Mengapa harga kucing ras mahal?
14/09/2014 2872 Views

Mengapa harga kucing ras mahal?

Mau menulis santai dulu ya…

Sering kali kami PrabuCattery.com diminta adopter untuk tidak men- jual kucing , adopter minta untuk dihibahkan saja.. atau semi-hibah. Kami juga baru tahu istilah semi-hibah :) (FYI faktanya Prabu cattery memang tidak menjual kucing yaa..)

calico-250-250 kotak-250x250

Menurutnya, semi-hibah adalah adopter hanya sekedar mengganti biaya perawatan dan makanan selama kucing berada di breeder. Okay…

Prabu : “baik mas, berapa biaya semi-hibah yang mas tawarkan?”
X : “Rp 400.000 ….”
Prabu : “wah itu untuk vaksin nya saja belum cukup mas…”
X : “lalu berapa dong?”
Prabu : “baik.. saya bantu hitung yaaa…”

Asumsi kucing yang mau di adopsi usia 10 bulan

  • Biaya persalinan di dokter hewan Rp 500.000/ekor (ini kalau lahir normal lho.. kalau caesar bisa lebih lagi)
  • Biaya Vaksin dan obat cacing Rp 500.000
  • Biaya makanan, vitamin, dll selama Rp 300.000/bulan x 10 = Rp 3.000.000
  • Biaya grooming, shampoo, dll Rp 100.000/minggu x 4 x 10 = Rp 4.000.000
  • Biaya cattery boy atau PRT yang mengurus kucing Rp 150.000/bulan/kucing x 10 = Rp 1.500.000
  • Biaya pejantan (misalkan induknya di pacak) Rp 3.000.000 lahir 2 kitten = Rp 1.500.000
  • Biaya listrik dan air (mandi air panas, ac, dehumid, blower, vacum, dll) Rp 200.000/bulan = Rp 2.000.000
  • Biaya makanan dan vitamin induk betina selama hamil dan nyapih = Rp 750.000/kitten
  • Biaya sewa ruangan (asumsi cattery sewa rumah) Rp 100.000/kucing/bulan = Rp 1.000.000.

Maka biaya ganti perawatan adalah Rp 15.000.000 per ekor kucing..

  • asumsi diatas berlaku untuk kucing non-ped
  • sesuai asumsi diatas, indukan betina didapatkan dengan gratis. (tentunya kalau indukannya tidak gratis, apalagi impor, di ilmu akuntansi kita mengenal biaya penyusutan atau amortisasi)
  • asumsi diatas, breeder tidak dibayar atau tidak digaji.
  • hitung-hitungan diatas tidak menghitung juga penyusutan kandang, alat-alat elektronik dll.
  • hitung-hitungan diatas tidak membebankan biaya brand cattery untuk catshow, untuk diklat, untuk pendaftaran cattery, iklan cattery, kursus grooming dll.
  • kucing belum pernah ikut show

 harga-kucing-ras-2

 

Kasihan pemilik cattery nya kan kalau itu tidak dihitung? oke, sekarang kita hitung semua biar fair.. pemilik cattery tidak dirugikan

  • biaya sertifikat dan microchip Rp 500.000 (ica dan cfa)
  • biaya amortisasi dan perawatan indukan impor : Rp 3.000.000/kitten (indukan impor kucing persia rata-rata harganya Rp 60.000.000)
  • untuk amortisasi indukan non-impor Rp 1.000.000/kitten
  • breeder tidak digaji
  • penyusutan kandang dan alat-alat elektronik Rp 500.000
  • Biaya brand cattery Rp 1.500.000
  • Kucing 1x ikut show Rp 1.500.000

Nah lho.. sekarang biaya semi-hibah jadi Rp Rp 20.000.000 per ekor kucing (untuk indukan non-impor). Itupun breedernya belum digaji

