Mengapa Kucing Perlu Menandai Teritorialnya?
26/08/2015 4715 Views

Mengapa Kucing Perlu Menandai Teritorialnya?

Kucing perlu menandai teritorialnya dengan berbagai macam alasan, tetapi tahukah catlovers jika kucing juga meninggalkan tanda mereka pada orang-orang yang mereka cintai. Mereka melakukan itu untuk menunjukkan kasih sayangnya pada kita. Teman berbulu kita ini adalah seorang pengirim pesan yang baik, mereka kan menunjukkannya dengan bahasa tubuh, suara atau dengan aroma untuk menandai yang mempunyai arti tertentu bagi mereka. Menandai teritorialnya sangat penting bagi kucing, mereka dapat menetapkan batas-batas wilayahnya dan memungkinkan hewan atau kucing lainnya tahu bahwa daerah tersebut sudah ada pemiliknya.

Berbagai Cara Kucing Menandai Wilayah

Ada banyak cara kucing untuk menandai berbagai titik di wilayah atau lingkungan sekitar mereka tinggal, seperti

483545885_42ed171f72

calico-250-250 kotak-250x250

Memijat
Bayi kucing akan mulai menandai wilayahnya bahkan setelah mereka baru ssaja lahir. Walaupun bayi kucing belum bisa mendengar atau melihat apapun, namun mereka sudah memiliki indera penciuman yang luar biasa. Bayi-bayi ini sangat sensitif terhadap suara dengkuran induknya yang akan mengirimkan getaran yang menenangkan sehingga membuat mereka nyaman. Ketika mereka mulai menyusu, bayi kucing akan memijat-mijat perut ibunya sebagai cara mereka menandai wilayahnya. Hal itu bisa dilakukan karena kucing memiliki kelenjar feromon yang berasal dari bantalan kaki mereka. Anak kucing menandai wilayahnya agar mereka dapat kembali ke tempat tersebut, karena kucing biasanya akan menyusu pada puting yang sama ketika mereka pertama kali menyusu pada induknya. Ini sangat penting dan memudahkan bayi kucing untuk menyusu pada induknya, apalagi jika saudara-saudara mereka banyak, tentu anak kucing akan berebutan dan kebingunan mencari puting tempat menyusu.

HEAD-BUTT-CAT-550x390

Menggosokan kepala dan Pipi
Catlovers tentu tidak asing lagi jika telah lama tinggal bersama kucing. Hal yang sangat menyenangkan bagi kita ketika si kucing mulai menggosokan kepaka dan pipi mereka pada kita, ini juga cara kucing menunjukkan kasih sayangnya. Kucing juga melakukan ini pada anjing dan kucing lainnya untuk menandai mereka dengan kelenjar bau yang berada di wajah dan kepala mereka. Ini untuk menunjukkan bahwa ia memiliki hubungan dengan orang atau hewan lain yang telah bergosokan dengannya.

Ketika kucing baru datang di lingkungan yang baru dan asing, mereka akan menggosokan badannya ke banyak tempat untuk meninggalkan feromon mereka, ini untuk membantu mereka jika ingin menetap di wilayah itu. Namun si kucing tidak akan menggunakan kepala mereka untuk menandai wilayahnya, karena feromon di wilayah kepalanya hanya digunakan pada orang-orang atau hewan lain yang mereka sayangi saja.

cat-scratching

Mencakar
Kucing sangat suka meregangkan tubuhnya dan mencakar pada permukaan tertentu, entah itu di luar atau di dalam rumah. Kucing akan menggaruk tempat tertentu karena berbagai alasan yang kompleks. Selain meninggalkan aroma di tempat yang dicakar, cakaran tersebut juga merupakan peringatan visual bagi kucing atau hewan lainnya.

Kebiasaan kucing yang ini seringkali membuat kita pusing, apalagi tempat yang dipilih kucing untuk dicakar itu adalah kursi atau sofa mahal. Oleh karena itu selalu siapkan scratching post untuk tempat mencakar kucing. Kebiasaan kucing mencakar juga berguna untuk melepaskan lapisan cakar yang telah usang, sehingga cakar kucing tetap bagus.

Cat-pooping-shutterstock_35149

Tidak Mengubur Kotorannya
Kucing yang menghabiskan banyak waktunya di luar rumah cenderung untuk meninggalkan kotorannya di tempat terbuka dan tidak menguburnya. Kebiasaan ini dilakukan kucing untuk menunjukkan kucing atau hewan lain tahu bahwa daerah itu adalah wilayah kekuasaannya. Kucing indoor juga terkadang melakukan hal ini, walaupun kecil kemungkinannya.

Jika kucing indoor melakukan urusan buang air-nya tidak di dalam litter box, kemungkinan si kucing sedang mengalami gangguan kesehatan atau mungkin karena litter box-nya tidak bersih sehingga si kucing tidak mau menggunakannya. Namun jika kita ragu, pergi lah ke dokter hewan untuk memastikan bahwa kucing kita tidak sakit, tetapi biasanya kucing tidak mengubur kotorannya untuk menujukkan bahwa daerah itu adalah kekuasaannya.

cat_spraying_vertical

Spraying
Ketika kucing melakukan spraying, hal ini tentu sangat menyebalkan bagi kita terutama jika si kucing melakukannya di sekitar rumah, karena baunya yang sangat tidak enak. Namun yang menarik adalah bagi kucing, urin membawa banyak informasi bagi mereka seperti apakah mereka kuat, lemah, musim kawin atau sedang sakit. Feromon yang ditemukan pada urin kucing jantan akan memberi tahu seluruh kucing seberapa suburnya ia, atau urin betina akan memberi tahu seluruh pejantan apakah ia siap untuk kawin atau tidak.

Kucing senang untuk menandai teritorialnya dan meninggalkan bau mereka pada orang-orang yang mereka cintai. Kucing kita juga senang untuk menggosokan badannya pada benda-benda untuk mengklaim kepemilikkannya. Tentu kita sangat senang bukan ketika kita pulang ke rumah dan mendapatkan sambutan dari kucing dengan sundulan kepalanya? Menandai wilayahnya akan membantu kucing untuk menetap dan merasa lebih aman. Penandaan wilayah ini memungkinkan kucing atau hewan lainnya untuk mengetahui segala macam hal tentang kucing di sekitarnya dan membantu untuk mencegah perkelahian diantara kucing yang dapat menyebabkan cidera. Itu lah mengapa kucing perlu menandai teritorialnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi catlovers.

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Ketika Kucing Mempermainkan Kita

Ketika kucing melatih cara berperilaku yang baik kepada pemiliknya.. Saat kita mengatakan kepada orang-orang bahwa kucing-kucing kita berperilaku baik dan terlatih, mereka mengangguk dan senyum dengan sopan, dan berusaha untuk tidak memutar matanya.

Perilaku Kucing

Kenapa si Kucing Kadang Menggigit Saat Kita Mengelus Mereka?

Kucing merupakan hewan yang sangat menggemaskan sehingga kita pasti tidak melewatkan satu hari pun untuk bermain dengannya meski dalam waktu yang tidak lama. Namun, hampir dari seluruh pemelihara kucing pasti

Perilaku Kucing

Apa Benar Kucing itu Hewan yang Pendendam?

”Kucing saya ‘pipis’ di celana teman saya!”, “Kucing saya mencakar disaat saya lupa bermain dengannya!”, “Kucing saya tidak memperdulikan saya setelah saya bermain dengan kucing teman saya ditaman!”. Kira-kira apakah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!