dengan umat manusia hingga nanti. Memberikan perhatian lebih pun akan lebih baik kepada si kucing. Jangan pernah membedakan antara kucing jalanan, kucing rumahan, kucing penangkaran dan sebagainya, karena mereka tetaplah kucing yang akan sangat setia kepada kita dan sangat membutuhkan bantuan kita agar mereka tetap merasa disayangi dan dianggap ada” menurut Jackson.

 

tumblr_lyz8zgulJ91qzwoviJackson dengan perlengkapan-nya dalam sebuah hard-case gitar dalam program-nya My Cat From Hell

Jackson juga tidak menyetujui dengan adanya labelling pada salah satu karakter besutan serial kartun The Simpsons yang bernama “Crazy Cat Lady”. Disini “Crazy Cat Lady” dianggap gila dan tidak akan mendapatkan teman kencan bahkan pasangan hidup hanya karena ia sangat menyayangi kedua kucing yang ia pelihara. “nyatanya rata-rata pemelihara kucing adalah orang yang sangat penyayang dan sangat setia” tukas Jackson. Ya memang, cattery.co.id juga sangat tidak setuju atas hal itu, bahkan ada juga artikel yang dibuat cattery.co.id yang membahas bahwa kucing justru memberikan nilai plus kepada pemeliharanya (Lihat artikel cattery.co.id: Pria Sejati adalah Penyayang Kucing! dan 5 Sifat Istimewa dari Para Pemilik Kucing, Jomblo Wajib Baca!)

05

Jackson tidak setuju dengan labelling “Crazy Cat Laddy”

Sebagai orang yang sangat dekat dan berpengaruh untuk kucing, tidak heran jika Jackson aktif dalam berbagai gerakan kemanusiaan dan sosial menyangkut kucing. Sehingga ia telah diberikan penghargaan kemanusiaan (Humane Award) tahun 2015 oleh Helen Woodward Animal Centre pada 11 Juli lalu. Ya atas segala kepedulian Jackson untuk kucing dan pemeliharanya wajar saja jika ia mendapatkan penghargaan itu bukan?

 ygvbjhnjJackson Galaxy mendapatkan penghargaan kemanusiiaan (Humane Awards) tahun 2015 atas manfaat dan dampak positif yang ia tumbuhkan selama ia berprofesi sebagai behaviorist kucing

Cat Daddy Akan Datang Ke Jakarta!

Ssstt, tahukah catlovers bahwa Jackson Galaxy, sang Cat Daddy akan datang ke Jakarta? Pembawa acara MY CAT FROM HELL dari Animal Planet, akan datang ke Jakarta selama dua hari saja, Jackson akan hadir di Gandaria City dan berbincang-bincang selama sesi Show & Tell soal berbagai perilaku umum kucing dan bagaimana merawat kucing Anda dengan lebih baik. Tentunya juga akan banyak aktivitas seru untuk keluarga dan kesempatan untuk memenangkan berbagai hadiah dari Animal Planet.

11781686_1468380376791546_3679711163237976996_n

Tempat: Main Atrium Ground Floor, Gandaria City
Hari & Tanggal: Sabtu, 8 Agustus & Minggu, 9 Agustus 2015
Waktu: 17.00

GRATIS, TERBUKA UNTUK UMUM

Untuk Info lengkapnya klik disini.

Dari pengalaman panjang seorang Jackson Galaxy sang Ayah dari semua kucing cattery.co.id menyimpulkan bahwa kadang kita mungkin sangat sulit dalam mengerti apa yang diinginkan si kucing karena pada dasarnya kita tidak memiliki bahasa yang sama, tetapi bukan berarti kita menyerah begitu saja dalam penanganan kucing yang kita pelihara. Kita masih dapat mengerti bahasa yang sangat mudah kita mengerti antar makhluk hidup yakni, tingkah laku. Tingkah laku si kucing sangat mudah dimengerti jika kita peka dengan apa yang dilakukan si kucing. Intinya hanya satu, berlatihlah untuk lebih peka dan lebih dekatlah kita dengan si kucing agar tidak ada gap yang menghasilkan sesuatu yang tidak diinginkan.

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Sekelompok Kucing Besar yang Dianggap telah Punah akhirnya Ditemukan di Ethiopia!

Catlovers semua pasti tahu bahwa binatang yang ada di bumi ini dimasukkan ke dalam beberapa kategori. Antara lain kategori hewan yang populasinya masih meluas, langka dan juga punah. Tugas kita

Cat News

(Video) Persahabatan Antara Seekor Kucing dan Rubah Tertangkap Fotografer di Turki

Pernah kah catlovers menemukan seseorang yang memiliki sifat bertolak belakang sekali dengan kita, namun akhirnya ia justru menjadi sahabat sejati kita? Ini lah yang akan Cattery.co.id akan bahas. Kucing dan

Cat News

Gaya Rambut Kucing untuk Catlovers karya Belia Rusia!

Mungkin untuk catlovers ber-gender perempuan seringkali memilih gaya rambut seperti  ponytail, bob, layer-cut atau sekedar memberikan poni. Lalu untuk catlovers ber-gender laki-laki sekarang sedang mencoba gaya rambut pompadour, undercut atau

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!