Mengapa Kucing Benci untuk Berpergian dengan Mobil?
01/07/2015 8434 Views

Mengapa Kucing Benci untuk Berpergian dengan Mobil?

Catlovers disini pasti pernah kesulitan untuk membawa kucingnya untuk pergi menggunakan kendaraan seperti mobil. Mengapa kucing tidak menyukai pergi menggunakan kendaraan? Cattery.co.id akan mencoba untuk menjawab pertanyaan berikut.

Tidak seperti anjing, kucing nampaknya tidak menikmati pengalaman berpergian dengan kendaraan. Beberapa karakteristik umum pada kucing dapat membantu menjelaskan ketakutan mereka terhadap kendaraan tersebut.

Kucing adalah makhluk dengan kebiasaan rutinitas. Kucing sangat menyukai rutinitas sejak nenek moyang mereka hidup. Kucing domestik yang hidup saat ini dipercaya merupakan keturunan dari kucing liar kecil yang berasal dari Timur Tengah, Felis silvestris lybica, seekor kucing soliter dan sangat teritoral. Rutinitas sehari-hari – seperti menandai wilayah dan mengubur kotorannya – merupakan kegiatan penting untuk mempertahankan hidupnya.

Ketidaksukaan kucing kita untuk berpergian dengan mobil merupakan respon insting si kucing terhadap perubahan rutinitas hariannya. Kucing seperti kebanyakan orang, mereka akan merasa stres dalam situasi yang asing atau tidak nyaman.

calico-250-250 kotak-250x250

Membawa kucing beberapa blok dari rumah kita mungkin bukan masalah besar bagi manusia, namun bagi makhluk yang menghabiskan banyak waktunya untuk menjaga batas-batas teritorial, keluar dari teritorialnya mungkin bisa menjadi hal yang sangat menakutkan.

Beberapa kucing mungkin akan menderita mabuk kendaraan, sedangkan yang lainnya akan muntah dan mengompol saat berada di mobil akibat gugup. Gejala psikogenik seperti ini tidak jarang terjadi diantara kucing yang terkena fobia mobil.

Para ahli mengatakan bahwa dengan menjaga kucing untuk merasa tetap tenang ketika membawanya ke tempat yang jauh, akan sangat membantu kucing agar tetap rileks dalam situasi stres. Kita juga bisa mencoba membiarkan orang lain untuk mengemudi sementara kita duduk dibelakang dan berbicara dengan kucing agar ia merasa nyaman berada di dekat pemiliknya. Mendistraksi si kucing adalah kunci untuk mengurangi kekhawatirannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi catlovers yang ingin membawa kucingnya ke dokter hewan atau ingin mengikuti show. Selalu perhatikan kucing agar selalu nyaman berada di dekat catlovers.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Harga Kucing Ras Bersertifikat di Indonesia 2015

Semakin banyak yang memelihara kucing ras di Indonesia. Dari mulai kucing persia, exotic, mainecoon, bengal, sphynx, british shorthair, norwegian forest, american curl, abyssinian, burmese dan lain-lain. Tidak adanya standar harga

Dunia Kucing

Lompatan Waffles

Seekor kucing bernama Waffles sedang bermain di luar rumah yang bersalju. Pada saat itu ia sedang berusaha melompat dari atas mobil menuju atap rumah. Apakah waffles akan berhasil melompat?  

Dunia Kucing

Bisakah Kucing dan Anjing Berteman?

“Kalian berdua seperti anjing dan kucing, selalu bermusuhan!” Ujaran itu pasti pernah kita dengar apabila seseorang menilai 2 orang temannya yang selalu bermusuhan dan berbeda pendapat. Tetapi kenapa harus anjing

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!