Pertanyaan : Lalu kenapa ada yang jualnya diatas Rp 20.000.000 untuk anakan?
Jawaban : Ya wajar saja, perawatan tiap cattery beda-beda. Ada yang kursus groomingnya sampai ke luar negeri, ada cattery yang memberikan makanan daging segar, ada yang indukan jantan dan betina nya semua impor, belum lagi ada risiko anak kucing mati, indukan mati… membuat biaya-biaya jauh lebih mahal. Sangat wajar

Pertanyaan : Lalu kenapa ada yang jualnya dibawah Rp 20.000.000?
Jawaban : berarti itu cattery nya baik hati hehehe… lho berdasarkan hitung-hitungan diatas, cattery rugi kok jual dibawah Rp 20.000.000

Pertanyaan : Lalu kenapa ada cattery yang jualnya dibawah Rp 10.000.000?
Jawaban : nah, itu lebih baik hati lagi… justru salah kalau kita protes “kemahalan nih, saya cuma mau ganti biaya perawatan aja!” ya ganti biaya perawatan malah Rp 20.000.000 toh?

Nah, sekarang kembali ke pertanyaan diatas, calon adopter bingung karena mendapatkan angka Rp 20.000.000 dengan “semi-hibah”-nya

X : kok mahal ya mbak?
Prabu : lho kan mas sendiri yang maunya semi-hibah….
X : Yah mbak.. aku kan masih pelajar, mana ada dana segitu
Prabu : jadi maunya?
X : habis kata mama-ku ga boleh beli kucing, bolehnya ganti biaya perawatan saja..
Prabu : oh… (sepertinya maksudnya tentang halal-haram jual beli kucing. hal ini pernah kami tulis di http://prabucats.blogspot.com/2013/05/apakah-jual-beli-kucing-haram.html )

Dalam hati sempat berpikir…
misalkan dulu aku masih pelajar, dan mendatangi dealer mobil jaguar…
trus aku bilang ke salesnya, “jangan milyaran dong mas jual mobil jaguar, aku kan masih pelajar”
no… no…
harga mobil jaguar milyaran itu bukan karena aku masih pelajar, atau aku pengusaha, tapi ya memang cost produksi nya segitu, pricingnya segitu… harga yang melekat ke produknya, bukan karena profesi pembelinya…
paling-paling salesnya jawab “lho mas/mbak, aku kan ga maksa mbaknya beli mobil jaguar ini….”

harga-kucing-ras-3

loh kok ada gambar dealer jaguar? ya gpp biar pembaca dan penulis blog pada punya hehe

kalau merasa harga kucing mahal, dan belum terjangkau.. ya jangan dipaksakan atuh… masih banyak kok kucing-kucing yang bisa disayang.. mulai aja dari yang suka mampir ke rumah :)

but wait.. sepertinya aku de ja vu dengan modus seperti ini….
Prabu : jadi gimana? mas mau kucing gratis ya?
X : iya mbak.. aku minta hibah gratis aja ya kalau boleh…

Nah kan bener! hahaha…
Cerita ini jangan diambil serius ya… 😀
Selamat pagi semua.. selamat ber-hari Rabu
sukses selalu..
Salam hangat dari Prabu Cattery :)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Tempat Terbaik untuk Mengelus Kucing

Kucing memang binatang yang paling suka dielus-elus. Namun catlovers harus hati-hati ketika mengelus kucing, karena jika salah, bisa jadi kita akan dicakar atau digigit oleh kucing. Oleh karena itu, kita

Dunia Kucing

Kucing dan Catnip Ajaib

Kucing dan catnip, apa rahasia sebenarnya yang terjadi? Nama ilmiah dari catnip adalah Nepeta cataria, dan merupakan anggota dari family mint. Tanaman ini termasuk dalam family Lamiaceae, jenis tanaman yang

Dunia Kucing

Hal menghasilkan yang bisa dilakukan oleh Catlover!

Merasa mandeg dengan cashflow cattery yang begitu-begitu saja? tidak sesuai dengan harapan? tidak balik modal? hehe.. tenang saja, anda tidak sendiri… Dari dulu kami sudah mengingatkan, bahwa cattery sebaiknya dijadikan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!