Mengapa Kucing Melakukan Spraying
08/05/2015 5304 Views

Mengapa Kucing Melakukan Spraying

Kucing melakukan spraying atau “marking” terjadi ketika kucing mengeluarkan sejumlah kecil urin pada permukaan vertikal, seperti tembok, pintu, gorden, peralatan elektrik ataupun pada furnitur. Beberapa kucing cenderung untuk melakukan marking pada benda-benda yang lembut seperti kasur, baju yang ada di lantai, kertas dan plastik.

Spraying merupakan perilaku menandai bagi kucing, dan bukan merupakan masalah bak pasir. Kucing tidak butuh untuk pipis. Urin merupakan pesan untuk kucing yang lain.

Penyebab Spraying
Setidaknya ada tiga penyebab utama kucing melakukan spraying, yaitu perilaku seksual/hormonal, perilaku teritorial, dan perilaku yang berhubungan dengan tingkat stres.

Spraying sebagai ajakan seksual
Tanda urin merupakan cara berkomunikasi diantara kucing. Di dalam urin terdapat feromon, zat kimia yang dapat diartikan oleh kucing lainnya. Spraying adalah perilaku standar bagi kucing ketika musim kawin antara jantan dan betina yang akan berkomunikasi menggunakan zat feromon.

calico-250-250 kotak-250x250

Spraying sebagai klaim teritorial
Kucing jantan akan menandakan teritorinya, membiarkan pejantan lainnya tahu bahwa daerah tersebut merupakan wilayah si kucing. Sterilisasi pada anak kucing di awal dapat mencegah masalah spraying ke depannya. Sterilisasi pada jantan atau betina dapa mengurangi motivasi kucing untuk spraying.

Spraying karena stres
Spraying juga bisa disebabkan karena stres. Sebagian besar kucing tidak menyukai perubahan. Jika rutinitas dan keadaan normalnya terganggu, dapat menyebabkan kucing stres, kecemasan dan frustasi dapat menyebabkan perilaku spraying. Jika kucing merasa terancam, terintimidasi atau tidak senang, si kucing butuh untuk menandakan wilayahnya agar merasa lebih nyaman.

Selain beberapa faktor diatas, secara karakteristik ras, beberapa ras kucing memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk spraying dibandingkan ras lainnya. Ras yang lebih aktif, ras bulu pendek yang lebih cepat dewasa seperti Siam, sebagai contohnya, memiliki persentasi lebih tinggi untuk spraying dibandingkan kucing yang tenang seperti Persia.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Menghindari Gigitan Kucing

Gigitan kucing memang terasa menyakitkan dan juga berbahaya, tetapi catlovers bisa menghindari digigit kucing jika kita bisa melakukan pencegahan yang tepat. Kucing memang hewan yang sangat lucu, tetapi seperti saudaranya

Perilaku Kucing

Tips Memperkenalkan Kucing kepada Keluarga Barunya

Salam perkenalan dari si kucing, anggota keluarga kita yang baru! Beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu memutuskan untuk adopsi anak kucing baru: Kucing biasanya dapat hidup harmonis dengan sesamanya,

Perilaku Kucing

Mengapa Kucing Perlu Menandai Teritorialnya?

Kucing perlu menandai teritorialnya dengan berbagai macam alasan, tetapi tahukah catlovers jika kucing juga meninggalkan tanda mereka pada orang-orang yang mereka cintai. Mereka melakukan itu untuk menunjukkan kasih sayangnya pada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!